Ingin berlibur dengan nuansa alam yang kental? Yuk, coba ke Padang dengan mengunjungi Air Terjun Sarasah Banyak Gariang. Padang adalah salah satu kota yang berlokasi di Pulau Sumatera. Kita sama-sama mengenal bahwa Kota Padang merupakan Ibukota dari Provinsi besar, Sumatera Barat. Dan siapa sangka ternyata Padang merupakan pintu Barat dari Samudera Hindia. Letak kota ini berbatasan dengan laut, tidak heran jika banyak destinasi wisata air di sini.

Ke Padang dan tidak berwisata rasanya belum lengkap dan terasa hambar. Wisata memang bukan kebutuhan primer, akan tetapi amat penting bagi kesehatan psikis setiap orang. Dengan berwisata, kita bisa sejenak melupakan kepenatan dan beragam kesibukan yang membuat mata dan tubuh lelah. Wisata bisa lebih asyik jika Anda datang bersama teman, pasangan, keluarga, atau bahkan datang sendirian.

Wisata Alam Unik di Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

wisata alam air terjun sarasah banyak gariang

Apabila berkunjung ke Padang, Anda bisa menemukan satu nama destinasi wisata air terjun yang menarik perhatian, yaitu Air Terjun Sarasah Banyak Gariang. Siapa penyuka wisata air yang langsung sumbernya dari alam pasti suka sekali apabila datang dan berwisata ke destinasi yang satu ini. Ketika mula-mula Anda baru sampai ke air terjun ini mata Anda akan langsung dikejutkan dengan bentukan air terjun yang membentang membentuk piramida.

Baca juga, Air Terjun Talago Menikmati Air Terjunnya Sang Pemenang

Alasan di Balik Penamaan Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Pertanyaannya adalah, kenapa Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ini bisa membentuk piramida? Tentu kita semua mesti tahu dulu seperti apa sejarahnya. Memang tidak ada sejarah jelas kenapa bentukan alam air terjun tersebut membentuk piramida. Namun yang pasti jika Anda penasaran dengan penamaan banyak gariang, itu tidak lain karena konon dulu di air terjun tersebut merupakan kolam dari banyak sekali ikan gariang.

Yang unik dari air terjun ini adalah tidak semerta-merta semua bentukan air terjunnya langsung membentuk piramida. Di atas berbagai batuan yang membentuk seolah piramida tersebut sebenarnya air terjun sarasah gariang merupakan air terjun biasa yang lurus mengalir ke bawah. Barulah pada tahapan berikutnya Anda akan menemui bahwa air tersebut dialirkan melalui bebatuan yang membentuk seperti piramida tersebut.

Cek Lokasi Wisatanya di Sini

Penasaran dengan bentuk asli Air Terjun Sarasah Banyak Gariang tersebut? Maka Anda bisa saja langsung menuju lokasi di Koto Baru, Gadut, Limau Manis Selatan, Kota Padang. Dari Kota Padangnya sendiri Anda harus menempuh jarak sekitar 17 KM atau sekitar 40 menitan agar bisa menikmati pesona alam tersebut. Arah air terjun ini ada di Timur kota Padang, tepatnya di LIK Gadut, seperti yang telah disebutkan di awal.

Cara Menuju Lokasi Air Terjun Sarasah Gariang

Sekarang bagaimana rute untuk mencapai wisata tersebut? Mudah, Anda bisa naik angkutan umum begitu sudah tiba di Padang. Naiklah angkutan umum dengan jurusan Pasar Raya – Ulu Gadut. Atau ingin yang lebih praktis? Anda bisa menggunakan jasa taksi dari kota Padang. Tapi, perjalanan Anda belum berhenti di sana karena sesampainya di LIK Gadut, Anda masih harus naik oplet.

Naiklah oplet berwarna kuning dengan tulisan jurusan Koto Baru. Jika oplet menyatakan sudah berhenti di pemberhentian terakhir maka selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarak tempuhnya sekitar 6 KM dengan lama waktu berjalan menyusuri perkebunan selama 1 setengah jam lamanya. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat melakukan sewa mobil di sekitar Padang.

Jika ingin lebih praktis Anda bisa langsung menghubungi sewa mobil Camry di padang. Semua layanan rental mobil pastinya sudah paham dengan lokasi wisata ini. Jadi Anda tinggal duduk manis dan akan diantar sampai ke tempat.

Harga Tiket Masuk yang Ekonomis

Wisata asyik nan hemat di Kota Padang bisa sekali Anda nikmati bersama teman, pasangan, atau juga keluarga jika mereka rela berjalan kaki. Pasalnya untuk mencapai keindahan alam di sana, Anda cukup membayar sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Jika membawa motor sampai posko pembayaran maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 2.000 rupiah saja per kendaraan.

Jam Operasional Wisata

Karena destinasi wisata alam Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ini sifatnya mau tidak mau sudah dikatakan komersil maka Anda harus datang di jam operasionalnya saja. Untuk bisa menikmati keindahan alam di sana, Anda bisa mulai datang dari pagi sampai sore hari. Jangan datang kala malam karena di samping tidak akan menikmati nuansanya, wisata ini juga sudah tutup sebab mempertimbangkan keamanan.

Fasilitas yang Disediakan Pengelola

Tidak berhenti sampai di sana, destinasi wisata alam ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa warung-warung tempat menjual makanan. Di samping fasilitas buatan tersebut, tentu Anda akan diberikan suguhan kolam alami di mana Anda bisa kapan saja berendam atau membasahi diri di sana. Tapi, jangan lupa membawa pakaian ganti atau perbekalan, minimal air mineral untuk menemani selama perjalanan.

Tips Jika Ingin Berwisata ke Air Terjun Sarasah Gariang

wisata air terjun sarasah banyak gariang

Tips untuk Anda ketika berkunjung ke destinasi wisata alam ini adalah membawa perbekalan secukupnya. Gunakan tas ransel untuk membawa pakaian ganti, jaket, air minum, dan snack demi menemani perjalanan Anda. Lebih baik apabila Anda datang dengan berkendara sepeda motor, serta tentu saja tidak datang seorang diri. Menikmati alam jauh lebih menyenangkan bersama rekan seperjalanan. Gunakan sewa bus jika datang secara rombongan.

Baca juga, Pantai Carolina Bungus, Surganya Mencari Ikan di Sumatera Barat

Itu dia berbagai informasi unik serta menarik yang bisa Anda dapatkan sebelum berkunjung ke destinasi wisata alam Air Terjun Sarasah Banyak Gariang. Pastikan Anda dalam kondisi sehat ketika melakukan perjalanan, agar psikis terpuaskan, fisik juga kembali dengan selamat seperti sediakala.

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, Liburan dengan Nuansa Alam di Padang
5 (100%) 1 vote[s]