Saat ini pemerintah sedang menggalakkan dunia pariwisata dengan membangun beberapa pesona wisata hampir di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pesona yang tidak luput adalah Desa wisata yang terus dikembangkan sedemikian rupa.

Beberap tempat sudah kita lihat seperti di Yogyakarta dan beberapa wilayah di jawa lainnya. Tidak ketinggalan pula di Sumatera Barat atau lebih tepatnya berada di Padang Panjang yang sedang mengembangkan Desa Wisata Kubu Gadang.

Sekilas mengenai Pasar Digital Desa Wisata Kubu Gadang

desa kubu gadang sumatera barat

Pernah mendengar pasar digital bukan? Di Yogyakarta sudah banyak beberapa kawasan terutama di Gunung Kidul yang dijadikan sebagai Pasar Digital. Kubu Gadang menjadi kota yang kesekian yang dikembangkan oleh kemenpar melalui Genpi atau Gerakan Pariwisata Indonesia.

Baca juga, Air Terjun Lubuak Rantiang, Surga Tersembunyi Ditanah Sumbar

Pasar Digital sendiri adalah sebuah pasar yang mempunyai konsep berbeda dari pasar biasanya. Dimana, alat pembayarannya menggunakan koin yang terbuat dari kayu. Kita yang ingin membeli sesuatu di pasar ini wajib menukarkannya di loket. Angka  1 dikayu sama dengan 1 ribu rupiah.

Tidak hanya sampai disitu saja, saat anda mengunjungi pasar ini, kita akan disuguhkan setidaknya 15 spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang.

Cara Menuju ke Objek Wisata Kubu Gadang

Desa Wisata Kubu Gadang terletak di Jalan haji Miskin, Ekor Lubuk, Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27112. Dari Bandara Internasional Minangkabau akan menempuh jarak 61 km dan menempuh waktu 1jam 30 menit.

Setelah keluardari Bandara arahkan kendaraan menuju ke jalan Raya Padang- Bukittinggi  sejauh 53 km. kemudian, arahkan kendaraan menuju ke jalan raya solok – padang. Selanjutnya, masuk ke jalan haji miskin ekor lubuk. Hingga anda menemukan objek wisata ini.

Karena belum ramahnya transportasi umum menuju ke Desa Wisata Kubu Gadang. Maka, anda diwajibkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Tidak usah bingung karena, di daerah sini sudah  banyak biro jasa yang menawarkan berbegai fasilitas sewa mobil Fortuner. Dengan kondisi mobil yang bersih, aman, dan nyaman. Harganya pun terjangkau sehingga, hemat di ongkos.

Kuliner Langka Dan Atraksi Menarik

pariwisata desa kubu gadang

Di pasar digital ini kita akan menemui beberapa kuliner langka yang susah dicari dimana pun. Salah satunya adalah Nasi Ka Baka. Dimana, nasi ini akan dibungkus dengan daun Pisang. Beserta lauknya. Menariknya lagi, nasi ini tidak diberi santan, seperti halnya makanan khas minang lainnya.

Paling unik lagi dari makanan ini adalah hadirnya sambal sebagai pelengkap. Rasanya pun benar-benar nikmat dan menggoda. Anda wajib coba bila berada di Pasar Digital ini. Selain itu, kita juga bisa menikmati kacilmuih, sarang pijangek, bakwan lanyah, pinukuik, dendeng pisang, kacang tojin dan masih banyak lagi kuliner langka yang bisa dinikmati.

Untuk melestarikan budaya minang, kita juga akan disuguhkan dengan permainan anak nagari silek lanyah dan juga pacu upiah yang menjadi unggulan disini. Jangan sampai anda lewatkan pertunjukkan ini ya.

Tradisi Adat

Ada hal yang unik lagi yang bisa kita nikmati disini yaitu tradisi makan bersama bernama makan baradaik. Menariknya adalah kita akan makan ditengah sawah.besama-sama. Dengan menu yang disuguhkan adalah nasi Baka.

Kebersamaan inilah yang membuat tradisi ini akan selalu disuguhkan kepada anda. Apalagi, pada saat acar-acar penting Seperti penetapan desa wisata Kubu Gadang sebagai pasar digital.

Tarif Dan Fasilitas Home Stay

Demi menambah kenyamanan saat berada di Desa wisata Kubu Gadang, pemerintah pun sudah membangun kurang lebih 17 homestay. Harganya pun cukup murah hanya 300 hingga 500 ribu rupiah.

Menariknya lagi, homestay yang digunakan adalah rumah warga. Sehingga, kita bisa menjadikan para penduduk sebagai saudara. Karena, keramahannya memang perlu diacungi jempol. Rasanya bukan berada di tempat orang lain melainkan, berada di tempat saudara sendiri.

Desa Wisata Kubu Gadang adalah salah cara pemerintah untuk memajukan sebuah desa. Dimana, pariwisata menjadi alternatif untuk meningkatkan hidup para warganya. Selain itu, menghidupkan kembali makanan dan tradisi yang sempat luntur. Karena, dari makanan dan tradisi itulah pariwisata menjadi menarik untuk dikunjungi

Baca juga, Bukit Tigo Tungku, Panorama Alam Solok yang Mengagumkan

Ayo ramaikan objek wisata ini dengan membawa banyak rombongan. Tidak perlu takut soal armada. Karena, disini sudah banyak biro jasa yang menyediakan sewa elf atau juga big bus. Harga terjangkau dan sopir yang ramah, bersahaja.

Rate this post