Bagi para traveler yang hobi jalan-jalan ke seluruh Indonesia, Sumatera Barat memang punya banyak keistimewaan. Selain karena letak geografis serta kondisi alam di sekitarnya, kebudayaan masyarakat sekitar tempat wisata danau di Sumatera Barat memang menakjubkan. Itulah yang menjadi daya tarik khusus dari objek wisata perairan di daerah daratan ini.

Meskipun Sumatera Barat adalah salah satu provinsi dengan jumlah danau yang banyak, tetapi ada beberapa danau yang menjadi primadona para wisatawan. Berikut 5 Danau yang menjadi rekreasi favorit disana.

Danau Talang

Danau Talang Solok

Sebuah danau indah yang tersembunyi di Kabupaten Solok. Di Danau Talang Anda akan menemukan bebatuan sisa letusan gunung talang. Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan disini, yaitu memancing. Konon, menurut penduduk sekitar ikan di danau ini sangat besar-besar.

Alamat: Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Setelah dari Danau Talang, saatnya bergeser ke danau lainnya di Sumatera Barat. Ada danau Singkarak yang sudah sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Danau Singkarak

Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau Singkarak memiliki tiket masuk Rp 10.000 dengan jam buka 24 jam.  Namun, sangat disarankan bagi pengunjung untuk datang pada weekends karena ada Kereta api Wisata Danau Singkarak yang beroperasi pada Sabtu dan Minggu atau sesuai pesanan. Jadi Anda bisa menjelajahi setiap sudut keindahan danau ini dengan naik kereta wisata.

Alamat: X Koto Singkarak, Solok.

Jika sudah melihat dan memahami mengapa keanekaragaman di Danau Singkarak Sumatera Barat tergolong sebagai keanekaragaman ekosistem, maka jangan berhenti di sana. Karena masih ada Danau Biru Sawahlunto yang siap menjadi lokasi relaksasi penghilang penat yang sangat efektif.

Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru Sawahlunto

Meski jumlah danau di Sumatera Barat ada banyak, tetapi Danau Biru Sawahlunto merupakan salah satu yang paling sejuk, tentram dan nyaman untuk relaksasi. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yakni Rp10.000. Bukan hanya itu, para wisatawan bisa berkunjung di jam operasional yang cukup lama yaitu mulai pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore.

Alamat: Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat.

Setelah berkunjung ke Danau Biru, Anda juga bisa mampir ke danau indah lainnya. Ada Danau kembar yang mempesona di Kabupaten Solok yang sayang untuk dilewatkan.

Danau Kembar

Danau Kembar Sumatera Barat

Danau kembar merupakan wisata alam yang memiliki keindahan memukau di Sumbar. Danau ini terdiri atas dua tempat yaitu danau di ateh dan danau di bawah. Terletak di ketinggian membuat danau ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Jaraknya 60 Km dari Kota Padang.

Alamat: daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang, Kabupaten Solok

Jangan berhenti dulu, masih ada satu lagi danau yang sangat terkenal di Sumbar. Danau apakah itu? Namanya Danau Maninjau. Yuk cek selengkapnya di bawah ini.

Danau Maninjau

Danau Maninjau Sumatera Barat

Objek wisata danau di Sumatera Barat yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri karena berada dekat dengan perkampungan penduduk. Traveler akan dapat melihat indahnya alam yang dirawat secara baik oleh warga sekitar, hanya dengan mengeluarkan biaya Rp3.000. Untuk jam operasional objek wisata yang punya banyak spot kuliner ini adalah 24 jam non stop.

Alamat: Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Danau Maninjuau bisa dikatakan sebagai salah satu danau terluas di Sumatera Barat. Namun luasnya masih lebih kecil daripada Danau Toba. Diantara kedua danau indah itu, masing-masing memiliki keunikan yang tidak tergantikan.

Kesimpulannya, danau di Sumatera Barat memang sangat bervariasi serta memiliki keistimewaan masing-masing. Ada danau buatan dan danau alami yang terdapat di provinsi ini. Bukan hanya itu, keanekaragaman hayatinya pun bisa diakses dengan mudah dan harganya pun sangat terjangkau.

Baca juga: Bukik Cinangkiak, Wisata Baru yang Instagrammable di Danau Singkarak

Itulah sedikit ulasan tentang 5 danau di Sumatera Barat yang paling recommended. Bagi para traveler, usahakan untuk memastikan adanya pemandu wisata jika baru pertama kali mengunjungi provinsi ini. Dengan demikian, akses untuk transportasi dan akomodasinya akan jauh lebih mudah.