Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak potensi wisata terutama air terjun. Di sana ada satu air terjun yang dijadikan ikon kabupaten yaitu Air Terjun Bayang Sani.

Keindahan wisata ini sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang di mana hal ini dapat terlihat ketika hari libur serta lebaran. Pada waktu itu, ribuan wisatawan yang berasal dari dalam ataupun luar daerah datang untuk melihat keindahan dan juga menikmati kesejukan air terjun ini.

Sekilas Tentang Wisata Air Terjun Bayang Sani

wisata alam air terjun bayang sani

Air terjun ini dulunya ada di rimba perbukitan Lumpo di mana masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Karena letaknya inilah membuat air di sana terasa sejuk dan tak heran jika ada banyak wisatawan yang betah mandi di sana.

Sejarah, Keunikan, dan Hal yang Menarik

Di zaman kolonial dulu, air terjun ini cukup populer di kalangan bangsawan Belanda. Pada awalnya air terjun ini diberi nama Tarasah Ikua Kudo. Namun kemudian di tahun 80-an namanya berganti dengan nama yang saat ini Anda kenal.

Baca juga, Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, Liburan dengan Nuansa Alam di Padang

Ada beberapa hal unik dan menarik yang bisa Anda temukan di lokasi air terjun ini. Air terjun yang ada di sana sebenarnya memiliki 7 tingkatan, tetapi Anda hanya bisa mengunjungi sampai dengan tingkatan ke tiga. Untuk tingkatan berikutnya akan memakan waktu cukup lama serta jarang juga dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun pada tingkatan pertama memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter yang terdiri dari air terjun cabang tiga. Air terjun ini akan mengalir dengan meliuk-liuk di atas batu cadas. Dapat dikatakan bahwa Air Terjun Bayang Sani ini merupakan air terjun yang paling besar di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian pada air terjun tingkat kedua sangat berbeda jika dibandingkan dengan tingkat pertama. Apabila bentuk air terjun tingkat pertama melebar serta bercabang tiga, pada tingkat kedua hanya terdapat satu air terjun yang tegak dengan tinggi 25 meter. Air terjun tingkat kedua ini masih jarang dikunjungi wisatawan dan di bawah air terjunnya sendiri ada lubuk yang mana airnya berwarna kehijauan.

Suasana di tingkat kedua masih “agak” lembab. Hal ini dikarenakan sebagian besar lokasi air terjun tertutup daun yang rimbun. Lokasi air terjun tingkat kedua ini dapat Anda capai dengan menempuh bukit yang ada di samping tingkat pertama. Dari sana Anda perlu berjalan sekitar 500 meter.

Lokasi Wisata Air Terjun Bayang Sani

Letak dari tempat wisata ini yaitu di Kampung Kota Baru, Bayang, Pesisir Selatan. Obyek wisata ini cukup dekat yaitu hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Painan dan 60 kilometer dari Kota Padang.

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, Anda bisa mulai dari Jalan Raya Padang – Painan. Saat tiba di Simpang Ganting, segera belok ke kiri menuju Jalan Raya Ganting sampai Jalan Pasar Baru atau lebih mudahnya jalan menuju lokasi air terjun ini searah dengan jalan untuk menuju lokasi wisata Jembatan Akar. Letaknya sendiri tidak jauh yaitu sekitar 3 kilometer sebelum lokasi wisata Jembatan Akar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata

Sebelum Anda masuk ke lokasi wisata, Anda diharuskan membayar biaya masuk. Biaya masuk yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi maupun sewa mobil Avanza, maka Anda juga perlu membayar biaya parkir. Untuk biaya parkir bus mini sebesar Rp 10.000, mobil sebesar Rp 5.000, dan Rp 2.000 untuk motor.

Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi wisata ini pastikan terlebih dahulu bahwa Anda datang di waktu yang tepat. Untuk jam buka air terjun ini yaitu mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00 setiap harinya.

Fasilitas yang Disediakan Pengelola

air terjun bayang sani pesisir selatan

Obyek wisata ini menyediakan beberapa fasilitas yang bisa Anda rasakan manfaatnya. Misalnya saja adanya lubuk di bawah air terjun yang bisa digunakan oleh para wisatawan yang ingin bermain air. Di samping itu juga ada penyewaan ban yang tentu akan sangat membantu para wisatawan yang kurang mahir berenang. Apabila Anda sudah lelah bermain dan ingin segera menyantap makanan, maka Anda bisa mendatangi warung yang ada di sekitar lokasi air terjun.

Baca juga, Air Terjun Timbulun Panian, Keheningan Alam yang Sebenarnya

Itulah tadi beberapa informasi terkait dengan obyek wisata Air Terjun Bayang Sani. Dengan penjelasan di atas, diharapkan Anda bisa berkunjung ke lokasi wisata dengan aman dan nyaman serta tidak tersesat di jalan. Supaya lebih mudah bisa menggunakan bantuan rental mobil Innova untuk mencapai tempat wisata ini.

Rate this post