Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan. Apalagi kalau Anda sudah bosan dengan liburan yang itu-itu saja, ada tempat wisata di Alahan Panjang yang sayang jika dilewatkan.

Destinasi Wisata di Alahan Panjang

Ketika Anda berwisata di Alahan Panjang, 4 tempat wisata yang akan dibahas di bawah ini sangat sayang jika dilewatkan. Apa saja 4 tempat wisata tersebut? Mari langsung kita simak informasi selengkapnya di bawah ini :

1. Danau Kembar

danau kembar padang

Nama Tempat WisataDanau Kembar
LokasiBungo Tanjung, Lembah Gumanti, Solok
Jam Buka24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Alahan Panjang Sumbar memiliki danau kebanggaan yaitu Danau Kembar. Keunikan dari danau ini adalah letaknya yang berbeda, yaitu danau di bawah dan danau di atas. Danau atas berada di Nagari Bukit Sileh, sementara danau bawah berada di Nagari Alahan Panjang.

Fasilitas di sekitar danau cukup lengkap, mulai dari tempat makan hingga villa dan berbagai jenis penginapan ada di sini. Untuk tiket masuk juga sangat terjangkau karena hanya Rp 4.000,00 tiap pengunjung.

2. Bukit Cambai

bukit cambai solok

Nama Tempat WisataBukit Cambai
LokasiSungai Nanam, Lembah Gumanti, Solok
Jam Buka24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Bukit Cambai merupakan salah satu obyek wisata Alahan Panjang Solok yang terkenal. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan sengaja di kelola oleh masyarakat sekitar. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat pemandangan indah empat danau sekaligus empat gunung di sekitar bukit.

Untuk mencapai ke puncak bukit, paling tidak pengunjung harus berjalan sekitar 20 menit. Pada bagian bawah bukit, terdapat pemandu yang bisa disewa untuk menunjukan jalan menuju puncak. Di bagian bawah bukit juga terdapat berbagai fasilitas umum seperti kamar mandi dan lapangan parkir.

3. Pimpiang

danau alahan panjang

Nama Tempat WisataPimpiang
LokasiLembah Gumanti, Solok
Jam Buka24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Pimpiang merupakan tepian danau yang semakin ke ujung semakin dangkal. Di sekitaran Pimpiang dihiasi taman bunga yang indah dan menjadi spot foto favorit para wisatawan. Di suasana cukup nyaman dan juga sejuk karena banyak pepohonan rimbun.

Letak Pimpiang berada persis di depan Masjid Ummi dan juga salah satu Alahan Panjang Resort yaitu Danau Atas Alahan Panjang. Tempat ini masih kurang dikenal masyarakat karena terhitung baru, jadi apabila Anda berfoto di sini, latar pemandangannya belum banyak yang mencoba.

4. Kebun Teh

kebun teh alahan panjang

Nama Tempat WisataKebun Teh
LokasiBungo Tanjung, Lembah Gumanti, Solok
Jam Buka24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Kebun Teh Alahan Panjang, lokasinya masih berada di sekitar Danau Kembar. Sehingga Anda bisa langsung mampir atau mengunjungi kebun teh dahulu baru lanjut ke danau.

Kebun Teh ini usianya sudah cukup tua karena merupakan peninggalan jaman Belanda. Untuk masyarakat atau wisatawan yang ingin berfoto atau berjalan-jalan di sekitar kebun teh tiket masuknya hanya Rp4.000,00.

Rute Menuju Ke Alang Panjang dari Kota Padang

alahan panjang solok

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Alahan Panjang, dari Kota Padang jaraknya sekitar 60 KM. Untuk menuju ke sini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kereta Padang agar lebih nyaman saat di perjalanan. Untuk rutenya sendiri bisa Anda simak di bawah ini :

Padang – Lubuk Begalung- bandar Buat – Indarung – Lubuk Paraku – Sitinjau Laut – Batang Barus – Aie Tumbak – Alahan Panjang.

Baca Juga : Manjuto Beach Homestay, Resort di Padang yang Unik dan Asri

Itu dia ulasan seputar tempat wisata di Alahan Panjang yang wajib Anda kunjungi. Setelah puas berwisata pastinya jangan lupa untuk mampir di pusat oleh-oleh untuk Pria di Padang. Pusat oleh-oleh ini kebanyakan berada di area Padang Barat.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat wisata yang harus dikunjungi serta rute menuju Alahan Panjang dari Kota Padang. Semoga dengan informasi di atas , Anda memiliki tambahan referensi tempat berwisata yang menyenangkan di Sumatera Barat. Terakhir, jangan lupa untuk membagikan informasi tempat wisata ini ya, supaya teman atau kerabat tahu dan bisa berlibur bersama.