Tempat WisataGeopark Ranah Minang Silokek
AlamatMuaro Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat 27563
Jam BukaSenin – Minggu buka dari pukul 07.00 – 18.00
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Satu lagi destinasi wisata baru di Sumatera Barat yang menjadi magnet turis dunia. Geopark Ranah Minang Silokek yang berlokasi di bagian timur Sumatera Barat ini persis di kecamatan Sijunjung yang merupakan kampung kecil di dalam lembah yang dikelilingi oleh bukit bebatuan yang usianya lebih dari 300 tahun.

Lokasi dan Cara Menuju Ke GRM Silokek

lokasi wisata silokek

Lokasi Silokek berjarak sekitar 16 kilometer dari ibu kota Sijunjung, Muaro Sijunjung. Tempatnya persis berada di Jorong Tanjung Medan, Nagari Silokek. Salah satu destinasi wisata unggulan Sijunjung. Kawasan geopark ini tergolong luas, bahkan terluas di Indonesia karena luasnya sendiri mencapai 1300 km² lebih.

Untuk mencapai lokasi tidak terlalu sulit, Anda bisa berkendara dari pusat ibu kota Sijunjung sekitar 15 menit saja. Saat berada di perjalanan, Anda pun akan disuguhkan oleh jalanan yang berliku dan pemandangan pedesaan, kebun, pepohonan, dan aktivitas warga. Meski begitu, akses jalan untuk kendaraan lumayan bagus dan sudah diaspal mulus.

Bagi Anda yang datang dari luar kota, bisa sewa kereta di Padang untuk menemani perjalanan Anda menuju lokasi. Perjalanan yang berliku akan terbayar tuntas saat Anda tiba di lokasi. Tebing-tebing bebatuan menjulang tinggi dengan beberapa yang berlubang ditambah dengan hijaunya pepohonan di kiri dan kanannya menjadi pemandangan hebat yang menyita mata. Adanya pepohonan yang tumbuh subur menghijau ini pun menambah suasana asri dan sejuk.

Baca Juga : Ngalau Talago Silokek, Wisata Gua Paling Indah di Sijunjung

Kelebihan Geopark Ranah Minang Silokek

destinasi wisata unggulan sijunjung

Ada dua kelebihan dari GRM Silokek yang banyak dicari oleh wisatawan, yaitu:

1. Perpaduan Alam dan Wisata Asri

Menurut kabar yang beredar, Geopark Nasional ini akan dibrevet oleh UNESCO sebagai Geopark Internasional yang memiliki perpaduan wisata yang banyak diincar wisatawan asing saat mengunjunginya.

Destinasi wisata baru Sumbar ini mengintegrasikan sifat kebumian (arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di sekitarnya). Geopark Ranah Minang atau biasa disingkat dengan GRM ini diibaratkan sebagai mutiara yang terpendam, di mana ia harus digali dan dikembangkan agar makin berkilau pesonanya.

Kawasan Silokek memang sudah terkenal akan keindahan alamnya yang eksotik. Bukan hanya itu, Silokek pun merupakan warisan geologi dan budaya yang memiliki keragaman flora dan fauna. Salah satu pemandangan yang menarik di sini adalah aneka batu yang terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit.

2. Wisata Arung Jeram yang Menantang

Di area Geopark Ranah Minang Silokek ini juga terdapat sungai Batang Kuantan yang aliran airnya lumayan deras sehingga cocok untuk digunakan olahraga air ekstrem arung jeram. Bahkan, beberapa waktu yang lalu di sungai ini digelar event arung jeram kelas dunia. Rafting ini bisa Anda lakukan bersama komunitas lokal yang ada di sana. Semuanya bisa Anda nikmati dengan harga yang murah meriah.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan GRMS masih gratis alias belum dikenakan tarif.

Fasilitas yang Ada

Fasilitas yang disediakan cukup menunjang, sudah disediakan tempat untuk swafoto, mushola, dan juga toilet. Ada area parkir tersendiri juga sebelum memasuki areal Silokek lebih dalam. Beberapa gazebo untuk berteduh kala jalan-jalan.

Geopark yang Menawan dan Menarik untuk Dikunjungi

Kehadiran Geopark ini pun melengkapi Geopark lainnya, yaitu Geopark Ngarai Sianok dan Geopark Sawahlunto. Tentunya, keberadaan mereka bertiga akan menjadi destinasi wisata Sumatera Barat yang menarik dan laris dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Masyarakat sekitar Silokek pun memiliki peran untuk melindungi serta meningkatkan fungsinya karena adanya unsur geologi di Silokek. Saat ini, Indonesia tercatat memiliki dua Geopark dengan status UNESCO Global Geopark. Geopark tersebut yaitu Geopark Batur yang ada di Bali dan Geopark Gunung Sewu yang ada di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Sedangkan di Sumatera Barat ada tiga, yakni GRM Silokek, Ngarai Sianok-Maninjau. Sedangkan Geopark Sawahlunto juga baru saja mendapatkan status sebagai Geopark dunia. Nah, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan Anda dengan berkunjung ke Geopark Ranah Minang Silokek. Jangan heran jika tak ada jaringan seluler karena lokasinya yang persis di balik perbukitan.