Bukan Indonesia namanya bila tidak bisa memanfaatkan keindahan alam yang sangat mempesona. Seperti halnya sebuah perbukitan yang bisa dipoles menjadi objek wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Seperti halnya di Sumatera Barat atau lebih tepatnya di Ngarai Sianok. Ada sebuah objek wisata yang tidak boleh ditinggalkan. Namanya adalah Janjang Saribu. Pesonanya membuat banyak wisatawan penasaran. Sajian apa saja yang bisa kita nikmati di tempat ini.

Sekilas Mengenai Janjang Saribu

wisata janjang saribu

Objek wisata ini berkolaborasi dengan Gunung Singgalang. Menghadirkan sebuah anak tangga dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat. Dinamakan Janjang Saribu karena tempat ini mempunyai jumlah anak tangga yang bila dihitung akan berjumlah 1000.

Bila kita berjalan menyusuri tangga ini. Maka, kita akan sampai di puncaknya yang terdapat di desa Bukik Apik atau Bukit Apit. Menariknya lagi, Janjang Saribu ini menjadi saksi para warga yang mengambil air di sungai yang letaknya berada di dasar ngarai.

Baca Juga, Pantai Pasir Jambak, Pemandangan Senja Nan Elok Ditanah Sumbar

Perbedaan Janjang Saribu Dengan Janjang Koto Gadang

Banyak wisatawan yang salah sangka bila Janjang Saribu atau Janjang Koto Gadang itu sama. Padahal keduanya berbeda. Mungkin, persamaannya adalah sama-sama mempunyai seribu tangga yang kenyataannya jumlahnya tidak sampai 1000.

Perbedaan yang mecolok adalah tempatnya, kedua janjang ini terletak di tempat berbeda walau masih dalam kawasan Ngarai Sianok. Kemudian, perbedaannya yang mecolok lagi adalah temboknya.

Jika, Janjang Kota Gadang menggunakan tembok layaknya Great Wall. Sementara untuk Janjang Saribu hanya menggunakan pegangan tangan saja. Pemandangannya pun juga berbeda antara tebing-tebing dan juga kebun dan rumah penduduk.

Hal Menarik Di Janjang Saribu

Naik ke atas puncak tangga memang memberikan sensasi yang luar biasa, pemandangan lembah yang menarik dan semilir angin yang berhembus membuat kita enggan untuk pergi. Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa hal menarik yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di Ngarai Sianok.

1. Bersih Dan Terbebas Dari Sampah

Sebelum menjadi tempat yang indah, objek wisata ini sangat kotor dan banyak sampah yang berceceran. Aksi vandalisme pun juga terjadi dimana-mana. Tetapi, setelah dilakukan renovasi. Kawasan ini menjadi layak untuk dikunjungi.

Kebersihannya tetap terjaga. Walau masih ada beberapa coretan tangan manusia tak bertanggung jawab. Namun, coretan ini berusaha keras untuk dibersihkan. Agar kembali menjadi asri seperti sedia kala.

2. Menikmati Kopi khas Bukit Apit

Inilah daya tarik utama dari Janjang Saribu, dengan hadirnya Kopi Khas Bukit Apit yang  sangat nikmat menggoda. Kita juga bisa membeli satu pack biji kopinya yang juga dijual di warung-warung.

Saat kopi ini dihidangkan kita akan merasakan kenikmatan dari aromanya yang wangi. Konon katanya minuman ini termasuk legendaris di Bukit Tinggi. Pak Presiden pun pernah mencicipinya dan mengakui kenikmatannya.

Tidak hanya menikmati kopi saja. Anda juga akan melihat bagaimana Alam Ngarai Sianok dari Bukit Apit. Lembah dan sungai yang berpadu menjadi satu membuat anda wajib membawa kamera dengan kualitas tinggi.

Cara Ke Objek Wisata dan Harga Tiket Masuk

janjang saribu bukittinggi

Janjang Saribu terletak di Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Menuju ke objek wisata ini kita bisa menggunakan dua cara. Pertama, dengan sewa mobil Fortuner dan menggunakan kendaraan kendaraan milik pribadi.

Kita bisa memulainya dari Taman Panorama dan Lobang Jepang yang jaraknya kurang lebih 2,2 km. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Arahkan kendaraan anda menuju ke Jalan Setia Budi.

Lalu, belok ke kiri menuju ke Jalan Merapi hingga menuju ke Jalan Bukit Apit. Tak berapa lama kemudian, kita akan sampai di Janjang Saribu. Kita pun bisa menggunakan transportasi umum dengan berangkat dari RSAM Bukittinggi. Naik, angkot dengan jurusan Bukit Apit- pasar bawah.

Lalu, turunlah di Bukit apit dan jalan kaki kurang lebih 400 meter. Harga yang harus di bayar 8 ribu rupiah dengan waktu tempuh 30 menit. Untuk harga tiketnya pun gratis. Kita hanya akan membayar uang parkir saja sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Janjang Saribu adalah pesona yang tidak boleh untuk ditinggalkan. Karena keindahannya memang wajib untuk diperjuangkan. Ayo datang dan nikmati objek wisata ini kalau perlu mari kita aja semua keluarga, sahabat, dan teman dan sewa bus yang sudah terpecaya untuk mengantar kita ke tempat ini.

Rate this post