Disamping mempunyai tempat wisata yang indah, ternyata ranah Minang juga memiliki banyak sekali spot yang sangat menarik. Khususnya untuk pecinta jajanan kuliner, Anda wajib berkunjung ke ranah Minang.  Kota baru yang dikenal sebagai tempat persinggahan para wisatawan ini terkenal dengan keunikan kulinernya. Disanalah Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner dari Minang. Salah satunya adalah Bika si Mariana.

Anda bisa menikmati jajanan khas Minangkabau ini dengan berkunjung ke Bika Si Mariana. Karena hanya di tempat inilah Anda bisa mendapatkan cita rasa Bika yang masih original. Rasa khas dan juga aroma yang disuguhkannya benar-benar menggoda selera dan tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Karena, Bika ini adalah pelopor dari pembuatan Bika di Minang. Bika sendiri merupakan makanan yang berasal dari santan, gula merah, dan tepung beras yang kemudian diolah dengan dipanggang.

Keunikan Bika si Mariana

Pusat Jajanan Bika si Mariana

Keunikan dari Bika Si Mariana ini adalah karena jajanan yang disuguhkan sangat berbeda dari bika pada umumnya. Jadi, bila sebelumnya Anda mungkin mengira bika adalah sama seperti bika ambon, maka Anda salah besar! Karena, untuk Bika ini merupakan salah satu kuliner yang legendaris dari Minang.

Baca juga, Kuliner Khas Padang Ini Bisa Disantap di Ongkrongan Turagari

Kudapan yang satu ini sangat eksis dimana-mana dan disukai oleh semua orang. Bahkan, ada juga salah satu penyanyi legendaris yang ikut serta mempopulerkan makanan ini. Dia adalah Lily Syarief. Dia pernah mempopulerkan jajanan ini dari sebuah lagu, berjudul Bika Si Mariana.

Karena itulah, jajanan ini begitu unik. Apalagi dalam proses pembuatannya ternyata proses pemanggangannya itu tidak menggunakan alat yang modern. Namun, jajanan ini diproses menggunakan alat pemanggang yang ada di atas tungku. Sehingga, semuanya masih terlihat tradisional.

Apalagi ternyata wajan yang dipakainya berasal dari tanah liat. Sehingga, hal ini semakin membuat keunikan dari bika ini begitu lengkap. Jadi, sebelum dialkukan proses pemanggangan, wajannya nanti akan dilapisi oleh daun pisang. Namun, ada juga yang melapisinya dengan daun jati.

Setelah wajannya dilapisi dengan daun tersebut, kemudian adonan bika dituangkan di atasnya. Disini, api yang digunakan untuk memasak memakai kayu manis yang telah dibakar. Sehingga, aromanya benar-benar khas dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Anda bisa menikmatinya sambil minum kopi ataupun minum teh manis.

Alamat Bika si Mariana

Bika Si Mariana ini terletak di Jl Raya Koto Baru. Kedai ini buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam. Lokasi ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan sewa mobil Avanza maupun jenis lainnya yang tersedia di Padang.

Disinilah Anda akan melihat bahwa bika yang dibuat ini memakai tungku dan cetakan keramik dari tanah liat. Jadi, setiap pembeli bisa melihat deretan tungku tempat memasak bika yang mau dibeli satu per satu.

Meskipun terlihat aneh, namun justru disinilah ketak daya tariknya. Untuk ukuran bikanya sendiri ada 2 hingga 3 ukuran. Anda akan melihat contoh ukurannya di lemari yang telah dipajang. Jadi, untuk harganya disini menyesuaikan dengan ukuran yang Anda pilih.

Itupun nantinya Anda bisa benar-benar menerima bika yang masih dalam kondisi panas. Jadi, bika yang dibeli nanti benar-benar fresh. Untuk ukuran bika yang lebih lebar biasanya lebih lembut dibandingkan yang kecil. Karena bagian dalamnya lebih lembut dari ukuran bika yang kecil.

Harga Bika Si Mariana

Bika Khas Padang

Sedangkan untuk masalah harganya tak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Itupun Anda bisa memilih variasi rasanya yang meliputi, original dan gula merah. Harga yang ditawarkan untuk setiap bika bisa mencapai Rp 3.000, – hingga Rp 5.000, -.

Nah, itu tadi adalah sedikit ulasan tentang Bika Si Mariana. Yang pasti, Koto Baru ini merupakan sebuah daerah gerbangnya Bukit tinggi jika Anda melewati kota Solok dan Padang. Letaknya mudah ditemukan. Karena berada di pinggir jalan. Anda bisa menemukan banyak penjual bika juga di daerah ini.

Baca juga, Nasi Kapau Uni Lis, Kuliner yang Selalu Membuat Kangen Bukittinggi

Hanya saja, tetap yang paling enak hanya ada di Bika Si Mariana. Karena disinilah kedai bika yang menjual bika paling enak, paling manis rasanya, dan mutu santannya paling berkualitas. Sehingga, Anda tak perlu takut akan keamanannya untuk kesehatan Anda. Jika berlibur ke Padang jangan lupa mampir kesini, sewa mobil Innova saja dan mintalah untuk diantarkan ke tempat ini.

Rate this post