Bukittinggi, Sumatera Barat merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia dengan julukannya sebagai Paris van Sumatera. Kota ini dikenal sebagai kota perjuangan dan kelahirannya sang proklamator, yakni Bung Hatta selaku wakil presiden Indonesia yang pertama. Dalam bahasa Minang, Bukittinggi yang kita kenal itu disebut sebagai Bukiktinggi oleh mereka atau masyarakat suku setempat.

Tapi, yang menarik bukan hanya Bukittinggi sebagai Paris van Java atau kota perjuangan saja. Sebab beragam penawaran wisata yang ada di kota ini pun terbilang sangat menarik untuk dinikmati. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata buatan bisa Anda dapatkan di sini. Sesuai dengan julukannya, berwisata sambil menapak tilas sejarah perjuangan juga bisa Anda lakukan ketika bertandang ke Bukittinggi.

Istana Bung Hatta Wisata Sejarah di Bukittinggi

suasana istana bung hatta

Di manakah destinasi wisata jika Anda ingin sekaligus napak tilas sejarah bangsa? Jawabannya ada di Istana Bung Hatta yang tentu saja berlokasi di Bukittinggi. Dari luarnya saja Anda sudah bisa menyaksikan betapa gagahnya pesona wakil presiden pertama Indonesia melalui patung besar Bung Hatta. Suasana di sekitar rumah atau istana bersejarah tersebut pun sangat asri dan amat bersahabat dengan Anda.

Menelisik Sejarah di Balik Bangunan Bersejarah Bung Hatta

Jika sedari awal Anda mengira bahwa tempat ini ini merupakan rumah beliau, maka hal itu sama sekali tidak benar. Karena sebelum rumah tersebut dijadikan tempat tinggal oleh Bung Hatta, bangunan tersebut lebih dulu merupakan sebuah rumah dari Panglima Pertahanan Jepang. Hanya saja ketika Indonesia akhirnya merdeka, Bung Hatta mengambil alih kuasa atas rumah tersebut sehingga beliau jadikan hunian.

Baca juga, Hamparan Kebun Teh Alahan Panjang yang Hijau nan Asri

Singkat cerita dibangunlah istana yang kita kenal sekarang ini dulunya sebagai Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Di samping itu bangunan tersebut kerap dijadikan sebagai lokasi pertemuan berbagai orang penting pada masanya. Dari rumah tersebut pula lah Bung Hatta melancarkan kepemimpinannya demi menjaga keutuhan bangsa dan tanah air yang baru saja lepas dari penjajahan.

Lokasi Istana Bung Hatta

Bagi Anda yang menyukai berwisata dengan mempertimbangkan segi sejarah, Anda bisa langsung bertandang ke Istana Bung Hatta di Taman Jam Gadang. Tidak sulit sama sekali untuk menemukan destinasi wisata bersejarah ini karena letaknya di jantung kota Bukittinggi. Sehingga bagi Anda yang sudah sering mengunjungi atau sekadar dengar jam gadang, pasti tidak sulit sama sekali menemukannya. Menariknya Anda bisa mengunjungi dua tempat wisata tersebut secara bergantian.

Rute Menuju Istana Bung Hatta

Jika Anda memulai perjalanan dari kota Padang, maka untuk bisa sampai di destinasi wisata sejarah Istana Bung Hatta ini Anda harus rela menempuh perjalanan selama 2 jam lamanya. Namun, jika Anda merupakan seorang traveller yang suka dengan kearifan lokal maka Anda bisa menaiki kendaraan umum maupun sewa mobil Alphard di padang. Karena lokasi istana ini amat strategis dan letaknya benar-benar di jantung kota.

Harga Masuk ke Istana Bung Hatta

Demi bisa berlibur sekaligus mengedukasi diri dengan tidak melupakan sejarah, Anda bisa mempersiapkan budget liburan ke lokasi ini dengan uang kurang dari yang biasanya Anda gunakan ke dufan. Tanpa mempermasalahkan biaya, ada banyak sekali hal berharga yang bisa Anda dapatkan pasca berkunjung ke rumah atau istana yang kini dijadikan sebagai objek wisata untuk umum tersebut.

Jika ingin berlibur ke destinasi wisata sejarah Istana Bung Hatta ini Anda bisa menargetkan untuk datang dari mulai pagi hari dan sore hari. Tapi, jangan datang terlalu sore hingga menjelang magrib karena pengelola pun membutuhkan istirahat. Oh iya, sebenarnya mendatangi destinasi wisata sejarah satu ini akan terasa lebih menyenangkan apabila Anda datang bersama rombongan. Baik itu dari kantor atau sekolah.

Di samping bisa belajar banyak tentang sejarah, di sini Anda juga bisa saling berdiskusi dan bertukar wawasan bersama teman-teman Anda. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda jelajahi ketika berkunjung ke Bukittinggi, tentu saja di samping wisata dengan nuansa sejarah. Kalau rombongan, enaknya Anda bisa wisata banyak hal, seperti sejarah, alam, kuliner, sampai yang wajib adalah oleh-oleh.

Fasilitas yang Bisa Anda Dapatkan

Bicara tentang fasilitas di Istana Bung Hatta, Anda bisa mendapatkan banyak, seperti kulineran setempat yang dekat sekali dengan lokasi istana. Wisata terkenal ala Bukittinggi, yakni jam gadang. Dan tidak boleh dilupakan adalah mudahnya akomodasi serta transportasi yang bisa sampai ke depan gerbang istana perjuangan republic Indonesia di era Soekarno – Hatta tersebut. Banyak sekali fasilitas yang Anda bisa rasakan, semua berimbang dengan wawasan dan berbagai hal menarik yang dapat Anda peroleh.

Tips Wisata Sejarah di Istana Bung Hatta

wisata sejarah istana bung hatta

Tips bagi Anda semua yang mau berkunjung ke Istana Bung Hatta adalah jika benar-benar ingin merekam dengan baik sejarah di balik bangunan tersebut, sediakan kertas atau recorder untuk merekam penjelasan guide. Jika diperkenankan untuk memotret, alangkah lebih baiknya juga untuk membawa kamera demi mengabadikan momen. Dan yang terpenting adalah jika sempat mengunjungi jam gadang, kenapa tidak? Toh, lokasinya berdekatan. Bila ingin lebih praktis Anda dapat menyewa sewa mobil Avanza atau Inova dari Bukittinggi.

Baca juga, Danau Cimpago

Tertarik mengunjungi Istana Bung Hatta dalam waktu dekat ini? Jangan lupa persiapkan tiket pesawat untuk Anda yang berkunjung dari Luar Sumatera. Dan tidak ada salahnya untuk sedikit belajar menyapa warga Bukittinggi dengan bahasa lokal mereka. Selamat berlibur!

Istana Bung Hatta Bukittinggi
5 (100%) 2 vote[s]