Solok yang kita kenal sekarang sebagai sebuah kota ternyata baru resmi dinobatkan sebagai salah satu kota di Sumatera Barat pada tahun 1946 silam. Melihat dari berbagai potensi, termasuk salah satunya wisata yang memang menjanjikan, Solok ini akhirnya menjadi salah satu kota paling strategis di Sumatera Barat. Asal mula kota ini bersumber dari satu saja wilayah adat, yaitu Nagari Solok pada masanya.

Berbagai aspek dipertimbangkan sampai dengan Solok ini bisa menjadi sebuah Kotamadya, salah satunya adalah potensi wisata di dalamnya. Ketika berkunjung ke kota Solok, ada banyak destinasi wisata, terutama wisata alam yang disuguhkan salah satunya Kebun Teh Alahan Panjang. Wisata, seperti yang kita ketahui merupakan kegiatan yang amat bebas, terlepas dari segala aturan, dan akhirnya bisa membawa ketenangan jiwa dan raga.

Wisata Nuansa Alam di Kebun The Alahan Panjang

wisata alam Pesona Kebun Teh Alahan Panjang

Kota Solok sendiri memiliki banyak destinasi wisata, satu di antaranya adalah lahan perkebunan atau kebun teh alahan panjang yang membentang dengan amat asrinya. Di Jawa, kita memiliki perkebunan ten meluas yang memanjakan mata, yakni Kota Bogor atau Puncak. Di Sumatera, Anda bisa mengunjungi Solok untuk mendapatkan nuansa hijau nan asri yang biasa didapatkan di Bogor atau Puncak selama di Jawa tersebut.

Baca juga, Green House Lezatta Bukittinggi, Lokasi Tepat Untuk Liburan Bersama Keluarga

Berbagai Hal Menarik yang Bisa Anda Dapatkan

Banyak hal unik dan menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur seru ke Kebun Teh Alahan Panjang yang berlokasi di Solok tersebut. Di antaranya Anda bisa menikmati keindahan alam yang asri dan sejuk dari hamparan kebun teh itu. Bukan hanya memanjakan mata, namun Anda juga bisa menikmati keasrian alam dengan menikmati segelas minuman hangat yang disediakan oleh para pedagang local di sana.

Lokasi Wisata yang Strategis

Demi mencapai lokasi wisata kebun teh ini, Anda mesti menempuh jarak yang menyampaikan Anda ke Lembag Gumanti, Solok. Karena destinasi wisata yang akan Anda kunjungi ini merupakan hamparan alam terbentang, maka dijamin tidak akan sulit untuk menemukannya. Tidak seperti ketika Anda harus bersusah payah menemukan air terjun tersembunyi di Solok atau kota lainnya.

Akses untuk Mencapai Lokasi Kebun Teh Alahan Panjang

Jalan menuju destinasi wisata Kebun Teh yang berlokasi di Solok ini terbilang amat mulus dan tidak menyulitkan sama sekali. Pasalnya di sini Anda tinggal menempuh perjalanan ke arah kota Solok dari Padang sekitar 1 jam perjalanan saja. Jika terkesan lama, semua kelelahan Anda akan terbayarkan oleh indahnya panorama alam yang diberikan oleh kota Solok tersebut. Apalagi ketika Anda sudah sampai di lokasi wisata kebun tehnya. Jika Anda berasal dari luar daerah, Anda bisa sewa mobil Innova di sekitar Solok.

Tidak Ada Biaya Tiket Maupun Parkir

Bagi Anda yang tergiur untuk segera berkunjung ke lokasi wisata Kebun Teh Alahan Panjang ini, namun terkendala dengan pemikiran tiket masuk dan biaya parkir, jangan khawatir. Karena untuk merasakan keasrian lokasi tersebut Anda sama sekali tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Ini bisa jadi karena lokasi kebun teh masih aktif dijadikan lahan untuk pekerjaan dan olahan teh-teh yang kita minum setiap hari.

Bebas Jam Operasional

Karena untuk tiket masuknya saja tidak ditetapkan atau dalam artian gratis, maka dapat dipastikan bahwa jam operasionalnya pun sama sekali tidak berlaku. Tapi, tentu saja kita harus memiliki etika berkunjung ke suatu tempat. Kalau malam hari tentu saja kita tidak akan mendapatkan apa-apa, di samping juga tidak sopan kalau berkunjung membawa pasangan yang belum sah. Apalagi membawa anak, seram!

Fasilitas di Kebun Teh Alahan Panjang

Untuk fasilitas yang bisa Anda dapatkan selama berlibur seru di Kebun Teh Alahan Panjang ini ada banyak. Lahan parkir gratis, makanan dan minuman dengan harga bersahabat dengan dompet, juga ilmu berkebun teh gratis dari para pekebunnya langsung. Yang pasti adalah ada banyak sekali spot foto bagi Anda yang suka memamerkan beragam keindahan alam berikut selfie diri di ragam social media Anda.

Tips Berwisata ke Kebun Teh Alahan Panjang

Pesona Kebun Teh Alahan Panjang

Tips bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi Kebun Teh Alahan Panjang adalah untuk selalu menggunakan pakaian hangat karena di sana dingin. Selalu waspada ketika berkendara karena biasanya rute menuju perkebunan teh itu banyak kelokan. Supaya lebih aman, lebih gunakan rental mobil Fortuner lokal yang sudah paham medan menuju lokasi. Jangan lupa membawa uang agar bisa bercengkerama dengan warga local sambil minum kopi hangat ditambah gorengan hangat yang melengkapi liburan Anda.

Baca juga, Lubuk Minturun, Objek Wisata Alam yang Beragam

Tertarik untuk menelusuri alam Indonesia melalui hamparan Kebun Teh Alahan Panjang yang berlokasi di Solok tersebut? Ini saatnya bagi Anda untuk menyisihkan sebagian uang Anda demi melengkapi libur panjang Anda ketika berkunjung ke Solok. Jangan lewatkan destinasi wisata murah meriah yang memanjakan mata satu ini. Dijamin Anda tidak akan menyesal ketika mencoba mendatanginya.

Hamparan Kebun Teh Alahan Panjang yang Hijau nan Asri
5 (100%) 1 vote[s]