Bukit Nobita – Kepopuleran Bukit Tigo Tungku berawal dari namanya yang sering kali disebut sebagai bukit Nobita. Nobita adalah nama salah satu tokoh yang ada di film kartun Doraemon. Bukit Nobita ini ebrada di Padang. Keindahan yang dimiliki bukit ini menjadi daya tarik tersendiri baik setiap pengujung yang ingin menyaksikan langsung. Puncak bukit ini sangat cocok dijadikan sebagai spotfoto yang sangat menarik. Foto yang Anda ambil dapat berlatar belakang warna-warni dari Kota Padang baik itu dari Indarung hingga kawasan pantainya.

Jalan untuk menuju ke bukit Nobita memang cukuplah terjal. Hal ini mengharuskan para pengunjung untuk menguras banyak tenaganya. Jalan yang harus di lalui pengunjung selalu terjal dan tidak akan dijumpai jalan turunan maupun datar. Banyak diantara para pengunjung yang merasa kelelahan selama berada di perjalanan, jika Anda akan berkunjung ke bukit ini, maka persiapkan fisik Anda dengan sebaik mungkin. Jangan sampai Anda gagal sampai ke bukit karena kondisi fisik yang tidak mendukung.

Asal Usul Sebutan Nama Bukit Nobita

Bukit-tigo-tungku

Meskipun bukit ini diberi nama sebagai bukit Tigo Tungku, namun banyak para wisatawan yang lebih mengenal sebagai bukit Nobita. Bukit yang memiliki panorama cantik melalui ketinggian yang dimilikinya itu pun berawal dari inspirasi film kartun Doraemon. Bukit ini sangat mirip dengan bukit yang ada di belakang sekolah Nobita. Para wisatawan yang berada di atas bukit dapat dengan jelas melihat pemandangan saentero dari kota Padang. Sedangkan untuk nama Tigo Tungku ini dikarenakan di puncak bukit terdapat batu besar sebanyak 3 buah dan batu besar tersebut mengelilingi satu pohon berukuran sangat besar.

Baca juga, Miniatur Makkah Padang, Tempat Latihan Para Calon Jemaah Haji

Selain itu para masyarakat sekitar pun juga memberikan nama dengan sebutan sebagai bukit Batu Kasek maupun bukit Kampung Jua. Nama yang diberikan tersebut di karenakan bukit tersebut memiliki batu besar dengan jarak yang saling berjauhan. Meskipun jalan menuju bukit Nobita cukup melelahkan, namun banyak pula para wisatawan yang berdatangan untuk melihat pemandangan dan keindahan di balik dari bukit yang memiliki banyak ilalang tersebut.

Lokasi Bukit Tigo Tungku

Bukit Nobita berada di Kampung Jua, Lubuk Begalung, Kota Padang. Untuk menuju ke bukit, Anda harus berjalan kaki beberapa kilometer terlebih dahulu. Untuk menuju lokasi ini Anda bisa menggunakan sewa mobil New Innova dari Kota Padang.

Harga Tiket Tigo Tungku

Hanya cukup mengeluarkan uang Rp 3.000/orang, Anda sudah bisa menikmati perjalanan dan panorama yang dimiliki oleh Bukit Tigo Tungku. Harga tiket yang dibayarkan cukuplah murah, karena obyek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung juga harus membayar Rp 5.000 untuk membayar parkir motor. Hal lain yang menjadi daya tarik yaitu karcis parkir yang diberikan sudah dilengkapi dengan nama bukit Nobita.

Daya Tarik Obyek Wisata

Bukit-tigo-tungku-malam

Suasana di malam hari

Selain keindahan yang bisa dilihat di pagi hingga sore hari, Anda pun juga bisa melihat pemandangan di malam hari. Jika Anda berada di bukit pada malam hari, Anda bisa melihat dan menyaksikan keindahan lampu kerlap kerlip yang ada di sana. Lampu kerlap kerlip tersebut berasal dari kota padang.

Suasana di siang hari

Pada saat Anda berkunjung di siang hari, Anda juga bisa menikmati pemandangan disekitar. Namun Anda harus bersiap-siap jika setelah pulang dari bukit kulit Anda belang karena paparan sinar matahari.

Panorama di puncak bukit

Panorama yang ada di puncak bukit tidak pernah menyembunyikan keindahannya. Melalui tanah yang subur dengan keindahan yang memukau, menjadikan para wisatawannya merasa bahwa perjalanannya yang cukup sulit sudah terbayarkan.

Tips Ketika Berkunjung Ke Bukit Tigo Tungku

Membawa senter

Jika berkunjung ke bukit pada saat malam hari, maka perlengkapan yang harus Anda persiapkan yaitu senter. Suasana yang ada di bukit cukuplah gelap, sehingga jika Anda tidak membawa senter, maka akan sangat merepotkan diri Anda sendiri nantinya.

Sepatu atau sandal gunung

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kondisi jalan di bukit cukuplah terjal dan sangat jarang Anda jumpai jalan turunan atau datar. Untuk mengantisipasi agar perjalanan Anda tidak mengalami masalah, maka bawalah sepatu atau sandal gunung.

Jas hujan/payung

Apabila Anda datang ke bukit dimusim penghujan, sangat disarankan bagi Anda untuk membawa jas hujan atau payung. Jika Anda tidak membawa perlengkapan ini, berarti Anda sudah siap jika pakaian Anda harus basah kuyup.

Bekal makan dan minum

Perjalanan yang harus di tempuh para wisatawan tidaklah mudah dan cukuplah menguras tenaga. Bahkan para wisatawan harus berulang kali beristirahat. Persiapan yang harus Anda persiapkan dari rumah yaitu bekal makanan dan minuman yang harus Anda bawa. Apabila Anda tidak membawa bekal minuman maupun makanan, maka akan merepotkan Anda nantinya apabila rasa lelah, rasa lapar dan rasa haus menghampiri Anda.

Pakaian

Selain tenaga yang akan terkuras habis, maka Anda pun juga akan mengeluarkan banyak keringat selama perjalanan berlangsung. Tentunya Anda akan merasa risih dan kurang nyaman dengan keringat yang bercucuran dari tubuh Anda. Selain membuat Anda merasa kurang nyaman, tentunya Anda juga akan merasa kurang percaya diri bukan? Oleh sebab itu bawalah pakaian dobel sebagai pakaian ganti nantinya.

Baca juga, Pantai Carolina, Sejuta Panorama Memanjakan Mata di Teluk Bungus

Hal menarik yang selalu disuguhkan oleh alam adalah pemandangannya yang memang tidak akan pernah bisa tertandingi. Para wisatawan yang datang ke wisata alam tidak akan pernah merasa bosan. Meskipun sudah berulang kali mengunjungi wisata alam. Namun dengan pemandangan yang panorama yang disuguhkan tidak pernah mengecewakan. Salah satu wisata alam di Padang yang wajib Anda kunjungi yaitu Bukit Tigo Tungku. Kunjungi wisata ini bersama keluarga dan teman-teman Anda. Untuk masalah kendaraan Anda bisa memilih layanan sewa bus di Padang.

Rate this post