Aneka kuliner yang ada di Sumatera Barat pada umumnya selalu identik dengan menu nasi Padang. Padahal, hidangan nasi Padang bukanlah menu satu-satunya yang ada di kota Padang. Karena Sumatera Barat masih memiliki banyak sekali aneka hidangan lokal yang murah dan lezat untuk dinikmati.

Maka dari itulah, kini Anda bisa merencanakan untuk menikmati kuliner lokal dari sekarang. Apalagi kuliner lokal khas Padang bisa ditemukan hampir di semua area. Entah itu dari kedai yang ada di pinggir jalan sampai dengan di restoran. Salah satu tempat terbaik untuk berburu kuliner adalah berkunjung ke Katupek Pitalah Purus 3.

Baca juga, RM Lamun Ombak Tempatnya Kuliner di Padang Bersejarah

Disini menyediakan katupek. Yaitu, sebuah hidangan berbentuk ketupat sayur khas dari kota Padang. Menu hidangan ini terdiri atas beberapa potongan ketupat, nangka muda, rebung, dan juga kuah santan. Cara penyajiannya cukup unik. Karena akan ditambahkan dengan kerupuk merah muda yang telah dihancurkan di atas ketupat.

Menu Katupek Pitalah Purus 3

Katupek Pitalah Khas Padang

Sebagian besar orang yang bukan dari kota Padang mungkin akan merasa asing dengan nama katupek ini. Padahal, sebenarnya katupek ini adalah ketupat. Untuk rasanya sendiri lebih enak dari ketupat pada umumnya. Tak heran jika saat ada seseorang yang mencobanya, pasti dia akan kembali lagi untuk membelinya.

Selain rasanya yang enak, tekstur katupek disini juga sangat lembut. Jadi, meskipun katupek ini dipotong besar-besar, namun Anda tidak akan pernah kesulitan untuk menyantapnya. Apalagi dengan siraman gulai nangka dan rebung dan kerupuk. Rasanya benar-benar sempurna untuk harga menu Rp 6.000, – per porsi ini.

Keunikan Proses Pembuatan Katupek Pitalah

Ada banyak keunikan yang dihadirkan pada menu katupek pitalah ini. Sehingga, tak heran bila siapapun yang berkunjung ke kota Padang pasti ingin mencobanya. Kata katupek itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Minang yang artinya ketupat. Sedangkan Pitalah merupakan nama tempat di kawasan tanah datar.

Sementara itu, katupek pitalah beserta karupuak pitalah ini sebenarnya berasal dari Bungo Tanjung. Hanya saja, diantara keduanya, yang paling terkenal adalah katupek pitalah. Anda bisa menjadikan menu ini sebagai pengganti nasi. Karena katupek ini berasal dari beras juga.

Hanya saja dalam proses pembuatannya dibuat dengan air yang lebih banyak. Sehingga, nasi yang dihasilkan menjadi lebih lunak, layaknya bubur. Setelah matang, kemudian katupek ini didiamkan di wadah hingga berbentuk ketupat yang kenyal dan lembut.

Selanjutnya untuk kuahnya berasal dari bahan utama, seperti rebung, kol, timun, dan lobak. Semua bahan itu nanti akan dimasak bersama santan dan juga bumbu-bumbu khasnya. Dimana bumbu khasnya tersebut meliputi kunyit, jahe, lada, lengkuas, kemiri, gula, dan cabai.

Semua bahan yang disiapkan nanti akan dicampur menjadi satu sampai matang. Barulah kemudian, katupek ini nanti siap untuk disajikan bersama dengan kuah nangka dan kerupuk. Dengan mencoba makanan inilah Anda bisa merasakan sensasi menu yang luar biasa.

Harga Menu Katupek Pitalah

Kuliner katupek pitalah ini hanya dijual di hari minggu saja, di pasar. Disinilah Anda bisa menyantap ketupat berukuran raksasa dari ketupat pada umumnya. Selain itu, ketupat ini nanti akan ditambahkan dengan sayur dan gulai yang dihangatkan dari belanga tanah.

Sehingga, aroma dan cita rasa yang dihasilkan benar-benar khas. Anda bisa menemukan penjual ketupek pitalah ini di kawasan pasar pitalah. Harganya sendiri sangat terjangkau. Yaitu sebesar Rp 5.000, – saja per porsi. Jadi, harganya terbilang cukup terjangkau untuk semua kalangan. Mungkin akan dikenai biaya tambahan untuk parkir jika Anda datang kesini menggunakan kendaraan sewa mobil Avanza, maupun lainnya.

Alamat Katupek Pitalah Purus 3

Foto Pengunjung Katupek Pitalah

Lokasi Katupek Pitalah Purus 3 ini berada di Jl Purus III nomor 24. Dimana kedai ini hanya buka di jam 6 pagi sampai dengan jam 09.30 pagi saja. Kuliner ini sudah ada sejak 1983 yang lalu. Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu menu sarapan pagi yang lezat.

Baca juga, Jangan Ngaku Gaul, jika Belum ke Kopmil Om Ping Pondok

Maka dari itulah, untuk Anda yang sedang berkunjung ke kota Padang, sebaiknya cobalah berkunjung ke Katupek Pitalah Purus 3 ini. Karena disini menyediakan menu sarapan pagi yang tidak biasa, dan pastinya berbeda sekali dengan menu yang disajikan di kota-kota lain pada umumnya. Masalah kendaraan tidak perlu khawatir, karena sudah banyak layanan sewa mobil Innova di Padang.

Rate this post