Seperti yang sudah banyak diketahui, Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki kekayaan budaya, kuliner, dan tempat wisata. Jika biasanya Kabupaten Agam erat dengan tempat bersejarah, sekarang ini diluncurkan tempat wisata baru bernama Banto Royo Agam.

Destinasi wisata air ini menyediakan pemandangan alam yang menyegarkan mata. Dengan keindahan yang ditawarkan, tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan liburan Anda bersama dengan orang-orang terkasih. Sebelum Anda ke sana, simaklah beberapa hal berkaitan dengan tempat wisata ini.

Sekilas Tentang Wisata Banto Royo

Wisata Air Banto Royo

 

Berdiri di atas lahan dengan luas 6,2 hektar, tempat wisata ini 80 persennya adalah air. Oleh karena itu, tidak heran jika suasananya terasa sangat asri. Di sana para wisatawan bisa melihat pemandangan sawah Kamang serta jejeran bukit yang menjulang. Di samping kiri dadi lokasi wisata ini terdapat objek wisata lain, misalnya saja Bukit Lakuang.

Baca juga, Green House Lezatta Bukittinggi, Lokasi Tepat Untuk Liburan Bersama Keluarga

Sejarah, Keunikan, dan Hal yang Menarik

Objek wisata ini bisa dikatakan merupakan objek wisata yang baru di mana peresmiannya sendiri dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2018. Peresmiannya dilakukan oleh tokoh nasional yang berasal dari Kapau bernama Andi Sahrandi. Acara peresmian ini didatangi oleh para pelaku wisata serta warga setempat. Pada saat itu juga dilakukan penandatanganan prasasti. Untuk hal-hal operasional, tempat wisata ini melibatkan warga sekitar. Tujuannya adalah supaya bisa membantu meningkatkan perekonomian warga.

Kawasan wisata ini dulunya adalah rawa yang tanahnya berupa lempung sehingga sulit dipijak dan hampir tidak dapat dikunjungi. Namun berbeda dengan sekarang ini, di sini Anda bisa menjumpat 12 jembatan besi yang digunakan untuk penghubung dan juga 9 unit saung kecil yang biasa digunakan sebagai tempat bersantai.

Dimana Lokasi Wisata Banto Royo?

Tempat wisata Banto Royo Agam terletak di Jorong Kaluang Tapi yang termasuk dalam wilayah Nagari Koto Tengah, Tilatang Kamang, Agam, provinsi Sumatera Barat. Lokasi wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan terlebih pada akhir pekan dan juga hari libur nasional. Jika Anda kesulitan untuk mencari lokasi wisata, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil beserta sopir.

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata

Perjalanan ke tempat wisata ini hanya membutuhkan waktu 20 sampai dengan 30 menit, jika Anda berangkat dari Bukittinggi. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan tempat wisata lain seperti Lawang Adventure Park, Bukik Sakura, dan Taman Tirtasari. Dengan menggunakan sewa mobil Alphard Anda juga bisa sekaligus berkunjung ke wisata di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Obyek Wisata

Bagi Anda yang akan berwisata ke tempat ini, Anda perlu menyiapkan biaya masuk. Harga tiket masuknya sendiri berbeda untuk hari biasa dan akhir pekan ataupun hari libur. Untuk tiket masuk pada hari biasa adalah Rp 10.000 per orang, sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Jam Buka Banto Royo

Jika Anda ingin datang ke lokasi wisata ini, jangan lupa untuk datang sesuai dengan jam operasionalnya agar Anda tidak kecewa. Untuk jamnya sendiri dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.30 setiap harinya. Supaya bisa datang tepat waktu Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil fortuner yang banyak ditawarkan disana.

Fasilitas yang Tersedia di Banto Royo

fasilitas banto royo

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di lokasi wisata ini telah disediakan berbagai fasilitas termasuk 12 unit jembatan penghubung dan 9 unit saung kecil. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas flying fox yang berada di area seluas 185 meter.

Fasiltas lain yang bisa Anda coba adalah wahana bermain yang terdiri dari seluncur air, perahu air, kolam air, dan lapangan lumpur. Selagi Anda di sana, jangan lupa untuk berkeliling dan mencoba semua wahana permainan yang tersedia. Setelah lelah bermain, Anda bisa beristirahat sembari menikmati hidangan yang ada di restoran. Di sana juga ada fasilitas mushola yang bisa Anda gunakan untuk beribadah. Bagusnya lagi, apabila pengunjung yang datang ke sana cukup banyak, maka 30 persen uang dari penjualan tiket ini akan disumbangkan ke masjid setempat.

Baca juga, Jembatan Kelok Sembilan, Ikon Wisata Padang Yang Megah

Itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan obyek wisata Banto Royo yang mungkin sudah Anda ketahui dan mungkin juga ada sebagian yang belum Anda ketahui. Dengan membaca informasi di atas, diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda dan membuat Anda lebih mengenal lokasi wisata yang masih baru ini. Di samping itu, harapannya akan ada banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Rate this post