Bentang alam Indonesia yang terdiri dari pegunungan membuat beberapa kawasan memiliki air terjun yang menawarkan keindahan. Pesonanya memang tidak akan pernah bisa kita lupakan sedikit pun. Keunikan dan keistimewaannya memang tidak boleh untuk ditinggalkan. Seperti halnya Air Terjun Belek.

Kawasan ini tersembunyi jauh di dalam Hutan Gamaran. Mencapainya membutuhkan tekad yang kuat. Lantaran, kita harus melewati berbagai rintangan terlebih dahulu sebelum sampai di titik lokasi.

Sekilas Mengenai Air Terjun Belek

Air Terjun Belek

Objek wisata ini mempunyai tinggi kurang lebih 10 hingga 15 meter. Dimana, didepannya kita bisa menikmati dataran yang begitu luas yang panjangnya 20 meter. Terdapat bebatuan yang berjajar dan bisa digunakan untuk duduk atau pun bermain air.

Baca Juga, Pulau Pasumpahan, Bukti Sumatera Barat Tidak Hanya Mentawai

Tidak hanya daratan saja tetapi, kita juga bisa menikmati sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berendam menikmati airnya yang dingin.

Jalan Menuju Ke Air Terjun Belek

Air Terjun Belek terletak di area Huta Gamaran, Desa Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Perjalanan Dari Bandara Minangkabau menuju ke desa ini kurang lebih 2 jam dengan menggunakan sewa mobil Alphard.

Jalan pertama menuju ke objek wisata ini kita harus menemukan terlebih dahulu ke Tapian Puti. Kemudian, ikuti arahnya dan kita akan tiba di Kecamatan Lubuk Alung. Lalu, bertanyalah kepada para warga dimana letak dan rute menuju ke Air Terjun Belek.

Perlu diketahui bahwa Perjalanan menuju ke objek wisata ini kita akan disambut dengan Rajang yang terbuat dari kayu yang agak renggang. Fungsi dari Rajang ini untuk memudahkan anda melibas segala medan yang ada di depan mata.

Menuju ke Air terjun Belek memang sulit karena, akan banyak akar pohon bertumbangan menjalar kesana-kemari. Tetapi, disini sudah hadir beberapa papan petunjuk yang bisa anda manfaatkan.

Tips Dan Saran Sebelum Mencari Air Terjun Belek

Air Terjun Belek

Banyak wisatawan yang belum mengetahui dimanakah letak objek wisata ini. Karena, saat anda membuka peta. Nama air terjun ini belum terdaftar. Oleh karena itu, dibawah ini adalah beberapa tips sebelum berkunjung ke lokasi.

1. Siapkan Perbekalan

Selama melakukan perjalanan menyusuri hutan gamaran yang menjadi tempat persembunyian air terjun ini. Kita tidak akan menemukan warung satu pun. Oleh karena itu, siapkan semua perbekalan yang ada.

Air minum dan sedikit camilan adalah barang penting yang tidak boleh ketinggalan. Kemudian, Obat-obatan yang menjadi sangat penting. Bawalah obat seperti betadine, alcohol, perban, hansaplast, obat pusing serta obat pribadi.

Obat ini menjadi yang paling penting mengingat kita akan berjalan selama 3 sampai 4 jam dengan tantangan yang luar biasa. Bawa juga baju ganti karena, akan selalu berhubungan dengan air dan bisa dipastikan akan basah.

2. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Selama perjalanan kita akan melintasi area hutan yang terkenal dengan ranting-ranting pohon, sungai, dan bebatuan. Gunakan alas kaki yang memang sangat nyaman seperti sepatu atau sandal gunung dan lain sebagainya.

3. Jangan Memaksakan Diri

Letih, lelah, dan lesu adalah hal yang akan kita temui. Sehingga, jangan memaksakan diri untuk terus lanjut berjalan. Karena, saat anda memaksakan diri, anda sudah memperpendek kesempatan anda menemukan air terjun ini.

Hutan Lindung Gamaran

Hutan Lindung Gamaran adalah tempat dimana air terjun ini bersembunyi. Menariknya lagi, hutan ini hampir gundul karena ulah penduduk sekitar. Maklum saja, dahulu sebelum hadirnya dunia pariwisata para penduduk pun perlahan menggantungkan hidupnya melalui pepohonan yang menjulang tinggi ini.

Disini, kita bisa melihat berbagai macam tanaman tropis yang menarik untuk dinikmati. Selain itu, anda juga bisa melihat bunga anggrek bulan, serta anggrek hitam yang tidak sembarang orang bisa menanamnya dirumah.

Air Terjun Belek adalah satu dari sekian air terjun di Sumatera Barat yang tidak akan pernah habis walau di musim kemarau sekali pun. Tetapi, debit air yang bisa kita nikmati jauh berbeda.

Baca Juga, Pulau Angso Duo Lebih Dari Sekedar Mentawai

Perjuangan menuju ke Air terjun belek memang tidak mudah. Tetapi, keindahan dan pesonanya tidak ada yang bisa melupakannya. Jangan lupa pula bawa kamera karena, keasrian dan alaminya tempat ini bisa kita abadikan dalam sebuah gambar terbaik. Kunjungi wisata ini bersama teman agar lebih menyenangkan, Anda bisa sewa bus dari kota Padang untuk menuju ke lokasi.

Rate this post