Danau yang masuk dalam kategori sebagai danau terluas kedua di Sumatera adalah danau Singkarak. Melalui keindahan dengan landcape air yang begitu sangat luas inilah yang memberikna daya tarik tersendiri. Para pengunjung akan merasa tentram ketika melihat perbukitan hijau yang ada di tepi danau. Melalui kejernihan air danau inilah yang digunakan untuk sumber tenaga PLTA. PLTA ini berada di pinggir bendungan atau pinggir danau. Melalui terowongan panjang yang menembus bukit barisan, air danau akan dialirkan hingga ke lokasi PLTA.

Danau yang memiliki luas mencapai 11.200 hektar ini masuk sebagai danau jenis tetonik. Artinya, bahwa danau ini terbentuk karena adanya aktivitas lempeng bumi. Lebih tepatnya lagi, danau ini berada pada cekungan Singkarak Solok. Panjang danau ini mencapai hingga 20 KM dengan kedalaman 269 meter dan lebar 6.5. Dengan demikian, danau ke dua yang paling luas di Sumatra ini terlihat lebih memanjang. Ada banyak informasi yang dapat Anda ketahui di sini. Seperti Lokasi, harga, rute, alternatif jalur, aktifitas yang dapat dilakukan dan kuliner khas di danau.

Panorama Danau Singkarak disiang Hari

Kedamaian-di-Danau-Singkarak-New

Banyak sekali para turis domestik yang berbondong-bondong datang ke danau terluas di Sumatra ini. tujuannya tidak lain tidak bukan adalah ingin menikmati dan merasakan suasana di danau. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke danau adalah siang hari. Hawa dingin yang ada di danau tidak perlu membuat Anda khawatir akan sengatan matahari. Meskipun matahari terlihat terik, namun Anda akan merasakan hawa sejuk ketika berada di obyek wisata.

Baca juga, Museum Adityawarman, Kenali Keunikan Masyarakat Minangkabau Disini

Bentang air yang begitu sangat luas dan barisan perbukitan hijau yang ada di pinggir danau memberikan kenyamanan. Hal ini menjadikan para pengunjung enggan meninggalkan danau. Para wisatawan dapat berkeliling ke danau melalui pinggir danau. Disanalah Anda akan merasakan betapa indahnya danau di Sumatra ini.

Rute dan Lokasi Danau Singkarak

Danau ini berada di Tanah Datar, Sumatra Barat. Danau ini berada di Tanah Datar, Sumatra Barat. Jalan untuk menuju lokasi sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Sedangkan danau Singkarak masuk pada wilayah di kedua kabupaten, yaitu kabupaten Tanah Datar dan Solok.

Apabila Anda berkunjung ke danau dari kota Padang, maka Anda akan membutuhkan jarak 70 KM. Anda bisa menggunakan rute ini jika Anda ingin pergi ke bukittinggi terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan rute Solok dengan menghabiskan perjalanan selama 2 jam. Apabila Anda berangkat dari Padang Panjang, Anda harus menghabiskan perjalanan hingga 3 jam. Anda bisa mengambil rute Padang Panjang jika Anda ingin ke Bukittinggi dahulu sebelum ke danau.

Harga Tiket Danau Singkarak

Pengunjung akan dibebankan tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang. Harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan alam sepuasnya.

Alternatif Menuju Lokasi

Anda bisa menggunakan jalan alternatif ketika Anda ingin menuju lokasi, diantaranya yaitu:

Mini bus

Jika dari Kota Padang menggunakan mini bus, Anda bisa naik dari pool mobil. Setelah itu Anda bisa naik minibus untuk menuju kota Solok. Kemudian untuk menuju Tikakak dan Singkarak Tembok, Anda bisa naik angkot. Agar lebih leluasa Anda sebaiknya menggunakan layanan sewa Elf Long.

Sewa Mobil atau Menggunakan Travel

Untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang tidak ingin menggunakan angkutan. Maka Anda dapat dapat menggunakan alternatif dengan sewa mobil Innova Reborn atau menggunakan travel. Selain lebih leluasa, maka Anda pun juga akan merasa lebih santai ketika menuju ke wisata.

Cukup-Keren-Danau-Singkarak-New

Aktifitas Pengunjung Ketika Berada Ke Danau Singkarak

Ada banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan di danau Singkarak, diantaranya:

Berenang

Airnya yang jernih dan bersih mengundang para wisatawan untuk berenang. Ada baiknya jika Anda membawa pakaian ganti ketika Anda akan berkunjung ke danau. Anda dapat berenang sambil menikmati dasar danau yang berwarna hijau.

Memancing

Untuk Anda yang memiliki hobi memancing sepertinya Anda berada di tempat yang tepat. Anda bisa membawa alat pancing Anda dari rumah. Hal ini dikarenakan obyek wisata ini belum menyediakan persewaan alat pancing. Meskipun sedikit ribet harus membawa alat pancing dari rumah. Namun hal ini akan terbalaskan dengan hasil pancingan yang Anda dapatkan, karena banyak ikan di danau.

Kuliner

Para wisatawan memang selalu identik dengan kuliner. Tidak akan lengkap rasanya jika tidak berkuliner di tempat wisata. Anda bisa menikmati menu makanan khas Sumatra atau bisa mencicipi menu yang lainnya. Anda bisa menikmati kuliner sambil memandang penghijauan yang ada disekitar danau. Tempat ini paling cocok Anda datangi bersama keluarga yang ingin merekatkan tali silahturahmi.

Obyek wisata danau Singkarak tidak akan terlepas dari yang namanya ikan. Ada banyak ikan yang dapat Anda jumpai di danau. Akan tetapi kuliner khas danau yang paling terkenal adalah ikan bilih. Sedangkan ikan bilih menjadi khas endemik dari danau itu sendiri. Ikan ini cukup unik, karena tidak dapat dibudidayakan ditempat lain selain di danau ini.

Bersampan

Aktifitas yang tidak kalah serunya dengan ke 3 aktifitas yang ada di atas yaitu dengan bersampan. Anda dan keluarga bisa mengelilingi danau menggunakan sampan. Untuk lebih menikmati suasana di danau, maka Anda harus mengelilingi danau dengan bersampan.

Baca juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Sumatra menjadi provinsi yang memiliki banyak obyek wisata, baik itu yang sudah terkenal maupun masih tersembunyi. Keindahan alam yang masih alami menampilkan kesan yang sejuk dan nyaman bagi para wisatawannya. Salah satu danau yang wajib untuk dijaga kelestariannya yaitu danau Singkarak.

Rate this post