Di Padang, Sumatera Barat. Ada olahan jengkol yang pastinya bikin anda meleleh karena cita rasanya. Bagi yang tidak suka jengkol pasti akan suka setelah menikmati makanan ini. Namanya adalah Gulai Jariang Muda.

Di berbagai belahan dunia pasti ada makanan ekstrem yang rasanya geli untuk dimakan. Atau, kebanyakan masyarakatnya enggan untuk memakannya. kalau di Indonesia, jengkol mungkin, bisa dikategorikan sebagai salah satunya.

Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar orang Indonesia ada yang kurang begitu suka dengan jengkol. Alasan terkuat adalah bau khas yang sangat menyengat setelah mengkonsumsinya. Padahal, olahan jengkol memiliki cita rasa yang sangat nikmat menggoda.

Mengenal Tentang Gulai Jariang Muda

Gulai Jariang Khas Padang

 

Dalam bahasa Minang, Nama jariang muda itu adalah Jengkol muda. Sehingga, Gulai ini akan diolah menggunakan bahan utama yaitu jengkol. kemudian, dipadukan dengan kuah gulai yang berwarna kuning. Atau banyak pula yang menamakannya sebagi kari.

Baca juga, Rumah Makan (RM) Family Benteng Indah, Pencipta Sajian Ayam Pop

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan gulai adalah rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis, jintan. Semuanya ini dicampur menjadi satu. kemudian, dimasukkan kedalam santan yang sudah dimasak.

Cita Rasa Gulai Jariang Muda

Baiklah, saat nya kita mengupas bagaimana cita rasa dari menu satu ini. Seperti diketahui diatas bila. Gulai yang menjadi saus untuk melumuri jengkol. Memiliki aroma rempah yang sangat kuat dan dominan pedas.

Sementara itu, jengkolnya sendir bisa berpadu dengan baik sehingga, saat disantap anda tidak akan menemukan aroma jengkol. Melainkan, aroma rempah yang sangat kuat. Penggunaan rempah inilah yang menjadikan aroma jengkol bisa ditutup dengan cukup baik.

Ada beberapa varian yang bisa anda temui disini. Pertama, menggunakan daun singkong sehingga, kuahnya terasa sangat menyegarkan. Ada lagi, kuahnya sedikit dan hanya murni jengkol saja.

Rumah Makan Randang Jariang

Bagi anda yang penasaran dengan menu satu ini. Tempat paling direkomendasikan untuk anda adalah Rumah makan Randang Jariang. Disini, kita akan menemukan berbagai macam menu makanan seputar jariang yang lengkap dan cita rasanya tidak mengecewakan.

Terletak di Jalan By Pass Km.8, Ketaping Kuranji, Kota Padang. sumatera barat 25586. Banyak pengunjung dari luar sumatera berkunjung ke tempat ini menggunakan sewa mobil Innova dan mencoba satu porsi gulai jariang  yang dihargai 15 ribuan rupiah.

Selain rasanya yang nikmat, pelayanan di tempat ini pun juga tidak kalah dengan restoran berbintang. Sehingga, rasa kenyang yang dihasilkan benar-benar memuaskan anda sekalian. Selain itu, tempatnya pun juga sangat bersih. Jarang sekali tercium bau tak sedap disini. Restoran ini akan buka pada pukul 7 pagi hingga 11 malam.

Rute Lokasi Menuju Restoran

Bila anda menggunakan kereta api dan turun di stasun Padang. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3,5 km. Atau membutuhkan waktu 10 menit. Arahkan kendaraan menuju ke Jalan Andam Dewi. Selanjutnya, berjalanlah sejauh 1,6 km untuk masuk ke jalan andalas.

Lalu, arahkan kendaraan anda menuju ke jalan Dr.  moh hatta sejauh 1,2 km. lalu belok ke kiri untuk masuk ke Jl. Lintas Barat. setelah 300 meter anda akan menemukan warung makan ini.

Bila anda menggunakan bus turun di terminal bus padang. Jarak tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 6,6 km atau membutuhkan waktu 20 menit. Arahkan kendaraan anda menuju ke jenderal sudirman sejauh 1,4 km. kemudian, beok ke kanan anda akan masuk di jalan Tan Malaka.

Lalu, arahkan kendaraan dan ikuti jalan andalas sejauh 4,3 km. Hingga, anda menemukan titik lokasi. Bagi anda yang masih bingung, anda bisa menanfaatkan jasa sewa mobil Alphard dan bus yang tersedia banyak di kota Padang.

Sajian Randang Jariang

Keunikan Gulai Jariang Muda

Gulai Jariang Muda adalah kuliner khas Minang yang memang menawarkan makanan yang berbeda. Penggunaan jengkol yang menjad bahan utama memang terasa menakutkan bagi mereka yang tidak menyukainya.

Baca juga, Restoran Malabar Arham, Ciri Khas Kesedapan Martabak Khas Padang

Tetapi, aroma rempah yang dihasilkan begitu kuat dana merasuk hiingga ke dalam jengkol. Membuat cita rasanya pun sedikit berbeda. Layak untuk dicoba. Apalagi, bila dinikmati menggunakan nasi hangat dan juga sambal. Pasti nafsu makan akan bertambah pesat. Jadi, jangan sampai melewatkan menu khas minang satu ini ya.

Rate this post