Bujang Sembilan Danau Maninjau – Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang ada di Sumatra Barat. Danau yang menawarkan keluasan mencapai 100 km persegi ini memiliki ketinggian mencapai 460 meter di atas permukaan laut. Keluasan yang dimiliki oleh danau inilah yang menjadikan danau vulkanik ini menduduki nomor 11 sebagai danau terluas di Indonesia. Danau ini memiliki sejarah yang hampir sama dengan Danau Toba yang mana danau ini terbentuk karena adanya erupsi vulkanik gunung Sitinjau pada 52.000 tahun yang lalu.

Legenda asal muasal danau ini disebut sebagai Bujang Sembilan yang mana legenda tersebut menceritakan kisah dari ke 10 bersaudara, yaitu 9 orang bujang dan 1 orang gadis. Pada jaman dahulu sang gadis menjalin asmara dengan pemuda tampan bernama Sigiran. Akan tetapi hubungan dua sejoli tersebut memunculkan fitnah dari 9 bujang tersebut. Fitnah yang muncul yaitu ke 9 bujang menuduh bahwa hubungan ke dua remaja sudah melampaui batas dari norma masyarakat. Untuk membuktikan ketidakbenaran tersebut, kedua pasangan tersebut memutuskan untuk melompat ke Gunung Sitinjau dan mengatakan jika mereka tidak bersalah, maka Gunung akan meletus. Dan meletuslah gunung tersebut, karena memang kedua pasangan tersebut tidak bersalah.

Spot Ideal Danau Maninjau

Danu Maninjau

Selain mengetahui sejarah dari danau yang masuk sebagai danau terluas di Indonesia, maka tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui spot ideal dari danau itu sendiri. Perlu untuk diketahui para pecinta fotografi, bahwa ketika Anda mengunjungi tempat wisata ini, tidak akan pernah lengkap rasanya jika Anda tidak membawa kamera untuk mengabadikan keindahan dari danau yang membentang luas ini. Bagian yang menjadi spot terbaik yaitu dibagian kelok 44 yang ada di tengah kawasan dari kelok 23 sampai pada kelok 30. Pada lokasi inilah yang akan membuktikan keindahan dari danau ini melalui bentangan danau yang tidak luput dari hamparan sawah hijau. Sehingga siapa pun yang melihatnya dapat merasakan ketenangan.

Baca juga, Air Terjun 3 Tingkat Siap Menguji Adrenalin Para Wisatawannya

Harga Tiket Masuk Danau Maninjau

Pada saat Anda datang di tempat wisata danau Maninjau pada hari biasa, yaitu senin-kamis, maka Anda cukup mengeluarkan Rp 3.000/orang untuk biaya tiket masuk. Akan tetapi jika Anda datang di hari jumat-minggu, maka Anda harus mengeluarkan uang Rp 5.000/orang.

Rute dan Lokasi Danau Maninjau

Danau yang memiliki air bersih dan jernih ini terletak di Jln. Bukittinggi, kabupaten Agam, Kecamatan Tanjung Raya provinsi Sumatra Barat. Dari Bukittinggi, danau ini tidak berada di lokasi yang jauh, hanya kisaran 36 Km saja.

Untuk menuju tempat wisata yang memiliki kedamalan kisaran 150 meter ini, Anda akan diberikan 2 pilihan. Pilihan yang pertama, Anda dapat berangkat dari kota Padang dan membutuhkan waktu 2 jam. Pilihan yang kedua, Anda dapat berangkat dari Bukittinggi yang akan memakan waktu kurang lebihnya 1 jam.

Dikedua akses jalan yang dapat Anda pilih tersebut menawarkn keindahan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan tidak akan membuat Anda merasa bosan selama berada di perjalanan. Pemandangan yang dapat Anda nikmati yaitu berupa hamparan sawah dan kelok 44. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, layanan sewa mobil New Innova bisa menjadi pilihan.

Aktifitas yang dapat Anda Lakukan

Danu Maninjau

Menenangkan Pikiran

Bagi para penulis novel yang ingin memunculkan inspirasi, tempat ini tepat untuk Anda pilih. Masih sedikit wisatawan yang mengetahjui obyek wisata ini, sehingga menjadikan tempat ini tidak begitu ramai oleh pengunjung.

Merefres Pikiran

Bagi para wisawatan yang sedang memiliki banyak masalah atau beban pikiran, tidak perlu bingung mencari tempat yang dapat digunakan untuk merefresh otak, karena dengan melihat suasana danau Maninjau, Anda bisa merasakan ketenangan dan kedamaian yang tidak akan Anda jumpai di tempat wisata lainnya.

Bersantai

Lingkungan yang ada disekitar memiliki penghijauan yang masih alami, sehingga memberikan kesejukan bagi para pengunjung. Airnya yang bersih memberikan bukti nyata bahwa danau ini belum terkontaminasi bahan kimia. Anda bisa bersantai di sekitaran danau sambil menghirup udara yang sangat segar.

Outbound

Tempatnya yang begitu sangat luas, sangat cocok digunakan oleh melakukan kegiatan menyenangkan seperti outbound. Dengan mengajak keluarga atau sahabat tercinta mampu memberikan kesan yang begitu sangat menyenangkan dan memberikan moment yang tidak akan terlupakan.

Naik Paralayang

Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, sudah saatnya mencoba keseruan dengan naik paralayang yang bisa menikmati setiap pemandangan danau di atas udara.

Fasilitas yang ditawarkan Danau Malinjau

Penginapan

Ada banyak penginapan yang akan Anda jumpai di kawasan danau, dengan harga yang bervariasi dan dengan keindahan panorama yang dapat Anda lihat di balik jendela kamar.

Restoran

Banyak restoran yang menyajikan menu-menu makanan dan minuman yang sangat beragam untuk dapat dipilih oleh wisatawannya. Anda bisa menemukan makanan khas Sumatra Barat di hampir restoran yang ada di sekitar danau.

View yang Bagus

Danu Maninjau

Karena view yang ditawarkan oleh danau di Sumatra Barat ini sangat bagus, Anda bisa menggunakanya sebagai tempat untuk melakukan preweding, atau hanya sekedar menyalurkan hobi Anda dalam dunia fotografer.

Baca juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Berlibur tidak harus mengeluarkan banyak uang di kantong, karena masih ada banyak tempat wisata yang menawarkan banyak keindahan dengan harga yang sangatlah murah. Salah satunya seperti tempat wisata di Sumatra Barat yang dapat Anda pilih satu persatu.

Sumatra Barat sudah terkenal sebagai tempat wisata yang tidak hanya menawarkan keindahanya saja, akan tetapi kesejukan dan harganya yang begitu sangat bersahabat mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Anda bisa datang ke lokasi wisata ini secara beramai-ramai bersama keluarga dan sanak family. Untuk transportasi tidak perlu khawatir, banyak layanan sewa bus yang bisa Anda pilih di Sumatera Barat.

Rate this post