Sekeping Surga Sumatra Barat – Air terjun nyarai adalah air terjun yang memiliki panorama indah yang ada di Sumatra Barat. Provinsi Sumatra Barat memang sudah sangat terkenal dengan objek wisatanya yang begitu mempesona. Wajar saja bila Sumatra mendapat julukan sebagai surganya wisata bahari. Sangat menyenangkan sekali bagi Anda yang berkunjung ke Sumatra Barat. Salah satu bentuk bukti nyata dari potongan keindahan surga yaitu air terjun Nyarai. Selain indah, kemegahan air terjun dapat terlihat dari ketinggian yang dimilikinya.

Pengunjung banyak berbondong-bondong untuk mengunjungi dan menyaksikan langsung panorama yang ada di air terjun. Banyak informasi yang mudah diakses seperti air terjun, tiket masuk, keunikan yang dimiliki air terjun, kegiatan dan lainnya.

Guyuran Air Terjun Nyarai Pembawa Rindu

Keindahan-Air-Terjun-Nyarai

Tinggi air terjun ini mencapai 7 hingga 8 meter. Saat tiba musim kemarau tiba, guyuran air terjun ini terlihat tidak terlalu deras. Hal menarik yang ada di air terjun ini adalah kolam yang hadir yang dibuat secara alami dari bebatuan. Air kolam yang ada di permukaan kehijauan dan kolam renang ini tepat di depan air terjun. Tumpahan air terjun ini masuk ke dalam air kolam dan membentuk dua batu. Semua yang ada di kolam renang dan air terjun terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan dari manusia.

Baca juga, Jam Gadang Bukittinggi, Wisata Bahari Populer di Sumatra Barat

Guyuran air terjun Nyarai selalu membawa rindu untuk para pengunjungnya. Hal menarik lain yang dapat Anda jumpai di kolam air terjun ini adalah warna hijaunya dan jumlah ikannya yang begitu banyak. Para pengunjung yang datang dapat menikmati sajian ikan dengan cara berburu dan menembaknya. Jika Anda menangkap ikan dengan cara menembak, maka Anda harus rela menyelam ke dalam kolam sambil kejar-kejaran dengan ikan. Daging ikannya sangat gurih, manis dan sangat lembut. Rasa yang dihasilkan iniĀ  langsung dari kulit ikan.

Lokasi Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai berada di Hutan Gamaran, Desa Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, provinsi Sumatera Barat. Sedangkan untuk kecamatannya terletak di jalan Lintas Sumatra, yaitu antar Bukittinggi menuju Padang. Untuk mencapai objek wisata yang ada di Sumatra Barat ini membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam. Supaya lebih cepat sebaiknya Anda menggunakan sewa mobil Fortuner.

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Untuk memindahkan objek wisata, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Akan tetapi wisatawan akan mengeluarkan biaya Rp 20.000 jika ingin menggunakan Panduan atau pemandu. Sedangkan untuk melakukan trekking atau berkemah, maka Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 40.000.

Aktifitas yang Dapat Diimplementasikan

Memancing

Banyak ikan yang ada di dalam kolam, sangat disayangkan sekali jika para pengunjung tidak berbelanja. Hal menyenangkan yang dapat dilakukan selain menikmati pemadangan sekitar yaitu dengan memancing. Ada banyak ikan yang dapat Anda pancing dan dapat Anda nikmati di sekitar air terjun. Namun jika Anda berniat untuk memancing, maka Anda harus membawa perlengkapan dari rumah.

Bermain ayunan

Disekitar air terjun, Ada pohon yang cukup besar. Akar pohon ini sering digunakan sebagai ayunan. Anda bisa bermain sambil menunggu ikan masuk dalam kail pancil Anda. Bagaimana Tentu sangat menyenangkan bukan?

Bersantai

Jika Anda berada di kota yang sedang menunggu saat ini, Anda akan mendapat manfaat dari tempat ini. Anda dapat mengganti udara di paru-paru Anda dengan udara segar yang tersedia di air terjun. Udara yang sangat sejuk dan segar dapat Anda hirup dengan bebas. Anda bisa merasakan perbedaan menghirup udara segar dengan menghirup udara polusi.

Perjalanan Menuju Air Terjun Nyarai

Para wisatawan dapat memulai perjalananya dengan melewati hutan ulayat, persawahan warga dan jutaan hutan warna Gamaran. Dalam perjalanan menuju air terjun, para turis akan kesulitan dengan lubuak yang sangat indah. Banyak lubuak lalang, lubuak Ngugun, lubuak Batu Tuduang, Sikayan Tabiak, dan kolam alami yang terbentuk dari batu. Ada banyak ikan yang dapat Anda jumpai di sini, sehingga memberikan keindahan khusus untuk para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Meskipun Anda melewati jalan dengan berjalan kaki, namun perjalanan Anda berhasil melewati mengasyikan. Jalan yang Anda lewati juga tidak bisa dilewatkan. Perjalanan yang harus Anda tempuh memang cukuplah melelahkan, namun Anda dapat menerima 2 sampai 3 kali. Dapat diakses di hutan atau di penyebrangan.

Persiapan Sebelum Menuju Air Terjun Nyarai

Mandi-Segar-di-Air-Terjun-Nyarai

Sebelum Anda berkunjung ke air terjun Nyarai, ada yang membantah Anda menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Sandal dan Sepatu

Seperti yang sudah menghabiskan di atas ke atas menuju ke air terjun cukuplah terjal dan licin, sehigga bawalah sandal gunung atau sepatu. Terlebih lagi pada saat musim hujan, jalan akan licin. Gunakan kaos kaki juga untuk memberikan kehangatan pada kaki.

Bekal

Di sekitaran air terjun, Anda akan kesulitan menemukan warung makan atau minimarket. Oleh sebab itu, bawalah bekal makanan dan minuman kompilasi akan pergi ke air terjun.

Pakaian

Pakaian yang Anda kenakan haruslah sesuai dengan tempat yang akan Anda kunjungi. Karena Anda ingin pergi ke air terjun, maka Anda harus menggunakan celana jeans dan bawalah pakaian ganti, karena pada saat Anda menyebrangi sungai, pakaian Anda akan basah. Tinggi air yang akan Anda sebrangi mencapai selakangan orang dewasa.

Baca juga, Pulau Sikuai Padang, Bukti Keindahan Alam yang Hampir Tenggelam

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui sebelum datang ke objek wisata air terjun Nyarai. Sebagai informasi tambahan, pastikan kendaraan yang Anda gunakan untuk menuju lokasi ini dalam kondisi terbaik. Untuk lebih aman sebaiknya sewa mobil Alphard beserta drivernya untuk keamanan serta kenyamanan selama di perjalanan.

Rate this post