Indonesia adalah negeri dengan berjuta pesona dimana, kita bisa melihat keindahannya dari berbagai sisi dan juga arah. Salah satunya adalah Janjang Ampek Puluah. Kawasan sederhana tetapi, menjadi pesona wisata di daerah Bukit Tinggi.

Banyak wisatawan yang berkata bila belum ke Bukittinggi bila belum berkunjung ke janjang ampek puluah. Tempat ini berupa anak tangga, ke atas dan ke bawah yang selalu digunakan para warga untuk aktifitas.

Sekilas Tentang Janjang Ampek Puluah

wisata janjang ampek puluah

 

Janjang Ampek Puluah merupakan penghubung antara pasar bawah dan juga pasar atas. Dimana kontur yang ada disini naik turun sehingga menyulitkan para warga untuk mengunjungi kedua pasar yang letaknya bagai langit dan bumi

Baca Juga, Bukik Bulek Taram, Wisata Alam dan Ziarah Menjadi Satu

Kawasan ini dibangun pada 1908. Dimana, sebelum dibangun janjang ini ada sebuah kesepakatan yang memang disepakati oleh Niniak Mamak di Lubuk Agam. Dibangun atas perintah dari Asisten Resisten Belanda Louis Constant Westenenk.

Menariknya lagi namanya saja 40 sehingga, banyak yang tahu bila jumlah anak tangga 40. Tetapi, coba kita hitung dari bawah. Maka, kita akan menemui jumlahnya yang lebih dari 100.  Di antara tangga ini sudah dibangun sebuah tanaman yang menambah keindahan dari tempat ini.

Di bagian atas kita akan melihat sebuah gapura yang menambah keindahan dari Janjang. Sekarang, di bawahnya pun juga dibangun sebuah gapura. Dimana, bangunan bergaya colonial belanda, mempunyai 4 tiang serta dua pondasi dimana dibagian atapnya berbentuk seperti segitiga dan tertera tulisan Janjang Ampek Puluah.

Bila anda ingin menikmati sejarah dari janjang ini maka, pergilah ke samping gapura, sudah hadir prasati yang akan menceritakan lengkap tentang objek wisata ini. Dimana, gapura ini mempunyai lebar 4,6 meter.

Sedangkan tingginya mencapai 5 meter. dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat dan tinggi anak tangganya 25 cm. dengan warna anak tangga berwarna merah. Padahal, sebelum direnovasi warnanya abu-abu dan kurang menarik untuk dipandang.

Di tengah-tengah janjang ini kita akan menemui sebuah musholla yang sengaja didirikan bagi umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah sholat.

Rute dan Lokasi Menuju ke Objek Wisata

Janjang Ampek Puluah terletak di Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136. Dari Bandara Internasional Minangkabau kita akan melibas 80 km dan membutuhkan waktu 2 jam.

Setelah keluar dari Bandara, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Pemuda menuju ke Bukittinggi sejauh  71,4 km. selanjutnya, masuk ke jalan cindua mato hingga ke benteng pasar atas. Dan sampailah kita ke objek wisata Janjang Ampek Puluah.

Bila anda masih bingung dengan objek wisata ini. Kita bisa  menggunakan biro jasa wisata yang menyediakan fasilitas sewa mobil hiace dan sewa bus. Harganya terjangkau, dengan sopir yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Untuk anda yang ingin mengunjungi tempat ini secara rombongan maka layanan sewa bus bisa menjadi pilihan yang menarik. Tempat sewa mini bus maupun big bus bisa anda temukan dengan mudah di Bukittinggi dan sekitarnya.

Pesona Lain Janjang Ampek Puluah

 

janjang ampek puluah sumatera barat

Masih ingat dengan fenomena batu akik ? Kita akan melihatnya di gapura paling atas, Dimana, para penjual hadir disini dan menawarkan perhiasan yang terbuat dari perak asli. Untuk harganya pun tidak maha, hanya saja anda harus pintar-pintar untuk menawarnya.

Menariknya lagi dari tempat ini adalah hadirnya sebuah lagu yang dikarang dengan menggunakan bahasa khas Minang, judulnya pun Adam Oi. Tidak sampai disitu, ternyata usut punya usut bila tangga ini pun digunakan untuk olahraga. Terutama ibu-ibu hamil, dan beberapa warga lainnya.

Bila di musim penghujan anda pun harus berhati-hati karena, air dari pasar atas akan turun ke tangga. Sehingga, menyebabkan tangga disini cukup licin.

Pasar Atas dan Pasar Bawah

Inilah dia pasar atas dan pasar bawah yang menjadi inspirasi dibangunnya tangga bersejarah ini. bisa dibilang kedua pasar ini merupakan pasar tradisional di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi. Ada berbagai makanan tradisional yang nikmatnya menggoda.

Disini mengenal dengan hari pasar yang jatuh pada hari rabu dan sabtu. Sementara di pasar atas kita akan disuguhkan dengan kuliner khas bukittinggi yaitu nasi kapau. Selain itu, disini pula kita bisa membeli mukena khas bukittinggi yang bisa dijadikan sebuah buah tangan.

Baca Juga, Pemandian Batang Tabik, Tempat Hidup Ikan Zebra

Janjang Ampek Puluah adalah pesona di Bukit Tinggi yang mempunyai fungsi vital. Berada disini pun kita bisa membidik beberapa spot foto yang memang mengesankan. Jadi, kapan anda akan mengunjungi objek wisata ini ?

Rate this post