Ada yang unik ketika Anda berkunjung ke pantai Purus Padang, disana Anda akan menemukan sebuah bentukan danau buatan yang terletak di pesisir pantai kota Purus.  Konon katanya, danau Cimpago ini menjadi tempat alternatif wisata selain pantai Padang bagi masyarakat sekitar dan wisatawan lokal.

Danau seluas dua hektar ini pada awalnya dibuat sebagai drainase untuk mengendalikan banjir di kota Padang, yang kemudian juga sambil berfungsi sebagai tempat eko wisata masyarakat sekitar.

Sekilas Tentang Danau Cimpago Padang

wisata danau padang

Pemerintah kota Padang awalnya membuat echo drain atau drainase di kawasan Purus ini untuk pembenahan kawasan kumuh di perkotaan. Echo drain ini terbentuk dari hulu danau sampai muara untuk mengalirkan air hujan melalui saluran drainase agar mencegah genangan air, banjir, hingga pencemaran air.

Baca juga, Jembatan Kelok Sembilan, Ikon Wisata Padang Yang Megah

Echo drain yang kini dikenal dengan nama Danau Cimpago ini juga beralih fungsi sebagai tempat wisata masyarakat sekitar yang ingin menikmati ketenangan air danau selain pantai.

Pemerintah kota Padang sebenarnya hingga kini terus melakukan pembenahan pada kawasan ini untuk terus bisa dijadikan tempat wisata bagi masyarakat sekitar dan kedepannya diharapkan dapat menarik pengunjung luar daerah.

Fasilitas Danau Cimpago Padang

Khususnya pada akhir pekan, tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sekitarnya.

Disini, selain wisatawan bisa menikmati pemandangan Danau Cimpago, Anda juga bisa mencoba wahana rekreasi air yang seru.

Ada sepeda air berbentuk bebek yang patut dijajal pasangan muda – mudi, ataupun perahu yang berkapasitas cukup banyak bagi Anda dan sekeluarga.

Anda bisa berkeliling danau dengan wahana air tersebut selama setengah jam atau lebih sesuai keinginan Anda. Tentunya dengan membayar biaya sewa pada penyewa jasa wahana air tersebut.

Spot yang berlatar pantai Padang juga bisa menjadi pilihan Anda untuk berfoto. Dan ada juga spot jembatan di pinggir danau yang bisa dijadikan spot foto yang instagrammable.

Selain itu, di pinggir danau, ada sejumlah kedai makanan dan cafe kecil yang menyediakan tempat duduk di sisi danau. Anda bisa menikmati kawasan danau dengan duduk – duduk santai sambil menikmati kuliner khas Padang.

Bagi anak – anak, ada fasilitas sewa mobil – mobilan yang bisa digunakan untuk berputar – putar mengitari kawasan dengan menggunakan remot kontrol. Biasanya wisata ini laris disewa oleh anak – anak da keluarga terutama pada akhir pekan.

Bagi Anda yang ingin memboyong seluruh keluarga Anda, Anda bisa menggunakan akses kendaraan umum atau pribadi untuk bisa sampai ke kawasan pantai Padang ini. Atau Anda juga bisa rental mobil yang lebih praktis dan lebih murah untuk membawa seluruh keluarga Anda.

Lokasi dan Jam Buka

Danau Cimpago Padang ini terletak di  Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Purus, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat atau sebelah utara pantai Padang. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika datang rombongan maka Anda bisa menggunakan sewa bus pariwisata supaya lebih praktis.

Sedangkan jam buka untuk bisa datang kesini adalah pada hari minggu sampai kamis pada jam 09.30 sampai 17.30. Dan kawasan ini ditutup pada hari jumat.

Sementara itu, para pengunjung atau wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Pengunjung bebas masuk kesini,  namun untuk dapat menyewa perahu dan sebagainya, Anda harus membayar sejumlah tarif tertentu pada penyedia jasa rekreasi air tersebut.

Jika Anda berniat mengunjungi pantai Padang, jangan lupa mampir ke tempat wisata yang satu ini bersama keluarga. Boyong keluarga Anda dan anak – anak Anda ke objek wisata danau ini. Di kawasan ini juga disediakan tempat parkit yang luas, bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil Alphard bisa parkir dengan nyaman di kawasan ini.

Apa yang Harus Dibenahi dari danau Cimpago?

liburan di danau cimpago

Selain rekreasi wahana dan fasilitasnya yang cukup menghibur masyarakat, tatanan danau Cimpago juga terus dilakukan pembenahan untuk menjadi sebuah objek wisata yang ideal.

Contohnya kebersihan yang masih menjadi kendala danau Cimpago tersebut. Kondisinya memang kadang masih terdapat banyak sampah di tengah danau maupun di area sekitar danau itu sendiri. Hal ini tentunya menjadi perhatian pengunjung untuk lebih memperhatikan kebersihan area wisata saat berkunjung kesini.

Baca juga, Rumah Peristirahatan Balai Campago, Fasilitasnya Siap Memanjakan Anda

Selain itu, pemerintah juga diharapkan terus melakukan pengelolaan dan perencanaan kawasan wisata yang lebih baik kedepannya. Supaya danau Cimpago kedepannya bisa menjadi potensi wisata yang menjanjikan di Sumatera Barat.

Rate this post