Berbicara mengenai produk komoditinya Indonesia memang juara. Seperti halnya kopi yang kenikmatannya sudah sampai ke luar negeri. Begitu pula dengan cita rasa tehnya yang tidak kalah menggoda Untuk dinikmati di kala pagi.

Di Sumatera Barat, ada sebuah objek wisata yang mampu menghasilkan cita rasa teh kelas dunia. Kebun Teh Liki, nama yang sudah tidak asing lagi dikalangan wisatawan. Rasanya sangat sempurna, sekali teguk dijamin anda akan ketagihan.

Seputar Kebun Teh Liki

Sekilas Kebun Teh Liki

Objek wisata ini didirikan pada tahun 1990. Terletak di kaki Gunung Kerinci di atas ketinggian 600 hingga 1300 mdpl. Sehingga, suhu udara yang dihasilkan membuat semua orang tidak berdaya untuk menghirup kesegarannya.

Hampir 80 persen penduduk Indonesia adalah penikmat teh yang berasal dari tempat ini. Ada beberapa macam teh yang bisa diproduksi yaitu Teh Hitam, Red sinensis, Teh Putih, Hijau. Serta Green sinensis yang konon katanya di ekspor hingga ke eropa.

Baca Juga, Wisata Alam Tonang, Liburan Seru Ditaman Bunga Pasaman

Proses Pembuatan Teh

Proses pembuatannya teh ini sendiri memang tidak mudah dan tidak juga rumit. Daun yang sudah dipetik akan singgah di Stasiun Weathering Through terlebih dulu hingga pucuk daunnya layu. Kemudian, di panaskan dengan Mesin Rotan Panner dengan suhu mencapai 200 derajat celcius dalam waktu 7 menit.

Fungsi dari proses ini akan menghilangkan kadar air dan enzim dalam daun teh. Tahap selanjutnya adalah didinginkan agar tidak terjadi fermentasi dan teh bisa diseduh dengan sempurna.

Lalu, pucuk daun akan digulung dengan menggunakan mesin Oven Top Roller. Dari tahap ini kita akan tahu mana yang masih layak dan yang tidak. Kemudian, di keringkan kembali hingga kadar air yang terkandung hanya 5 persen saja. dan membutuhkan waktu 8 – 12 jam. Terakhir adalah proses pengemasan dan sortiran. Kualitas yang paling bagus yang akan dijual ke pelanggan.

Mengapa Anda Harus Pergi Ke Kebun Teh Liki?

Sunset Kebun Teh Liki

Tidak hanya pemandangan hijau dan mempunyai suhu udara yang sangat sejuk. Tetapi, ada beberapa alasan lain yang membuat Kebun Teh Liki selalu direkomendasikan oleh beberapa biro perjalanan yang menyewakan jasa sewa bus atau juga sewa mobil dengan harga terjangkau.

Produksi Teh Terbesar di Sumatera Barat

Kebun Teh Liki ini memiliki luas 2.025 hektar dan merupakan kebun terluas di dunia. Mampu menghasilkan kurang lebih 4800  ton pertahun. Dimana 10 persenya di impor ke luar negeri. Dan, 350 kilogramnya adalah produksi White tea.

Nah, teh putih inilah yang menjadi kebanggaan Penduduk sekitar. Jadi, jangan sampai terlewatkan. Konon rasanya sangat nikmat dan membuat anda melayang. Tidak hanya Teh putih saja yang mempunyai prestasi tetapi, Kebun  Teh Hijaunya ditetapkan sebagai Produsen terbesar di Asia Tenggara.

Memiliki Kualitas Teh Terbaik di Indonesia

Bisa dibilang tempat ini memiliki standar rasa teh yang paling baik. Karena hanya mengolah pucuk yang memiliki 3 daun saja. Pucuk seperti ini, memiliki tingkat kehalusan rasa yang luar biasa.

Penduduk yang Ramah

Saat kita berkunjung ke Objek wisata ini, kita bisa melihat beberapa warga yang memetik teh. Menariknya lagi mereka sangat ramah dan bersahaja. Cobalah datang saat jam makan siang. Beberapa petani ini akan mengajak anda untuk menikmati santap siang yang sudah mereka bawa.

Melihat Kokohnya Gunung Kerinci

Disarankan untuk datang ke tempat ini pada pagi hari. Karena, hanya di kala pagi saja kita bisa melihat bagaimana pesona Gunung Kerinci yang benar-benar menakjubkan. Seperti berada di depan mata.

Banyaknya Warung-Warung

Menikmati Kebun Teh Liki bisa dengan duduk-duduk di warung yang tersebar di berbagai penjuru perkebunan. Cobalah rasakan kenikmatan teh asli dari perkebunan ini dan beberapa camilan nikmat. Harganya pun cukup bersahabat di kantong.

Letak Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kebun Teh Liki terletak di Lubuk Selatan Gadang, Sangir, Kabupten Solok Timur, Sumatera Barat.  Dari Majelis Taklim Baitul Mukhlisin menuju ke objek wisata kurang lebih 14 km. Dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Tentunya untuk akses Transportasi ke wilayah ini cukup mudah di lalui dengan kedaraan roda dua maupun roda 4. Juga terdapat banyak pilihan sewa mobil avanza dan lain-lain untuk mengantar Anda.

Dari Jalan Padang  Aro – Sungai Penuh arahkan kendaraan menuju ke Jalan Bangun Rejo. Kemudian, belok ke kiri menuju ke Durian Tarung. Berjalanlah kurang lebih 4 km kedepan hingga sampai di Kebun Teh Liki. Untuk menikmati kesejukan dan kesegaran di tempat ini. Kita akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Baca Juga, Tabiang Takuruang, Landmark Destinasi Wisata di Agam

Kebun Teh Liki adalah pesona Kabupaten Solok yang sudah mendunia. Ayo kunjungi dan jangan lupa untuk membeli tehnya sebagai oleh-oleh. Karena, belum ke Solok kalau belum mencicipi Teh putihnya.

Rate this post