Tempat wisataGunung Talang
AlamatAir Batumbuk, Gn. Talang, Solok, Sumatera Barat
Jam BukaSenin – Minggu 24 Jam
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Jika sedang ke Kabupaten Solok jangan lupa mampir ke Gunung Talang. Karena ini merupakan destinasi wisata andalan kabupaten tersebut dan juga Sumatera Barat. Apalagi tempatnya tidak terlalu jauh dari Kota Padang hanya beberapa kilometer saja.

Nah sebelum Anda mendatangi tempat ini dengan mobil pribadi atau sewa bus, sebaiknya baca terlebih dahulu informasi berikut ini.

Pesona Gunung Talang

gunung talang sumbar

Gunung Talang adalah gunung berapi yang ada di Sumbar. Karena tingginya 2.597 mdpl, maka suhu di sana sangat sejuk dengan pemandangan yang asri. Karena alasan inilah gunung yang terlihat gagah ini menjadi incaran pada pendaki.

Jika sudah sampai di puncak gunung rasa letih pasti hilang disebabkan panorama yang indah. Yang ada Anda lebih bersemangat untuk foto selfie beramai-ramai lalu di-posting di media sosial instagram.

Destinasi Wisata Di Gunung Talang

danau kembar

Yang unik dari Gunung Talang Padang ialah terdapat beberapa destinasi wisata yang bagus dan menarik. Semuanya bisa Anda nikmati sembari melakukan pendakian ke kawasan puncak. Ini dia tempat-tempat wisata yang dimaksud:

1. Hutan Mati

Hutan Mati adalah padang luas yang terlihat artistik. Dulunya kawasan ini memang hutan yang terbakar pasca letusan gunung di tahun 1997 silam. Namun setelah kebakaran tersebut, kondisi sekitar hutan justru terlihat lebih cantik dan unik.

Kawasan ini lebih dekat ke kawasan puncak gunung. Maka dari itu, jika sudah sampai ke sana, Anda bisa melihat pemandangan beberapa gunung seperti Gunung Kerinci dan Gunung Sago yang ada di kejauhan. Sungguh suatu pemandangan yang indah apalagi saat sunrise dan sunset.

2. Danau Kembar

Destinasi yang berikutnya adalah Danau Kembar. Ini juga menjadi incaran para pendaki karena tempatnya yang luar biasa.

Lokasi danau kembar tepat di samping kanan puncak gunung. Anda akan melihatnya dengan jelas jika sudah sampai ke tempat tersebut. Lebih bagus lagi kalau datang saat cuaca cerah karena siluet Gunung Kerinci juga kelihatan dari kejauhan.

3. Taman Flora

Tempat wisata selanjutnya yang bisa dinikmati di gunung aktif ini adalah Taman Flora. Anda tidak perlu membayar tiket khusus untuk melihatnya karena tanaman berbagai spesies ini tumbuh di sepanjang jalan menuju puncak.

Salah satu Taman Flora andalan Gunung Talang adalah Taman Bunga Edelweiss yang juga bisa didatangi secara gratis. Namun pastikan Anda tidak mencabut bunga tersebut atau harus membayar denda Rp100.000 perbunga.

Aktivitas Menyenangkan Di Gunung Talang

lokasi gunung talang

Di Gunung tertinggi di Kabupaten Solok ini Anda tidak hanya bisa menikmati destinasi wisata yang indah, tetapi juga ada aktivitas yang menyenangkan. Di antaranya adalah Camping. Nah berikut dijelaskan aktivitas yang lebih lengkap:

1. Menyaksikan Sunrise

Aktivitas yang paling menyenangkan jika sudah sampai di puncak gunung adalah menyaksikan sunrise atau terbit matahari. Ini merupakan salah satu tujuan pengunjung yang utama selain memang hobby melakukan pendakian.

Biasanya para pendaki yang ingin menyaksikan sunrise akan menginap di Cadas. Mereka akan membangun tenda di tempat yang memang sudah disediakan. Nah, kira-kira 1 jam sebelum terbit matahari, baru mereka mendaki ke puncak.

2. Berkemah Di Cadas

Aktivitas menarik selanjutnya adalah berkemah di Cadas. Ini dilakukan jika Anda ingin menikmati malam yang indah di atas gunung. Lokasinya sudah tersedia sehingga pengunjung tinggal membangun tenda saja.

Menyaksikan bintang dan rembulan di langit lepas dari atas gunung tentu pengalaman yang paling berharga. Apalagi keesokan harinya memiliki kesempatan untuk merasakan hangatnya sunrise.

3. Berfoto Selfie

Anda juga bisa berfoto selfie jika sudah sampai di puncak gunung. Sedangkan pilihan angle-nya sangat banyak dan tidak perlu menjadi fotografer handal untuk menghasilkan bidikan yang luar biasa.

Lokasi paling menarik untuk background adalah di Hutan Mati dan di Puncak gunung. Di dua tempat itulah, Anda akan menemukan panorama menakjubkan yang membuat hasil jepretan lebih instagenik.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Talang

rute ke gunung talang

Gunung Talang Solok beralamat di Kabupaten Solok. Jika dari kota administrasi Arosuka, jarak tempuh hanya 9 km saja yang membutuhkan waktu tempuh 25-30 menit dengan kendaraan dari tempat rental mobil Padang. Jika dari Padang, jaraknya lebih jauh lagi yaitu 40 km dengan waktu tempuh mencapai 3 jam.

Jalur termudah menuju lokasi adalah melalui Simpang empat Arosuka di dekat Polres Solok. Dari sana belok kanan saja selanjutnya lurus menuju Alahan Panjang.

Jika sudah sampai di Simpang Masjid Muhajirin, lihat sisi kiri plang masjid. Anda akan menemukan pos pendakian gunung Talang. Nah Anda sudah sampai untuk parkir kendaraan lalu melakukan pendakian.

Baca Juga : Air Terjun Proklamator, Wisata Baru dekat Gunung Singgalang

Harga Tiket Dan Jam Buka Gunung Talang

Harga tiket untuk pendakian cukup terjangkau. Setiap Pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp10.000 rupiah saja. Sedangkan pembayarannya langsung di pos pendakian pertama.

Jam bukanya sendiri 24 jam non stop. Bahkan Anda diperbolehkan menginap di gunung. Namun pastikan sudah melakukan registrasi serta diharapkan menjaga kebersihan dan tidak merusak alam.

Itulah review singkat tentang Gunung Talang. Jika Anda berminat, silakan didatangi dan jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini ke media sosial supaya teman Anda banyak yang ikut.