Nama Tempat WisataCagar Alam Batang Palupuh
LokasiGadung, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat
Jam BukaSenin-Minggu (08.00-18.00)
ProvinsiSumatera Barat
Telepon
Websiteagamkab.go.id
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Anda ingin pergi berlibur? Tapi anda juga tidak ingin hanya sekedar berlibur, melainkan ingin liburan yang ada kegiatan edukasi di dalamnya? Mungkin, wisata alam padang di Batang Palupuh, bisa menjadi tujuan wisata anda selanjutnya.

Tertarik? Berikut informasi yang perlu anda ketahui sebelum menyiapkan keberangkatan ke Cagar Alam Batang Palupuh.

Sekilas Mengenai Cagar Alam Batang Palupuh

cagar alam batang palupuh

Cagar Alam ini berdiri pada tanggal 14 November 1930, merupakan kawasan konservasi flora langka, khususnya Rafflesia arnoldi. Luas Cagar Alam Batang Palupuh kurang lebih 3,4 hektar, terletak di Kecamatan Tilatang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Di cagar alam ini, anda bisa melihat langsung puluhan hingga ratusan bunga R. arnoldi bermekaran. Terutama ketika musim hujan tiba, yaitu pada sekitar bulan juni sampai dengan bulan desember setiap tahunnya.

Selain bunga R. arnoldi yang memang sudah terkenal, di sini juga terdapat dua jenis Rafflesia lainnya. Yaitu Rafflesia gadutensis dan Rafflesia hasseltii.

R. gadutensis adalah spesies Rafflesia endemik, dan rentan terhadap kunjungan manusia. Oleh karena itu, keberadaannya semakin berkurang. Serta akses terhadapnya dibatasi oleh pemerintah dan pihak yang berwenang. Persebaran habitat utama R. gadutensis umumnya di wilayah bagian barat bukit barisan.

Sedangkan, R. hasseltii pertama kali ditemukan di kawasan hutan wilayah solok selatan, dengan persebaran habitat jauh lebih luas dibandingkan R. gadutensis. Meliputi hutan bagian timur Sumatera Barat, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), serta kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Selain bunga Rafflesia yang menjadi ikon Batang Palupuh, anda juga bisa melihat flora dan satwa liar lainnya di di cagar alam tersebut, meskipun memang yang menjadi daya tarik utama dan terkenal tetaplah bunga Rafflesia.

Tapi, bagi anda yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, terutama berkenaan dengan flora dan fauna. Ada kepuasan tersendiri melihat flora dan fauna tersebut hidup di habitat aslinya.

Transportasi Menuju Cagar Alam

Bagaimana akses transportasi ke Cagar Alam ini? Anda bisa naik kendaraan pribadi, transportasi umum, atau bisa juga sewa mobil. lewat jalan lintas barat selatan, dengan waktu tempuh berkisar antara 15 sampai 18 menit dari kota Bukittinggi. Adapun jarak antara Bukittinggi sampai ke lokasi sekitar 8 km.

Harga Tiket Masuk

Tidak ada biaya untuk tiket masuk, tapi sebagai gantinya anda harus menyewa pemandu wisata, tarif jasa pemandu wisata berkisar Rp75.000,00 sampai 150.000,00.

Waktu Kedatangan Terbaik

Jika anda ingin berfoto dengan bunga Rafflesia yang sedang mekar, baik itu untuk mengabadikan moment atau hanya sekedar update di sosial media, maka waktu kedatangan terbaik adalah pas musim hujan.

Mengapa? Karena di musim hujanlah bunga Rafflesia sedang mekar-mekarnya. Musim hujan biasanya dimulai antara pertengahan bulan juni hingga desember.

Apabila diantara anggota keluarga atau teman anda ada yang memiliki alergi terhadap bau menyengat, ada baiknya membawa masker, bunga Rafflesia memang indah, akan tetapi mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas untuk menjelajahi Cagar Alam Batang Palupuh juga cukup memadai, anda bisa menyewa sepeda yang disewakan penduduk sekitar, dan akan ada pemandu wisata yang akan memandu menjelajahi kawasan tersebut.

Pengunjung Berfoto dengan Bunga Rafflesia

Informasi dari pemandu wisata lah yang membuat kegiatan wisata anda jadi lebih menyenangkan dan bermakna. Sebab, dari mereka, anda bisa menggali informasi lebih dalam mengenai bunga Rafflesia.

Daya Tarik Lainnya

batang palupuh

Jika beruntung, anda bukan hanya sekedar bisa melihat aneka jenis bunga Rafflesia bermekaran, tapi lebih daripada itu.

Anda bisa melihat aneka flora dan satwa liar lainnya di tempat tersebut. Sebagai tambahan, masih di Nagari Gadut, di kawasan ini ada Air Terjun Sarasah dan kolam pemandian air jernih. Sehabis penat berkeliling menjelajahi kawasan Cagar Alam, Anda bisa rehat dan melepas penat sejenak di kolam pemandian itu.

Tertarik untuk melihat Bunga Rafflesia lebih dekat? Segera atur waktu untuk mengunjungi Pusat Konservasi Batang Palupuh. Cocok untuk dikunjungi bareng keluarga sebagai wisata edukasi.