Bentang alam Indonesia memang sangat mengesankan, kita bisa menikmati berbagai macam pegunungan dan perbukitan yang dilewatkan. Salah satunya adalah objek wisata yang hadir di tempat Sumatera Barat, dikenal dengan nama Bukik Bulek Taram.

Lokasinya memang sangat menawan. Dimana, wisatawan akan terpesona dan menikmati enggan untuk pergi. Suasana dan nuansanya memang paling cocok untuk kamu yang ingin meluruhkan semua penat yang sudah menumpuk.

Sekilas Tentang Bukik Bulek Tanam

tempat wisata bukik bulek taram

Nama dari bukik bulek ini diambil dari bukit yang bentuknya bulat, di puncaknya agak sedikit lonjong. Untuk mencapainya memang membutuhkan tenaga dan keringat yang banyak.

Menariknya dari bukit ini ada tanah lapang di puncaknya. Dimana, luasnya seperti lapangan sepakbola. Oleh karena itu, tak heran jika banyak wisatawan yang menggunakan tempat ini sebagai bumi perkemahan.

Baca juga, Lubuak Bonta, Objek Wisata Yang Selalu Ramai Pengunjung

Satu pesona lain yang tidak dapat Anda bayangkan saat objek wisata ini adalah burung belibis berwarna hitam yang mempesona menariknya lagi burung ini hanya ada di Bukik Bulek Taram saja. Burung ini akan terbang mengitari bukit. Kemudian, beristirahat di rawa-rawa. Jumlahnya pun bisa mencapai ratusan. Konon katanya, bukek bulek taram ini dikeluarkan dari bekas pecahan 7 buah batu bukit yang ada di negeri Taram

Bagi yang ingin menikmati petualangan, Tidak ada salahnya menikmati wahana off road yang hadir di sini. Dimana, tempat ini sering dijadikan tuan rumah beberapa komunitas Jeep di Sumatera Barat.

Bagi Anda yang suka memancing, mungkin tempat ini bisa dijadikan alternatif karena, rawa-rawa ini punya banyak ikan-ikan yang lucu yang dibuat untuk dipancing.

Rute Dan Alamat Lokasi Bukik Bulek Taram

Bukik Bulek Taram terletak di Taram, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26261. Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Sumatera, jalan pertama yang harus Anda lakukan adalah menuju Kota Padang dengan menggunakan pesawat dan naik di Bandara Internasional Minangkabau.

Namun, perjuangan belum usai, Anda harus berjuang kembali perjalan selama 112 km, dan menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Rute yang harus Anda pilih adalah jalan Raya Padang- Bukittingi sejauh 51 km. Anda bisa menempuh perjalanan ini memakai jasa rental mobil Fortuner.

Kemudian, masuk ke jalan Syekh M. Daud yang masuk ke Jl. HK Kamarullah. Lalu, masuk kembali ke jalan Raya Padang-Bukittinggi. Tetap di jalan ini selama 15 km. Setelah itu, Anda akan masuk ke jalan Simpang Bukik. Ikuti jalan sejauh 5km. Lanjutkan kembali sejauh 17 km ke jalan umbar- Riau.

Setelah 7 km Anda akan menemukan Bundaran pilih lah jalan yang menuju ke Jl. Rangkayo. Ikuti saja beberapa papan petunjuk yang sudah tersedia di sini. Anda akan tiba di Objek wisata yang memang mempesona ini.

Jika, Anda berjalan dari Stasiun Padang Panjang. Waktu yang arus keluar adalah 1 jam 30 menit dan jaraknya adalah 57 km. Setelah keluar dari stasiun Padang Panjang keluar dari kendaraan menuju ke Dr. AK. Gani.

Lalu, masuklah ke jalan Lintas Barat Sumatera, Jalan Syekh M Daud Rasyidi, lalu, kembali ke jalan raya Padang panjang – Bukittinggi. Tetap dijalan ini sejauh 6,8 km. lalau, masuah ke jalan simpang lima bukik sampai ke jalan Raya Bukititnggi- payakumbuh. Dari sini kita sudah bisa membaca banyak peta yang mengarahkan kita ke objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam operasional

bukik bulek taram sumatera barat

Menikmati kawasan ini kita tidak akan dipungut harga tiket masuk. Hanya uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Menariknya tempat ini akan buka selama 24 jam.

Fasilitas Lain yang Ditawarkan

Selain pesona bukitnya yang mempesona. Kita juga akan disuguhkan Dengan beberapa fasilitas lain yang coba ditawarkan.

1. Wisata Ziarah

Tidak hanya pesona alamnya saja, di tempat ini adalah tempat wisata ziarah yang tidak pernah sepi pengunjung. Namanya adalah Syeikh Ibramhim Mufti. Konon katanya, syekh ini berasal dari Irak yang mencoba meminta nasihat islam untuk warga sekitar. Dia sendiri adalah murid dari Syekh Abdul Rauf.

2. Sajian Kuliner

Pesona terakhir yang bisa kita nikmati adalah warung-warung yang berdiri dan berjajar. Mereka menghadirkan berbagai macam menu makanan tradisional yang nikmatnya memang kebangetan.

Menuju ke objek wisata ini tidak perlu ragu dan bingung. Karena, di sini sudah tersedia biro wisata yang menyediakan fasilitas sewa bus dan juga dengan harga yang terjangkau. Selain itu, fasilitas sopir yang dihadrikan, membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Baca juga, Puncak Gobah, Pesona Danau Singkarak yang Tak Biasa

Ayo datang dan kunjungi objek wisata Bukik Bule Taram. Sayang sekali saat keindahan yang ada di sini dibiarkan begitu saja dan tak terurus.

Rate this post