Bagi wisatawan yang suka akan kekayaan alam, datang mengunjungi obyek wisata air terjun Langkuik Tinggi menjadi solusi yang tepat. Keindahan dibaik dari kesejukan alam iniah memiliki daya tarik bagi setiap wisatawannya. Terlebih lagi air yang ada di dalam air terjun sangat segar dan jernih, sehingga sangat tepat apabila wisatawan berenang disana. Berenang di air terjun mampu memberika kesejukan dan kesegaran tubuh.

Meskipun air terjun berada di lokasi pedalaman, namun hal ini tidak menjadi hambatan bagi setiap wisatawannya. Karena memang lokasi air terjun ini berada di daerah pedalaman. Demi melihat keindahan alam yang ada di Sumatra Barat ini, para wisatawan rela melewati rintangan. Bagi setiap wisatawan yang datang ke obyek wisata pun tidak akan dipungut biaya yang mahal. Langkuik sudah terkenal sebagai obyek wisata yang siap menghemat biaya kantong Anda.

Air Terjun Langkuik Tinggi yang Mempesona

Pesona Air Terjun Langkuik Tinggi

Air terjun ini memiliki 5 air terjun yang begitu sangat mempesona dan setiap 5 air terjun memiliki keunikan tersendiri disetiap air terjunnya. Ke 5 air terjun itu pun memiliki tampilan yang begitu sangat indah dan sangat mempesona. Mengunjungi obyek wisata ini adalah lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai pengisi hari liburan. Udaranya yang begitu sangat sejuk mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Baca Juga, Air Terjun Lubuak Rantiang, Surga Tersembunyi Ditanah Sumbar

Udaranya yang sejuk di sekitaran air terjun dikarenakan keberadaan hutan yang terjaga dengan sangat baik. Kehijauan dan kerimbunan dari hutan pun juga bisa terlihat di sana. Terlebih lagi hutan ini pun terletak di pinggir Gunung Singgalang.

Lokasi Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi

Obyek wisata yang menyimpan keindahan alamnya ini berada di Malalak, Agam, Sumatra Barat. Para pengunjung bisa menggunakan alat transportasi berupa kendaraan roda empat atau kendaraan roda 2. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa sewa mobil Innova untuk menuju ke lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk Lokasi

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pengunjung tidak akan menguras isi kantong. Hal ini dikarenaka setiap pengunjung hanya cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000/orang dan Rp 5.000 untuk biaya parkir.

Kondisi Medan Menuju Obyek Wisata

Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi

Lokasi untuk menuju Air Terjun Langkuik Tinggi cukuplah menyulitkan bagi setiap pengunjungnya. Para wisatawan harus bisa melewati jalan yang cukuplah menantang. Karena lokasi air terjun ini berada di hutan. Setiap setapak jalan yang harus dilewati oleh para wisatawan berupa jalan bebatuan, jalan mendaki dan juga jalan menurun. Dengan begitu setiap perjalanan yang harus dialui setiap wisatawan harus lebih berhati-hati. Ditambahkan lagi dengan kemiringan jalan mencapai 70 derajat.

Bagi setiap pengunjung yang belum terbiasa melewati medan perjalanan yang menantang, mungkin akan merasa sedikit kesulitan. Namun tenang saja, di air terjun sudah dilengkapi dengan adanya tali yang digunakan untuk keamanan para pengunjung ketika menyebrang sungai.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju ke lokasi, pengunjung bisa memulai perjalanan dari kota padang dan Anda dapat pergi ke terminal Sicincin. Setelah itu Anda akan menemukan persimpangan dan ambil ke kiri untuk menuju kota Mambang. Jika sudah berada di Koto Mambang, Anda bisa mengambil arah Tandikek.

Setelah itu Anda bisa belok ke kanan dan akan berada di Jorong Nyiur. Setelah itu Anda akan menemukan posko dan terdapat spanduk yang bertuliskan “Selamat Datang, Wisata Langkuik Tinggi Lima Air Terjun” dari posko ini, Anda akan membayar biaya tiket masuk dan biaya parkir.

Daripada Anda bingung-bingung mencari lokasinya, gunakan jasa sewa mobil Alphard di Padang maupun lainnya. Biasanya sudah disertai dengan supir yang siap untuk mengantar Anda sampai ke Lokasi wisata.

Fasilitas

Faislitas yang sudah disedikan di Air Terjun Langkuik Tinggi yaitu sebagai berikut:

1. Jasa guide

Bagi wisatawan yang baru pertama kali di obyek wisata yang membutuhkan jasa guide, tenang saja. Anda bisa menggunakan jasa guide yang sudah disediakan oleh obyek wisata.

2. Keamanan

Keamanan yang ada di air terjun sudah dapat terjaga dengan sebaik mungkin. Meskipun kondisi medannya yang cukuplah menyulitkan pengunjung. Kondisi air dan bebatuan yang licin memang beresiko terjadap para pengunjung. Namun untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya resiko tersebut, wisata memberikan fasilitas keamanan. Keamaan yang diberikan tersebut yaitu berupa pijakan beserta tali yang bergantung. Dengan demkian, maka wisatawan dapat melewati medan perjalanan dengan aman.

Aktifitas bagi Wisatawan

1. Berenang

Kondisi air terjun yang begitu sangat jernih, membuat para wisatawan ingin mandi dan berenang disana. Selain menikmati suasana yang sangat indah dan sejuk, maka tubuh akan terasa lebih segar ketika Anda berenang di air terjun.

2. Perjalanan yang menantang

Selain berenang, para pengunjung bisa melakukan aktifitas berupa perjalanan yang menyenangkan sekaligus menantang. Melalui medan bebatuan yang besar dan licin, hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Rasa lelah pengunjung dapat terbayarkan dengan keindahan yang tidak akan penah mengecewakan pengunjung.

Tips Menelusuri Air Terjun

Ketika Anda ingin menyelusui air terjun, perhatikan tips berikut ini:

  • Persiapan fisik yang kuat dan sehat harus dimiliki bagi wisatawan yang ingin pergi ke obyek wisata. Hal ini dikarenakan medan yang cukup menguras tenaga.
  • Karena medan yang harus dilalui cukuplah licin dan berupa bebatuan, maka gunakan sepatu atau sandal khusus.
  • Ada baiknya jika Anda datang ke obyek wisata di musim kemarau, agar medan tidak terlalu licin dan airnya pun juga tidak terlalu deras.

Baca Juga, Air Terjun Nyarai, Destinasi Alam Tereksotis di Sumatra Barat

Demi menjaga kebersihan lingkungan Air Terjun Langkuik Tinggi, para wisatawan diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini juga sudah disediakan banyak tempat sampah agar pengunjung tidak mengalami kesulitan ketika ingin membuang sampah.

Rate this post