Alam Indonesia memang sangat luas. Dimana, masih banyak hutan yang berdiri dan menghadirkan pesona yang sangat indah. Hanya saja, masih banyak wisatawan yang enggan mencari jalan dan membuka akses ke kawasan ini. Seperti halnya, Air Terjun Talago.

Bagi sebagian wisatawan yang tinggal di Sumatera Barat, pasti sudah tahu mengenai kawasan wisata yang letaknya berada di hutan Gamaran. Keindahannya memang tidak bisa kita tolak sedikit pun. Konon katanya, Air Terjun Talago adalah air terjunnya para pemenang.

Air Terjun Talago yang Tersembunyi

wisata air terjun talago

Objek wisata ini memang penuh kejutan. Dimana, hanya beberapa orang saja yang bisa mencapai titik ini. Maklum saja, menuju kesini sangat sulit dengan waktu tempuh yang tidak lama. Alami dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi  wisatawan.

Baca Juga, Danau Singkarak, Nikmati Sejenak Pemandangan Alam Bumi Sumbar

Disini, kita akan disuguhkan dengan air yang sangat jernih. Saking jernih dan alaminya, air ini bisa kita minum lho. Rasanya memang berbeda dengan air minum kemasan. Tetapi, lebih menyegarkan yang langsung di ambil dari alam.

Cobalah untuk berenang dan berendam menikmati kesegaran air terjun talago yang debit airnya cukup deras dan seakan tidak pernah habis di musim kemarau. Dengan tingginya kurang lebih 7 meter.

Trekking Menuju Ke Air Terjun Talago

Air Terjun Talago terletak di Kecamatan Lubuk Alung. Menuju ke tempat ini kita harus mencapai pos nyarai terlebih dahulu. Jarak dari stasiun Pariaman kurang lebih 31 km. dengan jarak tempuhnya mencapai 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena, belum tersedianya transportasi umum menuju ke objek wisata ini.

Disarankan untuk menggunakan biro jasa yang menyediakan fasilitas sewa mobil dan juga bus dengan harga yang terjangkau dan sopir yang handal. Jadi, anda tidak akan nyasar menuju ke tempat ini. Banyak juga layanan sewa elf yang bisa anda pilih jika memang pergi secara berkelompok.

Arahkan kendaraan menuju ke Jalan SM. Abidin. Kemudian, masuk ke jalan jenderal sudirman. Arahkan kembali menuju ke jalan Imam Bonjol. Selanjutnya, belok ke kiri menuju ke jalan Lintas Barat Sumatera, hingga sampai di posko pos nyarai.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Talago

Menuju ke objek wisata ini kita harus mendaftar terlebih dahulu ke posko Nyarai. Kemudian, mengisi daftar buku tamu. Kemudian, membayar biaya masuknya sebesar 50 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk dengan pengantar yang akan menemani anda selama perjalanan.

Menariknya lagi, kita wajib menggunakan pemandu lantaran, menuju ke air terjun ini sangat susah dan penuh tantangan. Lagi pula dengan menggunakan pemandu, anda membantu perekonomian warga yang awalnya menggantungkan hidup dengan menebang hutan-hutan. kemudian banting setir menjadi pemandu wisata.

Tips Mengunjungi Air Terjun Talago

air terjun talago sumatera barat

Sebelum kita berkunjung ke objek wisata yang bisa dibilang adalah surga yang tersembunyi ini. Kita harus mematuhi beberapa aturan yang berlaku di tempat in, agar perjalanan kita nyaman, aman, dan penuh dengan rindu

1. Lengkapi Perbekalan

Perbekalan yang tidak boleh kita lewatkan adalah air minum, makanan, dan juga obat-obatan. Maklum saja, objek wisata ini jauh dari warung. Kita hanya bisa menemukannya saat berada di pos.

Sepanjang perjalanan nanti kita akan menemukan beberapa pacet yang pasti akan menempel. Pacet ini sejenis lintah yang akan meghisap darah anda. Oleh karena itu, jangan lupa membawa garam untuk mengeluarkan hewan satu ini dari tubuh.

2. Jangan Lupa Jas Hujan Dan Tenda

Di hutan Gamaran terkadang cuaca tidak bisa ditebak. Oleh karena itu, bawalah jas hujan agar terlindung di kala hujan. Jangan lupa pula membawa tenda, karena letaknya yang cukup jauh membuat anda diwajibkan menginap untuk semalam.

3. Siapkan Fisik

Terakhir yang harus anda persiapakan adalah fisik karena, ranting, pohon tumbang, sungai, jalan tanjakan akan anda lewati disini. Tak jarang kita harus menyusuri aliran sungai yang sangat deras. Tanjakan yang cukup tinggi, serta bertemu dengan beberapa hewan-hewan penghuni hutan.

Baca Juga,  Miniatur Makkah Padang, Tempat Latihan Para Calon Jemaah Haji

Air Terjun Talago berada di tengah-tengah hutan gamaran. Butuh keringat ekstra untuk bisa mencapai objek wisata ini. Waktu tempuhnya kurang lebih 7 hingga 9 jam perjalanan. Bagaimana mau mencoba menikmati objek wisata ini dan membantu perekonomian warga Lubuk alung? Tidak perlu khawatir masalah transportasi, ada banyak sewa mobil Fortuner di Kota Padang yang siap mengantar Anda.

Rate this post