Agam merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten yang berlokasi di Barat Sumatera ini memiliki beberapa makna sesuai dengan penamaannya. Ada yang menyamakan dengan rawa dan sebagian lain menyamakan kabupaten Agam ini dengan danau. Sebelum bernama Agam, konon dulu kabupaten ini pernah dikenal dengan sebutan lain, yakni Luhak Agam.

Membentang dari berbagai kekayaan alam yang tidak dapat dibantahkan keindahannya, potensi wisata di kabupaten Agam ini terbilang sangat menjanjikan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda temukan ketika mengunjungi Agam sebagai sebuah kabupaten. Kebutuhan berwisata adalah sesuatu yang mahal, namun mudah sekali untuk mengabulkannya selagi kita bisa dan memiliki waktu untuk berlibur.

Destinasi Alam Menantang Adrenalin, Janjang sajuta

janjang sajuta padang

Bicara tentang wisata, Agam ditaksir memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang tidak hanya menarik perhatian turis local, namun juga turis dari luar daerah. Satu saja yang menjadi daya tarik Agam adalah adanya keindahan alam janjang sajuta yang ditaksir masih asri dan belum banyak tersentuh tangan manusia. Saking asrinya, bahkan nyaris tidak semua orang tahu seperti apa destinasi wisata satu ini.

Baca juga, Nagari Tabek Sarojo

Bila bicara tentang sejarah, kita selalu akan menemukan hal unik kenapa sebuah daerah atau sebuah destinasi wisata terbentuk dan apa sebabnya. Termasuk dengan janjang sajuta satu ini, kita akan menemukan berbagai keajaiban di balik indahnya wisata alam nan elok tersebut. Usut punya usut ternyata pengerjaan lokasi wisata ini masih dalam tahap penyelesaian karena belum seutuhnya selesai.

Lokasi Wisata Ada di Nagari Pakan Sinayan

Meskipun belum sepenuhnya rampung, namun apabila Anda sudah bersiap untuk menjadi orang-orang terdepan yang mengunjungi janjang sajuta maka Anda bisa langsung mencari tahu lokasinya. Mudah saja untuk menemukannya karena Anda tinggal Nagari Pakan Sinayan, Banuhampu, Agam.

Jika ditaksir sebagai sebuah destinasi wisata yang dikawal pembangunannya oleh dinas tertentu sudah pasti tidak akan sukar menemukannya. Sebab ketika sampai di tujuan Anda bisa dengan mudah menanyakannya. Atau untuk lebih mudah bisa langsung gunakan rental mobil fortuner setempat.

Rute Jalan Menuju Janjang Sajuta

Sebenarnya jika membicarakan perihal rute perjalanan tidak ada yang sulit di zaman serba maju seperti sekarang ini. Sebab ke mana pun Anda akan pergi, tinggal aktifkan peta online Anda yang tertanam di dalam handphone. Di sini Anda bisa memilah apakah hendak datang dengan menggunakan sepeda motor atau hendak datang dengan menggunakan sewa mobil alphard. Nanti biasanya maps akan menyesuaikan rute dengan kendaraan seperti apa yang hendak Anda gunakan untuk melakukan perjalanan.

Gambaran Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk karena destinasi wisatanya belum rampung diselesaikan, maka jika memang Anda ingin sekali mendatangi lokasi sekadar untuk lihat-lihat, bisa jadi harganya masih gratis. Namun, jika Anda mau menunggu, jangan lupa mempersiapkan diri Anda untuk selalu update diri dengan informasi paling baru. Banyak sekali hal yang bisa Anda cari tahu kemudian melalui media online.

Jam Operasional ke Depannya

Untuk jam operasional pun masih terbilang belum efektif karena Janjang sajuta sendiri baru akan dioperasikan perkiraannya sekitar tahun 2020 ke depan. Jadi, selama jam operasional belum ditetapkan Anda masih bisa hilir mudik kapan saja sesuka hati menuju destinasi wisata tersebut. Berbeda halnya ketika nanti destinasi wisata itu sudah rampung tentu Anda harus mengikuti jam buka dan jam tutupnya.

Fasilitas yang Akan Anda Dapatkan

Untuk fasilitas yang nantinya akan ditawarkan oleh janjang sajuta tidak lain adalah keindahan alam dari atas langit. Ini merupakan fasilitas yang tidak bisa ditawar sama sekali dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang tidak takut ketinggian. Berbagai hal penting lainnya, seperti lahan parkir dan tentu saja toilet serta warung baru bisa dijawab di kemudian hari ketika memang wisata alam satu ini sudah beroperasi.

Tips Wisata ke Janjang Sajuta

wisata janjang sajuta

Mengenai tips untuk bakal destinasi wisata janjang sajuta bagi Anda para wisatawan yang nanti hendak memburu lokasi ini, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Pertama pastikan kesehatan tubuh Anda, baik luar maupun dalam karena di sini Anda akan melakukan banyak kegiatan outbond. Bawa permen karet sepertinya akan membantu ketika Anda sudah lepas landas dan mengudara memandangi keindahan alam melalui panorama indahnya Indonesia dari langit lepas janjang sajuta.

Baca juga, Istana Bung Hatta

Hal yang menarik adalah lokasi ini ternyata dikawal oleh dinas olahraga secara langsung dengan menggunakan APBD 2019 setempat. Dengan demikian bukan hanya akan menjadi destinasi wisata yang menarik minat banyak pengunjung, namun juga menjadi sarana untuk berolahraga. Konon, di sini nantinya akan menjadi tempat paling hits untuk bisa melakukan terjun payung atau olahraga ketinggian.