Gulai itiak lado mudo ngarai Bukitinggi merupakan makanan khas yang diminati warga setempat maupun wisatawan. Makanan dengan bahan utama itik ini dimasak dengan cara unik dan diberi bumbu-bumbu khas turun-temurun. Sehingga, tak heran bila rasanya sangat menggugah selera.

Jika anda sedang liburan ke beberapa tempat di Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi, jangan lupa nikmati kulinernya seperti gulai itiak ini. Masakan ini benar-benar mampu membuat selera makan anda tinggi. Selain itu, harganya pun terjangkau, takkan memberatkan budget liburan anda.

Apa Sih Gulai Itiak Lado Mudo Itu?

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Sebelum tahu dimana tempat membeli gulai itiak lado mudo yang terlezat, cari tahu dulu tentang sejarahnya yuk!

Sejarah Gulai Itiak Lado Mudo khas Ngarai, Bukittinggi

Gulai itiak adalah satu dari beberapa makanan khas Godang Agam, Bukittinggi yang letaknya dekat dengan kota Gadang. Oleh karena itu, gulai itiak dikenal juga dengan Tanak Kota Gadang. Seperti yang dijelaskan diatas, bahan utamanya adalah itik yang umurnya 6 bulan.

Baca juga, Menggoyang Lidah Bersama Sate Lokan Restu Illahi di Padang

Dipilihnya itik yang berusia 6 bulan karena dagingnya masih empuk, sehingga mudah dimasak dan mudah dicerna. Ketepatan pemilihan itulah kunci utama mengapa rasa gulai itiak lado mudo begitu nikmat.

Ternyata nama gulai ini juga ada sejarahnya sampai bisa dikenal hingg sekarang. Penamaannya ini tak lepas dari bahan utamanya yakni itik. Itik dalam bahasa bukittinggi artinya Itiak, sehingga disebut dengan gulai itiak yang dalam bahasa Indonesia berarti gulai itik.

Disamping usianya yang masih muda, itik yang dipilih berjenis kelamin jantang dengan kepala berwarna hijau. Sebab, daging dari itik itulah yang memiliki rasa nikmat dan empuk saat dikonsumsi.

Proses Pembuatan Gulai Itiak

Setelah mendapatkan itik yang tepat, kemudian disembelih, lalu direndam dengan air panas. Selanjutnya dicabuti bulunya sampai dikeluarkan kotorannya. Sisa-sisa bulu yang tidak dapat dibersihkan dengan rendaman air panas tadi, itik akan dibakar dengan api kecil. Setelah bersih dari bulu, itik dipotong, biasanya 1 ekor menjadi 4 bagian.

Berikutnya, bumbu-bumbu mulai disiapkan adapun terdiri dari bawang putih, bawang merah, lengkuas serta kunyit. Tak kalah pentingnya adalah cabai hijau kering, yang mana setiap ekor itik diberi cabai sebanyak ½ kg. Setelah bumbu siap, kemudian direbus bersama bumbu.

Merebusnya tidak memakai santan, sehingga dagingnya lebih segar dan waktu memasaknya pun lebih lama yakni 12 jam. Karena itulah mengapa empuk dagingnya lebih nikmat dan menggoyang lidah. Tujuan waktu perebusan yang lama adalah agar bumbu meresap, rasa pedasnya menyatu dengan daging.

Disamping itu, pastinya supaya daging empuk serta tidak bau amis lagi. Karena proses memasaknya yang spesial itulah, tak heran bila gulai itiak lado mudo, bukittinggi ini sangat diminati. Baik masyarakat setempat maupun wisatawan memiliki kesan tersendiri saat menikmatinya.

Rumah Makan Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Ada banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan gulai itiak, tapi yang paling enak yaitu gulai itiak lado mudo ngarai. Rumah makan ini sudah sejak lama berdiri, tidak hanya menawarkan menu spesial gulai ini saja. Melainkan juga menyajikan masakan itik lainnya. Jika Anda sedang mencari gulai itiak, mintalah untuk diantarkan ke rumah makan ini menggunakan layanan rental mobil Innova pilihan Anda.

Jika tidak suka dengan gulai itik, anda bisa memilih itik krispi dengan sambal kecap atau sambal pecel. Pilih mana sesuai selera anda. Selain makanan adapula minuman untuk melengkapi kekenyangan anda.

Harga Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Meskipun dimasak dalam waktu lama dengan bumbu-bumbu yang berkualitas, tapi harganya tetap terjangkau. Gulai itiak lado mudo ini hanya dibanderol sekitar Rp 200 ribuan per ekor dan setengahnya Rp 100 ribuan. Tentu tak membuat kantong kosong karena satu ekor bisa untuk banyak orang.

Jam Buka Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Bagi yang mau makan gulai itiak lado mudo ngarai ini, bisa datang pada pukul 07.00 – 16.00. Sejak buka, semua masakan sudah siap, anda pilih saja mana yang paling lezat. Alangkah baiknya jika datang waktu pagi hari sebagai menu sarapan. Pastilah rasa lezatnya semakin menjadi dengan hawa Bukittinggi yang dingin.

Lokasi Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai

Menu Gulai Itiak Ngarai

Letak warung makan Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai di Jl. Binuang No. 41, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat 26115. Jika Anda dari kota Padang, maka bisa menggunakan sewa mobil Avanza untuk menuju tempat ini.

Baca juga, RM Lamun Ombak Tempatnya Kuliner di Padang Bersejarah

Tentunya, sudah tahukan kelezatan gulai itiak lado murai ngarai jika dibandingkan gulai itik lainnya. Proses perebusan yang lama membuat semua bumbu meresap ke daging, serta rasa pedasnya pun mampu menambah selera makan. Selain itu, pemilihan bumbu-bumbu berkualitas juga membuat gulai itik ini sangat spesial.