Wisata Baru di Sumatra Barat – Obyek wisata dimasa depan adalah Banto Royo yang berada di Sumatra Barat. Keindahan yang ditawarkan oleh obyek wisata ini mampu menyejukan mata pengunjungnya melalui pemandangan indah alamnya. Bagi Anda dan keluarga yang sedang merencanakan liburan, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai obyek wisata keluarga. Obyek wisata ini merupakan wisata baru yang ada di Sumatra Barat. Pada tanggal 28 Oktober 2018 yang lalu, obyek wsata ini telah diresmikan.

Demi menumbuhkan perekonomian warga, maka dibangunlah obyek wisata ini. lokasinya yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau, maka para pengunjung dapat menemukan tempat ini dengan mudah. Meskipun obyek wiata ini masuk sebagai wisata baru, namun untuk keindahan dan fasilitas yang di tawarkan pun tidak diragukan lagi. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil melakukan aktifitas yang lainnya.

Suasana Asri Banto R0yo

Suasana asri yang di tawarkan oleh obyek wisata Banto ini dapat dirasakan para pengunjung melalui lahannya yang cukup luas. 80% Banto R0yo ini terdiri dari area perairan. Melalui jejeran bukit yang tinggi, area persawahan kamang mampu memberikan pemandangan yang sangat asri. Disekitar obyek wisata ini, khususnya di sisi kiri, terdapat bukit Lakuang yang sangat menggoda. Pada awalnya dulunya kawasan ini adalah sebuah rawa yang tidak dapat dikunjungi para wisatawan. Hal ini dikarenakan tanahnya terbuat dari bahan lempung, sehingga hal ini sulit untuk dipijak. Namun sekarang, melalui perkembangan jaman, obyek wisata ini mengalami perubahan yang cukup drastis.

Baca juga, Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang yang Tak Terlupakan

Lokasi Wisata Banto Royo

Wisata perbukitan yang begitu sangat memukau ini berada di Jorog kaluang Tapi, Koto Tangah Tilatang Kumang, Sumatra Barat. Bisa dijangkau dengan menggunakan sewa mobil Avanza baik dari Kota Padang maupun wilayah lainnya.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Meskipun terdaftar sebagai obyek wisata baru, namun wisata ini sudah banyak diicar oleh masyarakat setempat untuk menikmati suasana perbukitan. Pengunjung yang datang dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rpp 10.000/orang pada hari biasa. Akan tetapi untuk pengunjung yang datang pada hari weekend akan di tetapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000

Rute Menuju Banto R0yo

Apabila pengunjung berangkat dari Bukittinggi, maka harus menempuh waktu 20-30 menit. Jika Anda ingin lebih mudah dalam menjangkau lokasi ini, sebaiknya Anda menghubungi agen wisata di sekitar Anda. Anda bisa melakukan sewa mobil New Innova beserta sopirnya untuk mengantar Anda sampai ke lokasi.

Fasilitas yang Disedikan 

Spot-Foto-Banto-Royo

Fasilitas yang ditawarkan oleh obyek wisata baru ini cukup membuat para pengunjung merasa puas datang ke obyek wisata, diantaranya:

Jembatan besi

Di obyek wisata ini, Anda akan menemukan 12 unit jembatan yang terbuat dari bahan besi. Selain itu pengunjung juga akan menemukan 9 unit saung berukuran kecil yang dapat digunaka sebagai tempat bersantai. Para pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar bukit.

Perahu air

Dengan fasilitas berupa perahu air, maka akan lebih memudahkan para pengunjung untuk mengelilingi perbukitan dengan menggunakan perahu air. Di sana banyak Anda jumpai keindahan perbukitan dan danau air yang cukup menggoda para wisatawannya.

Kolam air

Selain keindahan perbukitan yang dapat dinikmati para wisatawannya, maka pengunjung juga bisa menikmati kolam air. Jernihnya air yang ada pada kolam memberikan kesan yang sangat asri dan alami.

Mushlola

Para pengunjung yang datang tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah. Di Banto R0yo, Anda akan disediakan fasilitas berupa mushola yang sangat nyaman untuk ibadah. Dengan demikian, di saat waktu shalat sudah tiba, Anda dapat langsung menjalankan ibadah sholat.

Aktifitas yang Bisa dilakukan Wisatawan

Outbond-Arena-Banto-Royo

Fasilitas yang disuguhkan itulah yang menjadikan para wisatawan dapat melakukan aktifitas menyenangkan seperti berikut ini:

Flying fox

Menikmati keindahan perbukitan dari atas tentunya sangatlah menyenangkan. Di sana, Anda bisa melakukan flying fox yang siap memamerkan keindahan perbukitan dari atas udara. Perasaan yang menegangkan mampu memberikan kepuasan bagi pengunjung setelah melihat pemandangan yang begitu asri. Area untuk flying fox memiliki luas mencapai 185 meter.

Bermain di lapangan lumpur

Bagi para pengunjung yang menyukai suasana lumpur, maka Anda dapat menikmati lapangan lumpur di sana. Namun ingat, ketika Anda ingin menikmati lapangan lumpur, pastikan bahwa Anda sudah membawa pakaian ganti.

Kuliner

Banyaknya restoran yang ada disekitaran wisata, Anda dapat menikmati lezatnya kuliner yang sangat menggoda lidah. Menu yang dihidangkan sangatlah bervariasi dan tentunya sangat cook di lidah orang indonesia.

Keunikan yang Ada di Banto Royo

Hal unik yang akan Anda jumpai di obyek wisata Banto Royo yaitu sebagai berikut:Hasil penjualan dari tiket masuk wisata akan disumbangkan ke masjid setempat sebesar 30%. Hal ini memberikan keunikan tersendiri bagi para masyarakat setempat yang juga ikut serta dalam mengembangkan obyek wisata ini. Sehingga tidak hanya obyek wisata saja yang ikut berkembang, namun para masyarakat setempat pun juga ikut sejahtera.

Wisata ini merupakan kawasan hutan dengan jembatan yang terbuat dari bahan bambu di bagian atasnya. Melalui saung-saung yang di dirikan pada bagian permukaan rawa inilah yang menjadikan pengunjung dapat bersantai.

Pemandangannya yang begitu sangat menarik dapat dijadikan sebagai spot foto yang sangat menyenangkan. Bagi pecinta fotografi, tentu tempat ini menjadi incaran yang menyimpan spot keindahan yang berbeda dengan yang lainya.Obyek wisata Banto R0yo ini merupakan hasll dari kerjasama antara investor dengan para masyarakat setempat.

Baca juga, Air Terjun Nyarai, Destinasi Alam Tereksotis di Sumatra Barat

Sehingga hal ini mampu mengembangkan potensi alam sekaligus memajukan nagari. Sedangkan Nagari Koto Tangah mempunyai potensi alam yang begitu sangat luar biasa untuk dapat disulap agar bisa menjadi obyek wisata dengan keindahan alam yang sangat menarik untuk diabadikan.

Rate this post