Kedai Teh Talua Mak Etek merupakan salah satu tempat kuliner yang sedang hits di kota Padang. Karena kedai ini menyediakan salah satu minuman khas yang terkenal di Padang, yaitu teh telur. Teh telur ini disebut juga dengan teh talua. Minuman ini menggunakan telur sebagai bahan dasarnya.

Karena bahan dasar yang digunakan menggunakan telur, sehingga hal ini membuat minuman teh talua ini berhasil meraih juara III sebagai minuman tradisional paling populer. Minuman ini berhasil meraih penghargaan di ajang Anugerah pesona Indonesia di tahun 2017 yang lalu.

Baca juga, Jangan Ngaku Gaul, jika Belum ke Kopmil Om Ping Pondok

Yang membuatnya semakin terlihat menarik adalah, karena setelah minuman ini diracik dan siap untuk disajikan ke pengunjung, ada 1 hal yang berbeda. Yaitu, Anda akan melihat tingkat lima dari beragam warna pada teh telur ini. Yaitu, ada bata maroon, cream susu, peach, coklat, dan warna kuning gading.

Bisa dibilang bahwa teh ini seakan-akan memiliki 5 gradasi warna yang bervariasi dan memiliki bahan yang berbeda-beda. Maka dari itulah, tak heran jika teh talua ini bisa diartikan sebagai teh 5 warna. Dengan 5 warna yang disajikan itu pula membuat teh ini tak pernah lenggang oleh waktu.

Fakta Menarik Kedai Teh Talua Mak Etek

Menu Selain Teh Talua

Ketenaran dari Kedai Teh Talua Mak Etek ini tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada banyak hal menarik yang terjadi pada kedai ini. Sehingga, tak heran jika kedai ini menjadi terkenal hingga saat ini. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik kenapa kedai ini bisa terkenal sampai saat ini, antara lain;

  1. Fakta paling menarik dari Kedai Teh Talua Mak Etek adalah memiliki omset per hari hingga 3 juta rupiah. Karena dalam 1 hari, rata-rata penjualan teh telur ini bisa habis hingga 300 butir. Sementara itu, untuk setiap gelasnya minuman ini dijual senilai 10 ribu rupiah.
  2. Kedai ini sudah berusia hingga 39 tahun. Karena warung ini dibuka dari tahun 1978. Meskipun sudah tua, namun pemilik warung tidak pernah ingin mencoba usaha lainnya. Karena pihak pengelola warung ingin agar kuliner khas Padang ini tetap bertahan dan dikenal banyak orang.
  3. Tak dapat disangka, bila ternyata kedai ini kerap didatangi oleh para pejabat. Letaknya sendiri ada di pusat kota. Banyak pejabat, termasuk TNI dan aparat kepolisian kerap berkunjung ke kedai ini. Bahkan, Desri Ayunda sering minum teh telur juga di tempat ini.
  4. Minuman ini bisa meningkatkan vitalitas pria dengan baik. Sehingga, tak heran jika minuman ini selalu ramai dikunjungi oleh pria dewasa. Agar mereka bisa memuaskan istrinya. Maka dari itulah, bisa dikatakan bahwa minuman ini cocok untuk mereka yang sudah berumah tangga.

Harga Menu Teh Talua Mak Etek

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa kedai ini menyediakan teh telur dengan 5 gradasi warna yang berbeda-beda. Untuk proses pembuatannya biasanya dimulai dengan cara memisahkan kuning telurnya dulu. Setelah itu, kuning telur tersebut dikocok sampai berbusa.

Kemudian, di atas busa kuning telur ditambahkan teh hitam dari Medan yang kepekatannya lebih pekat dari teh pada umumnya. Setelah itu, minuman ini diberikan tambahan pemanis, seperti susu dan perasan dari jeruk nipis. Agar hasilnya tidak amis saat diminum.

Baca juga, Warung Kopi Nan Yo, Kedai Legendaris Berdiri Sejak 1932

Minuman yang berasal dari teh dan telur ini cukup terkenal sampai saat ini. Di kedai Mak Etek inilah Anda bisa menikmati teh talua ini dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan menyiapkan uang sebesar Rp 10.000, – saja, Anda sudah bisa menikmati minuman ini untuk setiap gelasnya.

Kedai Teh Talua Mak Etek

Namun, untuk wisatawan yang tidak sempat berkunjung ke kedai Mak Etek, Anda juga bisa menemukan minuman ini di rumah makan Padang lainnya. Hanya saja untuk cita rasanya sudah pasti masih kalah dari kedai Mak Etek ini. Tak heran jika meskipun banyak yang menirukannya, tetap saja kedai ini ramai pengunjung.

Lokasi Kedai Teh Talua Mak Etek

Lokasi Kedai Teh Talua Mak Etek ini berada di Jl Tanah Sirah, di kota Padang. Di kedai ini menyediakan berbagai macam varian warna minuman teh telur yang unik dan menarik. Maka dari itulah, jika Anda menginginkan kuliner yang unik, tak ada salahnya berkunjung ke kedai Mak Etek ini.