Es durian ganti nan lamo termasuk sajian kuliner terkenal di Padang, Sumatera Barat. Memang kalau berbicara tentang kuliner di Padang, takkan ada habisnya. Entah itu makanan maupun minuman. Bukan hanya banyak macamnya, tapi kekayaan rasa kulinernya itulah yang mampu membuat semua orang ketagihan.

Jika ingin minuman yang lezat, maka datanglah ke kedai es durian ini. Restoran tersebut menyajikan es durian terkenal di Padang dengan pemilihan durian yang benar-benar legit. Sehingga, tak heran bila tak cukup membeli 1 porsi saja. Anda mungkin akan ingin mencoba beberapa varian rasanya. Maka dari itu kedai es ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan luar daerah dengan menggunakan kendaraan sewa mobil Fortuner.

Kedai Es Durian Ganti Nan Lamo

Kuliner Es Durian Padang

Sebelum membahas bagaimana es duriannya, topping ataupun varian rasanya, kita bahas dulu tentang penjualnya. Mungkin anda sudah menemukan es durian ganti nan lamo Jakarta, tapi ketika datang ke Padang wajib mencicipi es durian ini. Sajian dari kedai ini sangat istimewa berbeda dari yang lain.

Sejarah Es Durian Ganti Nan Lamo

Berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto ini didirikan oleh Andre yang merupakan generasi ketiga. Setiap harinya restoran ini tidak pernah sepi, selalu ramai dengan pengunjung baik warga sekitar maupun wisatawan. Resep dan kedai ini tak lepas dari Incek Sinyo yakni pemilik pertama kedai es durian ganti nan lamo.

Baca juga, Sate Itjap, Sate Unik Khas Padang

Dari Incek Sinyo inilah resep es durian lezat hingga diteruskan sampai 3 generasi. Resep itu dijaga serta dilestarikan sebagai warisan keluarga, sehingga hanya keluarga yang bisa menyajikan es durian terenak di Padang. Kedai es durian terkenal di Padang sudah mempunyai 2 cabang. Anda bisa mengunjungi kedua cabangnya bersama keluarga dengan menggunakan sewa mobil Alphard di sekitaran Padang.

Meskipun masih mempertahankan resep warisan keluarga, tapi Andre tetap memberikan sentuhan berbeda demi kemajuan kedainya. Sekarang, es durian sudah mempunyai banyak varian rasa, tapi rasa aslinya masih terjaga. Kelezatan durian masih membuat ketagihan.

Disamping mempertahankan resep turun-temurun, kualitas buah durian juga menjadi kunci utama kenikmatan dan kemajuan kedai durian ini.

Pemilihan Durian untuk Es Durian Ganti Nan Lamo

Adapun buah durian yang dipilih adalah yang sudah cukup umur, sehingga rasanya legit. Buahnya itu berasal dari tanah Sumatera sendiri, tepatnya di daerah pesisir selatan seperti Jambi, Medan dan Bengkulu. Pemilihan durian itu termasuk wasiat keluarga yang pantang dilanggar.

Untuk mengetahui tingkat rasanya, bahkan pemilik pernah mendatangkan durian dari luar Sumatera. Ternyata, rasanya jauh berbeda, justru mendapatkan komplain dari banyak pembeli saat itu. Saat ini kedai es durian ganti nan lamo Padang, Sumatera Barat menghabiskan 6–10 kantong durian dengan berat masing-masing 10 kg.

Menu dan Varian Rasa Es Durian

Jika hanya ingin merasakan durian legit saja, pilihlah es durian tok atau es durian saja atau rasanya original. Durian ini disajikan dalam gelas setelah lingkaran yang diberi beberapa es batu. Durian dihaluskan dengan blender, ditambah sedikit gula dan dibubuhi susu coklat sebagai pemanis tampilan serta memperkaya rasa.

Aroma durian nan legit, ditambah rasa manis susu dengan tekstur lembut dan licin, mampu membuat lidah bergetar. Setiap lumatan seakan-akan melekat pada dinding mulut, ingin rasanya memakannya lagi dan lagi. Dijamin sejak pertama kali makan es durian terkenal di Padang, anda akan ketagihan.

Selain original, ada pula es krim durian tiga rasa. Dinamakan seperti itu karena es durian ini terdiri dari 3 rasa es krim durian yang berbeda serta ditaburi meises sebagai toping. Adapun rasanya yaitu coklat, stroberi dan vanila. Pokoknya, anda mesti mencoba semua varian menu disana.

Harga Varian Es Durian

Varian Menu Es Durian

Biasanya menu sudah memiliki gambar es durian dengan masing-masing rasa. Selain itu, juga tertera harga es durian berdasarkan varian rasanya itu. Harga cukup terjangkau mulai dari Rp 20 ribuan. Tidak sampai Rp 50 ribu, anda sudah bisa merasakan durian terlezat.

Sebagai menu pelengkap, tersedia es campur, jus buah, es tebak hingga makanan seperti nasi sup daging sapi, pempek palembang, sate padang dan gado-gado. Makanan-makanannya pun tak kalah enak. Pilih mana yang sesuai lidah anda dan nikmatilah selama masih di Padang.

Baca juga, Ampiang Dadiah Warung Lestari H. Minah (Bukittinggi)

Mungkin sudah banyak kedai es durian yang anda temui, tapi di kedai es durian ganti nan lamo mempunyai sesuatu yang berbeda. Mulai dari pemilihan duriannya, varian rasanya hingga resep yang terjaga secara turun-temurun. Tak hanya itu, harga yang terjangkau, tentu membuat semua orang tertarik.