Singgah di kota Padang, jangan sampai terlewatkan mengenal Jembatan Kelok Sembilan yang menjadi ikon wisata kekinian Padang. Viral beberapa tahun belakangan, kelok sembilan  menyuguhkan pengalaman travelling yang berbeda.

Jembatan Kelok Sembilan Tempo Dulu

kelok sembilan

Jembatan Kelok Sembilan ini merupakan jalan raya penghubung antara provinsi Sumbar dan Riau. Ruas jalannya memiliki sembilan tikungan dengan jarak sekitar 30 meter. Tikungannya inilah yang menjadi keunikannya.

Baca juga, 7 Tingkatan Air Terjun Timbulun Yang Menantang Adrenalin

Tantagan menyusuri jalan yang menegangkan inilah yang menarik para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar pulau pun penasaran ingin mencoba menjajal Kelok Sembilan ini. Jembatan Kelok Sembilan terletak di kawasan Payakumbuh, Bukittinggi, Pekanbaru Sumatera Barat.

Dulu, jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda di tahun 1908 sampai 1914.

Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan dari utara ke selatan Pulau Sumatera. Sejak dibangunnya jalan ini, tak adanya perubahan pelebaran jalan yang berarti karena terkendala masalah medan jalan yang sulit.

Dan berdasarkan catatan sejarahnya, jalan ini pada mulanya sudah menjadi jalan tersibuk di Sumatera. Tercatat dalam sehari bisa dilalui sampai lebih dari 10 ribu unit kendaraan yang bakal meningkat di akhir pekan atau hari libur.

Persoalan penyempitan jalan akibat ramainya lalu lintas di jalan ini membuat pemerintah setempat mengusulkan untuk membangun jembatan jalan layang.

Akhirnya dibangunlah jembatan layang yang pengerjaannya dimulai dari tahun 2003 hingga 2013. Tercatat membutuhkan 10 tahun pengerjaan yang tidak mudah. Namun seakan tidak sia–sia, kini jembatan layang Kelok Sembilan menjelma menjadi ikon wisata yang megah.

Kemegahan Jembatan Kelok Sembilan

Kemegahan Kelok Sembilan ini diklaim mirip dengan jalan berkelok serupa di luar negeri seperti China.

Dengan lebar sekitar 300 meter, membuat jalan layang ini menjadi jalan raya terkesktrim di Indonesia. Karena keekstrimannya, membuat wisatawan berbondong – bondong ingin menjajal menelusuri jalan layang menantang ini.

Semenjak saat itu pulalah, jembatan Kelok Sembilan menjadi ikon wisata yang gagah di provinsi Sumbar. Banyak orang yang datang ke tempat ini yang memang hanya lewat. Namun ada juga yang kesini menggunakan sewa mobil Fortuner untuk tujuan berwisata.

Diketahui, jembatan ini selesai dan diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu.  Jembatan ini dilengkapi 6 ruas jalan layang sepanjang 959 meter dengan jalan penghubung total panjangnya sekitar 1.537 meter.

Apa yang Unik dari Jembatan Kelok Sembilan?

Pengendara akan merasakan pengalaman melintas dari bawah jembatan dan melihat megahnya fondasi jembatan yang menopang rangkaian jembatan tersebut.

Sebelum berputar dan merangkak naik ke atas bukit, anda akan disuguhkan dengan latar pemandangan yang indah dan megah. Yaitu hamparan alam dan pengunungan.

Anda juga bisa melihat dua bukit cantik seperti bukit Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau yang dikenal dengan Taman Yosemite Indonesia.

Melintasi jembatan Kelok Sembilan ini memang tak hanya menawarkan pesona pemandangannya saja, Anda juga bisa berhenti pada spot tertentu untuk mengunjungi destinasi wisata lainnya. Seperti Lembah Harau yang ada di titik Kelok Sembilan ini.

Tidak hanya itu, jembatan Kelok 9 ini memiliki spot foto yang super instagrammable buat Anda berfoto. Sayang jika dilewatkan, maka tak heran banyak sekali kendaraan berhenti untuk sekedar berfoto pada spot cantik ini.

Anda bisa memilih spot foto dengan latar pemandangan yang keren seperti latar bukit, lembah, hutan hijau dan bahkan dengan latar jembatan kelok 9 itu sendiri. Cukup cari spot foto yang tepat, dengan angle yang tepat, Anda bisa menghasilkan foto keren yang berkesan.

Ada spot foto yang cantik terdiri dari hiasan bunga taman yang berbentuk “cinta” dengan pagar sungai yang mengalir deras.

Setelah naik ke atas, ada jejeran warung yang menanti di tepian pagar jembatan. Di ketinggianya yang paling atas terdapat spot foto yang dilatar belakangi jembatan kelok 9 yang gagah.

Di tempat ini pula lah,  Anda bisa melihat kemegahan jembatan layang Kelok Sembilan dari atas ketinggian secara keseluruhan.

Tak hanya bagus berfoto, jalan Kelok Sembilan juga sering menjadi lintasan event – event nasional dan internasional seperti menjadi venue balap sepeda internasional.

Perlu diingat, sebelum berkendara di jembaan Kelok Sembilan ini ada baiknya Anda sewa mobil atau naik mobil pribadi untuk memudahkan Anda bisa berhenti pada titik yang Anda inginkan di jalan ini.

Apa yang Perlu Ditata dari Jembatan Ini?

Wisata jembatan kelok sembilan

Karena dirasa pemanfaatan jalan layang ini melenceng dari fungsinya sebagai jembatan penghubung, hal ini disebabkan banyak pengendara yang berhenti dan parkir sembarangan untuk berfoto maupun mampir di warung pinggir jalan.

Oleh karena itu, perlunya penataan kembali fungsi jalan penghubung Kelok Sembilan ini tanpa menghilangkan minat potensi wisata dari pengunjung yang lewat.

Dan saat ini pemerintah setempat sedang merencanakan penataan daerah yang akan mengembangkan potensi wisata Kelok Sembilan. Seperti mendapatkan izin dari kementerian Kehutanan untuk penggunaan hutan sebagai objek wisata.

Selain itu, pemerintah juga mencanangkan pembangunan menara setinggi 60 meter yang akan dilengkapi dengan elevator untuk mempermudah akses masyarakat yang ingin berwisata di tempat ini.

Selain menara, akan disediakan gedung yang menyediakan lokasi parkir serta prasarana untuk para pedagang kaki lima.

Wisatawan tentunya bakal menanti program ini dengan antusias. Namun terlepas dari itu, jika Anda ingin tetap berwisata ke jembatan Kelok Sembilan ini, disarankan untuk memperhatikan peraturan berkendara yang baik, seperti tidak berhenti sembarangan di ruas jalan yang dapat menyebabkan kemacetan.

Baca juga, Rumah Peristirahatan Balai Campago, Fasilitasnya Siap Memanjakan Anda

Nah, bagi Anda yang ingin datang langsung mencoba menelusuri kegagahan dan kemegahan jembatan Kelok Sembilan ini, jangan lupa memilih kendaraan yang tepat untuk sampai ke lokasi ini. Sebaiknya memilih kendaraan pribadi atau rental mobil Avanza untuk bisa sampai kesini.