Tak lengkap rasanya jika melawat ke kota Padang dengan hanya mengunjungi Jembatan Akar atau pantai Carocok saja. Anda perlu mencoba petualangan seru mengunjungi wisata alamnya.

Kota Padang juga terkenal dengan keindahan alamnya yang berada di pesisir selatan. Selain wisata bahari, terdapat juga wisata alam air terjun yang kekinian dan menantang.

Contohnya wisata Air Terjun Timbulun, destinasi wisata di Pesisir Selatan ini menawarkan pesona alam dan air terjun yang memanjakan mata. Tak terbatas menikmati pemandangannya saja, Anda juga bisa menjajal adrenalin Anda untuk menelusuri setiap tingkatan air terjun yang cukup terjal ini. Apa saja yang ditawarkan objek wisata Air Terjun Timbulun ini, mari kita simak ulasannya.

Keunikan Air Terjun Timbulun

air terjun timbulun pesisir selatan

Air terjun Timbulun ini memiiki 7 tingkatan air terjun dengan ketinggian berbeda – beda. Dan di setiap tingkatan terdapat kolam yang cukup luas. Hulu air terjun ini berada di  Taman Nasional Kerinci Seblat yang bermuara langsung sampai ke samudera Indonesia atau ke teluk Painan.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Untuk mencapai setiap tingkatan pada air terjun ini dibutuhkan nyali yang tinggi. Di setiap undakan tingkatannya cukup terjal, licin dan tentunya sangat menantang.

Adrenalin Anda akan terpacu ketika sampai pada ketinggian air terjun di setiap levelnya. Semakin tinggi tingkatan yang Anda lewati, semakin menantang rintangan dan semakin memacu adrenalin Anda.

1. Spot air terjun tingkat pertama

Pada tingkatan pertama, Anda akan menjumpainya langsung begitu sampai di lokasi air terjun. Lubuk atau kolam air terjunnya cukup besar dan megah. Di spot ini, Anda bisa berfoto selfie maupun berenang.

2. Spot air terjun tingkat kedua

Pada tingkatan kedua di air terjun ini, bentuknya landai atau agak rendah. Suara airnya bergemuruh berasal dari sela – sela bebatuannya dan terdapat kolam kecil di bawahnya.

3. Spot air terjun tingkat ketiga

Sedangkan pada tingkata ketiga, ketinggian air terjun mencapai 15 meter dengan posisi tegak lurus. Anda akan menjumpai kolam yang cukup dalam dengan warna airnya yang indah kehijau – hijauan dan jika beruntung, Anda akan melihat pelangi.

Untuk sampai ke spot atau tingkatan ini, Anda harus menyeberangi aliran air terjun yang cukup deras. Selain itu letaknya agak jauh dengan hutan yang masih lebat dan rimbun mengitarinya. Oleh karena itu, tak banyak orang yang sampai pada tingkatan ini.

Bukan tak mudah memang, karena perlu ekstra kehati – hatian akan setiap pijakan Anda saat melewati rintangan untuk sampai ke tingkat ketinggian air terjun ini.

Namun hal tersebut terbayarkan. Kemegahan dan pesona air terjun Timbulun ini memang menarik dan memuaskan hati para pengunjungnya. Spot di setiap tingkatan memiiki pesona keindahan tersendiri yang sayang jika dilewatkan untuk berfoto.

Lokasi Air Terjun Timbulun

Lokasi Objek wisata air terjun Timbulun ini terletak di Kampung Painan Timur, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan,Sumatera Barat.Kota Padang Sumatera Barat atau sekitar 2 km dari kota Painan

Sedangkan dari pusat kota Padang, membutuhkan kurang lebih waktu sekitar 4 jam dengan jarak tempuh sekitar 77 km. Nah, untuk kenyamanan transportasi Anda, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil innova untuk sampai ke lokasi ini.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini, hanya membutuhkan sekitar 500 meter dari gapura/ pos penjagaan gerbang depan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Jalanan untuk menuju lokasi air terjun juga telah dicor beton oleh pemerintah untuk memudahkan para wisatawan menuju lokasi objek wisata ini.

Anda bisa menikmati wahana arum jeram yang disediakan disekitar lokasi sungai. Serta kolam pemancingan yang disediakan bagi Anda yang tertarik memancing di lokasi objek wisata tersebut.

Untuk bisa memasuki objek wisata air terjun Timbulun ini, Anda akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah saja per orangnya.

Tips Berwisata di Air Terjun Timbulun

pesona air terjun timbulun

Objek wisata air terjun ini bisa jadi sangat menantang bagi Anda yang ingin mencoba menaiki setiap tingkatannya. Untuk itu, sebelum Anda menjajal setiap tingkatannya, dibutuhkan skill mendaki atau keahlian dan persiapan matang sebelum mendaki.

Anda bisa menyiapkan peralatan atau sarana yang mendukung pendakian Anda. Sangat disarankan bagi Anda yang berpengalaman saja yang dapat menaiki tingkatan air terjun ini.

Di kawasan air terjun ini juga terdapat objek batu datar yang besar, dan Anda disarankan menjaga kebersihan dengan tidak melakukan aksi vandalisme atau mencoret – coret batu.

Baca Juga, Janjang Ampek Puluah Jalur Penghubung yang Instagramable

Nah, itu dia tips berwisata di air terjun Timbuun ini. Jika Anda berminat untuk mengunjungi objek wisata ini, jangan lupa persiapkan iiburan yang matang. Seperti tiket transportasi maupun sarana transportasi untuk menuju kesini. Bagi Anda yang merupakan wisatawan luar pulau, Anda bisa memesan rental mobil avanza untuk kenyamanan dan kemudahan transportasi Anda selama berlibur di kota ini.

Air Terjun Timbulun Painan, Keheningan Alam yang Sebenarnya
5 (100%) 1 vote[s]