Gaya Ekostis yang Memikat – Gua yang memiliki kemiripan dengan tebing ini disebut sebagai Goa Batu Kapal. Goa yang berwarna keputihan ini memiliki tinggi mncapai 80 meter. Obyek wisata Sumatra Barat ini sangat tepat sekali dijadikan sebagai obyek fotografi dengan hasil yang sangat memuaskan. Pada saat wisatawan ingin menyelusuri sepanjang goa, sangat disarankan untuk ditemani pemandu. Hal ini sebabkan goa ini memiliki bayak lorong yang dapat membuat pengunjung tersesat. Selain itu melalui pemandu inilah yang akan memudahkan para wisatawannya untuk lebih mengetahui mengenai goa.

Pintu masuk menuju goa tidak jauh dari jajaran warung yang ada di sana. Apabila Anda sudah mendekati lokasi, Anda aka mencium aroma kotoran kelelawar. Karena memang goa ini banyak dihuni oleh hewan kelelawar. Selain menyelusuri lorong-lorong goa, para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan. Pengunjung juga bisa melakukan aktifitas lain selama berada di goa atau disekitarnya.

Baca juga, Jam Gadang Bukittinggi

Destinasi Primadona Sumatra Barat

Keunikan Goa Batu Kapal

Suasana goa memang sangatlah menggoda melalui hembusan udara yang begitu sangat sejuk. Ditambah lagi dengan perpaduan perpohonan yang hijau memberikan kesan yang sangat asri. Dengan melalui lorong gelap, para pengunjung akan merasakan keindahan stalaktit dan stalagmit. Para pengunjung juga akan melewati beberapa sungai yang dangkal. Keindahan dalam goa dan di sekitarnya cukuplah menakjubkan, terutama pada saat matahari telah menerobos masuk.

Disana, para pengunjung akan menemukan tanah terbuka yang telah di penuhi dengan rumput yang cukuplah tinggi. Para wistawan dapat menerobos ilalang dengan mengikuti jalur yang telah ditandai dengan rebah rerumbunan. Setelah itu Anda akan menemukan jalan utama kendaraan, Anda juga dapat melepas kemegahan julangan dari goa. Pada bagian dinding-dinding dan permukaan goa akan dihiasi dengan adanya guratan-guratan motif yang begitu sangat cantik. Hal ini menunjukan bahwa alam memperlihatkan bakat seni nya.

Lokasi Goa Batu Kapal

Goa yang begitu sangat indah ini terletak di Nagari Sungai Kunyit Barat, Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, Sumatra Barat. Obyek wisata goa ini berada pada perbatasan antara Jambi dan Sumatra Barat.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan para pengunjung yaitu Rp 5.000.orang. Sedangkan untuk biaya pemandu dikenakan Rp 5.000, untuk biaya parkir motor Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000.

Keunikan yang Tersembunyi

Goa Batu Kapal Menarik

Menyerupai Kabin Kapal

Keunikan yang akan Anda temukan di obyek wisata Goa Batu Kapal yaitu goa ini menyerupai kabin kapal. Di lokasi wisata ini, Anda akan menemukan bongkahan batu kapur sebanyak 4. Diantara ke 4 batu kapur tersebut, hanya ada 2 batu yang berukuran paling besar yang ada di goa. Bentuknya yang mirip dengan lorong kabin kapal, maka masyarakat menyebutnya sebagai batu kapal.

Kawanan kelelawar dan burung walet

Pada saat Anda sudah mengijakan kaki ke bibir goa kapal, Anda akan disambut oleh kawanan kelelawar dan burung walet. Dibagian dinding atasagoa menjadi rumah kelelawar dan burung walet. Suara burung walet dan kelelawar seperti alunan musik, sehingga menjadikan pikiran pengunjung terasa lebih rileks.

Lubang dibagian atas

Lubang yang ada dibagian atas goa memiliki daya tarik bagi para pengunjung yang ada di dalam goa. Melalui lubang-lubang di atas goa inilah yang menjadikan pancaran sinar matahari dapat menembus isi gua. Pacaran sinar matahari inilah yang menambahkan kesan keindahan di dalam goa. Jika di dalam goa pada umumnya terlihat gelap gulita namun tidak dengan goa batu kapal ini.

Corak goa

Goa ini memiliki warna putih dibagian dindingnya dengan kombinasi corak hijau. Panduan warna yang sangat mengagumkan ini pun memberikan kesan seperti hasil lukisan tangan.

Fasilitas untuk Wisatawan

Fasilitas yang akan Anda temukan di sekitaran goa yaitu sebagai berikut:

Kedai

Di saat Anda akan menemukan kedai-kedai kecil yang berada di bagin depan pintu masuk gua. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda pada saat Anda ingin membeli makanan atau minuman.

Tempat sampah

Ada banyak tempat sampah yang akan Anda jumpai di sana. Hal ini dikarenakan para masyarakat setempat dan pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan goa. Dengan adanya tempat sampah yang ada disetiap tempat, maka akan meminimalisir pembuangan sampah secara sembarangan.

Toilet

Fasilitas berupa toilet akan mudah Anda jumpai di sana. Karena mengingat bahwa semua orang tentunya membutuhkan toilet. Dengan demikian, di obyek wisata ini, Anda tidak akan merasa kesulitan pada saat Anda membutuhkan toilet.

Tips Datang ke Gua Batu Kapal

Jika Anda sudah merencanakan liburan Anda ke Goa Batu Kapal, maka Anda harus memperhatikan tips berikut ini:

Datang di waku yang tepat

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke obyek wisata ini yaitu dengan datang pada pagi hari menjelang siang. Pada waktu inilah yang akan memberikan keindahan berupa terobosan sinar matahari yang membentuk garis-garis cantik.

Bawalah perlengkapan

Perlengkapan yang harus Anda bawa yaitu senter, sepatu gunung, atau sepatu boots, karena lantai di gua begitu sangat licin dan bebatuan yang akan menjadi pijakan Anda pun juga sangat licin sehingga untuk menghindari terpeleset, bawahlah sepatu atau sandal yang tepat.

Baca juga, Jembatan Siti Nurbaya

Berkunjung ke obyek wisata goa selain menyenangkan, Anda pun juga bisa merasakan keindahan alam yang begitu sangat mempesona. Melalui keindahan panorama yang ditawarkan inilah yang membuat Anda tidak akan bisa melupakan tempat indah di Sumatra Barat ini.

Rate this post