Wisata danau Biru Sawahlunto merupakan obyek wisata yang berada di kecamatan Talawi, Sumatra. Danau ini masih disebut sebagai danau perawan karena belum banyak orang yang mengetahui akan keberadaan danau. Pada jaman dahulu, Sawahlunto menjadi daerah yang menghasilkan batubara. Jika dilihat dari atas, danau ini memiliki bentuk seperti kuali. Sedangkan pada jaman dahulu, Sawahlunto bukanlah danau biru yang menawan seperti saat ini. Akan tetapi dahulu tempat ini adalah galian tambang batu bara.

Melalui perjalanan yang begitu sangat pajang, akhirnya lubang galian tambang batu bara ini berhasil dirubah menjadi sebuah danau indah. Warna airnya yang biru mampu menambahkan keindahan yang tidak akan dijumpai di tempat wisata lainnya. Danau ini disebut sebagai danau biru karena warna airnya yang biru. Warna biru inilah yang mampu memberikan kesan yang sejuk dan indah di indra penglihatan. Dibalik dari keindahan wisata ini, pengunjung bisa menemukan lokasi wisata ini dengan mudah. Hanya dengan membayar harga tiket yang murah, pengunjung bisa menikmati keindahannya.

Tambang yang di Sulap Menjadi Danau Mempesona

Danau Biru Sawahlunto

Melalui inovasi yang begitu sangat menakjubkan ini, akhirna tambang batu bara berhasil disulap menjadi sebuah danau yang mempesona. Para pengunjung yang mengunjungi obyek wisata ini pun juga mampu memberikan kenyamanan bagi para masyarakat yang berkunjung. Selain itu dengan kehadiran obyek wisata ini pun juga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar. Apabila Anda berkunjung ke obyek wisata ini, maka Anda akan melihat secara langsung pemandangan di sana.

Baca Juga, Destinasi Eksotis Memikat Mata Di Danau Maninjau Sumatra Barat

Danau ini masih perawan karena belum banyak orang yang menjamahnya. Namun hal ini justru akan menciptakan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang. Obyek wisata yang terlalu banyak pengunjung justru akan membuat para pengunjung merasa kurang nyaman. Hal ini dikarenakan hasil selfie yang di dapatkan tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Harga Tiket Masuk Kawasan Danau

Danau Biru Sawahlunto

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh para pengunjung yaitu Rp 5.000. Dengan harga tiket tersebut, para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama yang ada di obyek wisata.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Obyek wisata ini berada di Parambahan, Talawi, Sumatra Barat. Akses yang akan di lewati oleh para pengunjung memang akan kurang menyenangkan, karena akses menuju danau ini belum diperbaiki sepenuhnya. Medan yang harus ditempuh para pengunjung pun juga seperti bekas tambang, yaitu jalan yang dipenuhi dengan bebatuan. Apabila Anda ingin berkunjung ketempat ini, maka sangat disarankan jika Anda menggunakan sepeda motor. Agar jalan bebatuan tidak merepotkan Anda nantinya pada saat Anda mengendarai motor.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

Aktifitas yang dapat untuk Anda lakukan pada saat Anda sudah berada di lokasi Danau Biru Sawahlunto yaitu sebagai berikut:

Selfie

Pemandangannya yang cukup menarik dengan danau berwarna biru dapat Anda jadikan sebagai spot foto. Bagi pecinta fotografi tidak akan lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen dengan memoto. Jika Anda tidak membawa kamera DSLR, Anda bisa menggunakan kamera hp yang tidak kalah serunya.

Trekking

Jika Anda suka dengan kegiatan jalan-jalan menaiki bukit atau gunung maka ini adalah solusi yang tepat untuk Anda pilih. Bagaimana tidak? Anda bisa melakukan trekking disana. Namun sebelum Anda berangkat pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan fisik Anda. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan yang seharusnya Anda persiapkan dengan sebaik mngkin.

Bersantai

Bersahabat dengan alam memang menjadi aktifitas yang begitu sangat menyenangkan. Disana akan ada banyak pepohonan hijau bekasĀ  dari galian tambang yang berubah menjadi memutih. Danau juga akan ada genangan air dari bak kuali dengan warna biru. Pemandangan yang sangat asri ini dapat menemani santai Anda selama berada di danau.

Persiapan untuk Wisatawan

Sebelum berangkat ke obyek wisata para wisatawan diharapkan harus memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal berikut:

Persiapan fisik

Persiapan pertama yang harus dipersiapkan yaitu fisik Anda. Mengingat bahwa jalan menuju ke danau Biru Sawahlunto membutuhkan tenaga. Oleh karena itu Anda harus memiliki fisik yang baik dan kuat.

Membawa ransel

Untuk lebih mempermudahkan perjalanan Anda, ada baikya jika Anda membawa tas ransel. Dengan membawa tas ransel, barang bawaan Anda dapat dimasukan kedalam tas semua. Hal ini Anda tidak akan diribetkan dengan banyaknya barang bawaan yang Anda bawa.

Sepatu

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengenakan sepatu atau sandal gunung agar perjalanan Anda tetap nyaman dan aman.

Baca Juga, Air Terjun 3 Tingkat Siap Menguji Adrenalin Para Wisatawannya

Bagi para pengunjung yang berada di lokasi danau Biru Sawahlunto, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Apabila tidak menemukan tempat sampah di sana, Anda bisa membawa kantong plastik sebagai tempat sampah. Hal ini bertujuan agar tidak ada sampah yang berserakan di sana.

Rate this post