Kota Padang mempunyai banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ikon kota Padang banyak yang sudah terkenal, bahkan sampai ke manca negara.

Kota Padang terkenal dengan pesisirnya karena letak kota Padang yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Bangunan-bangunan ikonik juga menjadi salah satu daya tarik Padang terhadap wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Salah satu wisata kota Padang dimana wisatawan dapat menemukan batu yang dipercayai sebagai Malin Kundang. Sebuah legenda yang banyak sekali diceritakan secara lisan maupun di buku anak-anak.

Cerita tentang Malin Kundang sendiri sudah sangat terkenal di hampir seluruh penjuru Indonesia. Pemuda durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi sebuah batu di dekat pantai.

Biaya retribusi atau karcis masuk ke tempat ini adalah Rp10.000,00 per orang dan biaya parkirnya Rp4.000,00 untuk mobil dan Rp2.000,00 untuk motor.

Tempat ini sangat cocok jika dikunjungi dengan keluarga, teman maupun pasangan anda. Sunset di pantai ini merupakan salah satu terbaik yang dapat anda saksikan, ditambah dengan birunya air laut yang dapat memanjakan mata.

2. Jam Gadang Bukittinggi

Jam Gadang Bukittinggi

Jam yang merupakan ikon khas kota Padang ini terletak di Bukittinggi dan sudah berdiri sejak tahun 1920 an. Dibangun dengan mesin yang berputar secara mekanik, jam ini adalah salah satu jam tercanggih di jamannya.

Anda tidak akan membayar sepeserpun biaya retribusi untuk dapat memasuki kawasan ini. Untuk biaya parkir, masyarakat setempat biasanya mematok tarif Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil.

Selain ramai dikunjungi di siang hari, tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada malam hari karena banyak lampu yang akan memperindah bangunan yang satu ini.

3. Istana Basa Pagaruyung

Istana Basa Pagaruyung

Masyarakat setempat biasa memanggil tempat ini dengan kata istano atau istana. Tempat ini merupakan replika dari istana asli yang sudah habis terbakar pada saat terjadinya perang Paderi di tahun 1800an.

Biaya masuknya sekitar Rp15.000,00 untuk pengunjung dewasa dan Rp7.000,00 untuk anak-anak. Jika anda datang pada tanggal-tanggal tertentu, anda dapat menikmati tarian-tarian adat yang diselenggarakan oleh para penduduk di tempat ini.

Di tempat ini, anda dapat menyewa pakaian adat minang dan memakainya untuk berkeliling Istana Basa selama waktu tertentu. Untuk mengabadikan momen anda disini, anda juga dapat menyewa jasa foto yang banyak tersebar di sekitar area Istana Basa.

Untuk anda yang berjiwa traveller, tempat ini menawarkan camping ground yang dapat anda gunakan untuk bermalam dengan teman-teman. Berkemah di tempat ini bisa menjadi pengalaman baru untuk anda, selain karena letaknya yang berada di pegunungan yang masih minim cahaya.

4. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Terletak di Padang bagian selatan, pantai ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika anda datang ke kota Padang.

Pantai di Padang ini terkenal karena nyiurnya yang memadati pantai dan ke-eksotisan air lautnya yang dapat menghilangkan penat. Pantai ini dihiasi dengan pasir putih dan air laut yang biru.

Jika anda berkunjung dengan keluarga anda, sangatlah tepat untuk membawa baju ganti dan baju renang. Di beberapa tempat, air di area ini relatif tidak terlalu dalam dan anda dapat berenang bebas di sekitar pantai ini.

Harga tiket masuk di pantai Nirwana ini sekitar Rp5.000,00 untuk dewasa dan Rp2.500,00 untuk anak-anak. Biaya parkir sekitar Rp2.000,00 – Rp3.000,00.

Tempat ini juga dapat digunakan untuk camping, tetapi untuk dapat bermalam disini, anda harus mengantongi izin dahulu dari masyarakat setempat ataupun pejabat yang berkepentingan.

Wisatawan biasa datang di tempat ini untuk melihat keindahan sunset. Sunset di pantai nirwana adalah salah satu yang terbaik jika cuacanya mendukung.

Terdapat juga persewaan alat berenang dan perahu jika anda ingin menelusuri tempat ini lebih jauh. Pemandangan bawah laut di pantai ini cukup bagus karena airnya masih sangat terjaga dan berwarna biru cerah.

5. Danau Kembar Padang

Danau Kembar Padang

Danau yang wajib untuk dikunjungi jika anda bepergian ke kota Padang. Tempatnya memang agak jauh dari pusat kota dan medan jalannya pun agak terjal, tetapi setelah sampai di lokasi, rasa letih pun akan segera hilang.

Tempat ini disebut sebagai danau kembar karena terdapat dua danau. Danau yang terbesar berada di bawah danau yang agak kecil yang dipisah oleh daratan.

Konon, pada zaman dulu hiduplah seorang anak di sekitar area ini. Anak tersebut diceritakan sedang mencari kayu dihutan dan bertemu dengan ular yang sangat besar.

Baca juga: Wisata Budaya di Kota Padang, Mulai dari 8 Tempat Ini

Dengan keberaniannya, anak itu memotong leher ular tersebut dan lehernya mengeluarkan darah yang tidak ada hentinya. Saking banyaknya, darah dari ular itu membentuk sebuah danau yang pada zaman sekarang disebut sebagai danau kembar ini.

Danau ini juga terkenal dengan agrowisatanya. Wisatawan dapat berkeliling di perkebunan teh dan bunga atau sekedar menikmati hijau dan birunya danau kembar.

Anda tidak akan dipungut sepeserpun biaya retribusi untuk masuk ke tempat ini. Biasanya, anda hanya diharuskan membayar untuk biaya parkir.

Anda dapat berkeliling danau dengan perahu sewaan ataupun memancing di pinggiran danau. Beberapa tempat juga menyediakan fasilitas outbound dan tracking dengan sepeda ataupun jalan kaki.

Beberapa ikon kota Padang diatas sangatlah direkomendasikan jika anda berkunjung ke kota yang satu ini. Wisatawan luar kota ataupun mancanegara yang masih bingung untuk urusan transportasi, jangan khawatir karena anda dapat sewa mobil atau rental mobil di Padang untuk periode waktu yang anda perlukan.