Arc de Triomphe yang berada di Paris ternyata mirip dengan monumen simpang lima gumul Kediri. Tenyata tidak hanya itu saja, masih ada bangunan yang juga mirip yaitu Great Wall, atau tembok besar China yang mirip dengan Janjang Koto Gadang.

Sebenarnya, tidak perlu pergi ke luar negeri demi mendapatkan keindahan yang sesungguhnya. Kecuali, anda ingin mendapatkan pesona salju secara alami. Tetapi, pemandangan alam lainnya serta bangunan bersejarah pun Indonesia punya.

Ini Dia Janjang Koto Gadang

janjang koto gadang

Dilihat secara sepintas objek wisata ini memang sangat mirip dengan apa yang dihadirkan di negeri tiongkok. Mulai dari bangunannya, bentuknya, dan juga pesona alamnya. Bisa dibilang inilah miniaturnya.

Bedanya, Janjang Koto Gadang ini adalah jembatan penghubung yang menghubungkan Kota Gadang dengan Bukit Tinggi. Banyak yang percaya bila tempat ini mempunyai tangga yang berjumlah 1000. Tetapi, kenyataannya setelah dihitung anak tangganya hanya berjumlah 300 saja.

Panjang dari Janjang Koto Gadang sendiri hanya 1,5 km. Berbeda jauh dengan Great Wall aslinya yang mencapai 20 ribuan kilometer, panjangnya. Sementara itu tembok beton yang bisa kita nikmati memiliki panjang 780 meter.

Baca Juga, Bukit Tigo Tungku, Panorama Alam Solok yang Mengagumkan

Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa mencapai ke puncaknya. Bila anda lelah, maka beritirahatlah di pos-pos yang sudah disediakan disini. Lumayan bukan, untuk menghela nafas dan meluruskan kaki yang pegal.

Saat menyusuri tempat ini kita akan melihat betapa arsitekturnya yang cukup cantik. Tembok yang dibuat lebih mirip dengan bangunan istana di negeri dongeng.  Sayangnya, beberapa bagian sudah terkena vandalisme dengan coret-coretan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Objek wisata ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan belanda tepatnya pada tahun 1814. Dimana, dahulu disebut dengan Janjang Batuang. Dalam bahasa minangkabau, Batuang adalah tanah yang ditopang dengan bambu.

Fungsi dari pembangunan jembatan ini untuk mempersingkat waktu. Karena, setelah pembangunan jembatan ini Kota Gadang yang terkenal dengan penghasil kerajinan dan tenun anai menjadi semakin dilirik dan dikenal. Setelah beberapa tahun tidak terurus, pemerintah pun merenovasinya dan dibentuk seperti tembok besar china.

Alam Ngarai Sianok

wisata janjang koto gadang

Lelah berjalan itu sudah pasti. Tetapi, semua itu tidak akan terasa karena, ditemani oleh pemandangan alam yang luar biasa eloknya. Saat mencapai ke atas, kita bisa menyaksikan pemandangan perbukitan yang luas, tebing-tebing yang mempesona. Inilah Alam Sumatera Barat yang sesungguhnya.

Tak jarang pula kita bisa melihat kabut-kabut tipis yang akan menjadi penyedap pemandangan disini. jangan lupa untuk membawa kamera dengan kualitas yang baik. Agar segala pesona yang ada disini bisa kita abadikan ke dalam foto dan gambar.

Cobalah untuk menghirup udaranya yang sangat sejuk. Berbeda dengan apa yang ada di kota. Tak jarang pula kita bisa mendengar suara burung-burung bernyanyi, saling bersahutan satu sama lain. Sehingga, menghadirkan nyanyian alam yang syahdu dan merdu.

Selama menjelajah ke tempat ini disarankan untuk tidak membawa makanan atau minuman berlebihan. Kenapa? Lokasi janjang Koto Gadang berada di tengah alam yang luas. Sehingga, tak jarang kita bisa melihat kera ekor panjang yang bergelantungan.

Mereka adalah hewan yang usil dan akan hijau bila melihat tas. Apalagi, bila tas tersebut menyimpan banyak makanan. Jadi, tingkatkan kewaspadaan dan hindari adu fisik dengan kera-kera ini.

Bagaimana ke Lokasi Janjang Koto Gadang

Janjang Koto Gadang terletak di Kayu Kubu, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat 26115. Menuju ke objek wisata ini bila berangkat dari terminal Bukit Tinggi bisa menggunakan bus atau Bendi. Kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Ikuti saja papan petunjuk yang akan mengarahkan anda menuju ke tempat ini.

Baca juga, Kepulauan Mandeh, Destinasi Eksotis Raja Ampatnya Sumatra Barat

Bila masih bingung, anda bisa menghubungi sewa mobil Alphard, sehingga perjalanan Anda bisa menjadi lebih mudah karena sudah ada sopir yang paham jalan dan siap mengantar Anda. Jadi Anda tinggal santai menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.

Info Harga Tiket dan Jam Operasional

Kabarnya saat ini Janjang Koto Gadang pamornya sudah tidak seperti dahulu lagi. Melewatkan objek wisata ini pun adalah sebuah kerugian. Ayo datang dan kunjungi The Great Wall Indonesia dan rasakan bagaimana rasa berjalan di miniature tembok china. Supaya perjalanan lebih nyaman anda bisa menggunakan sewa mobil Fortuner untuk sampai ke tempat ini.

Rate this post