Keajaiban yang Hanya Ada di Kepulauan Mandeh – Keajaiban alam yang dimiliki oleh Sumatra Barat memiliki daya pemikat tersendiri bagi setiap wisatawannya yang datang kemari. Sawah yang hijau, pengunungan yang tinggi, ngarai yang sangat dalam dan rumah yang memiliki ciri khas tertentu. Sumatra Barat memang masih sangat kental dengan budayanya. Hal ini dibuktikan dari rumah-rumah besar yang memiliki atap berbentuk tanduk kerbau. Makanan lezat yang menjadi ciri khas Sumatra yaitu rendang. Obyek wisata yang memiliki pesona pemikat wisatawan yaitu kepulauan Mandeh.

Kepulauan ini berada di barat daya Provinsi Sumatra Barat, menghadap ke Samudra Hindia dan lokasinya pun tidak jauh dari ibu kota Padang. Obyek wisata ini mendapat julukan sebagai Raja Ampat. Selain lokasinya yang cukup mudah dijangkau oleh para wisatawannya. Harga tiket yang harus dibayarkan oleh wisatawan juga cukuplah menghemat kantong. Selain menikmati keindahan dan panorama alamnya, pengunjung juga bisa melakukan aktifitas lain.

Mengenal Lebih Dalam Kepulauan Mandeh

Perbukitan-di-Pulau-Mandeh

Pemandangan perbukitan yang dimiliki oleh Raja Ampatnya sumatera barat ini memiliki luas mencapai hingga 70 Hektar. Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan adanya pemandangan di perbukitan saja. Melainkan pengunjung bisa menikmati keindahan surga di bawah laut. Kepulauan ini diliputi oleh 389 hektar pantai pasir putih dan hutan mangrove. Pemandangan yang begitu sangat indah menjadi tujuan para wisatawan untuk datang ke tempat ini.

Baca juga, Tabiang Takuruang, Landmark Destinasi Wisata di Agam

Keindahan yang dimiliki oleh Raja Ampat ini ditambah lagi dengan adanya daerah teluk yang begitu sangat mempesona dengan pulau-pulau kecilnya. Laut biru yang memikat mampu menenangkan wisatawan yang ada disana. Pemandangan fotogenik yang ada di raja Ampat begitu sangat sempurna.

Lokasi Kepulauan Mandeh

Kawasan happening ini berada di Jalan Batang Arau 88 Blok C7, kota Padang, provinsi Sumatera Barat. Jika dari kota Padang, kepulauan Mandeh ini berjarak 65 km. Anda bisa menjangkau wisata ini dengan menggunakan sewa mobil Avanza yang banyak tersedia di Kota Padang.

Berapa Biaya Menuju ke Lokasi?

Para wisatawan dapat menikmati panorama dan keindahan yang dimiliki Raja Ampat hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. harga tiket yang begitu sangat murah meriah. Meskipun dengan membayar tiket masuk yang begitu sangat murah, namun Anda bisa mendapatkan apa yang Anda cari. Infrastrukturnya yang sudah mendukung, penduduknya yang sangat ramah tamah. Para wisatawan yang datang dengan kesulitan, penduduknya pun tidak sungkan untuk membantu.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan

Snorkeling-di-Pulau-Mandeh

Aktifitas yang bisa dilakukan wisatawan selain menikmati suasana di kepulauan Mandeh yaitu sebagai berikut:

1. Snorkeling

Kepulauan ini memang sudah sangat terkenal sebagai pantai yang memiliki keindahan di bawah laut. Pemandangan terumbu karang, rumput laut dan hewan-hewan lautnya cukup menggugah jiwa wisatawan untuk melakukan snorkeling.

2. Berkemah

Datang ke pulau Raja Ampat bersama keluarga, bersama rombongan memang sangatlah menyenangkan. Namun kesenangan tersebut tidak akan lengkap tanpa mendirikan tenda di sana. Meskipun di sana ada banyak tempat penginapan, namun jika Anda ingi berkemah dan mendirikan tenda di sana, tidak ada masalah.

3. Terjun payung

Aktifitas terjun payung memang sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak? Anda bisa terbang di udara, melihat pemandangan di kepulauan Mandeh dari atas. Pemandangan yang begitu sangat menggoda iman untuk bisa terbang mengelilingi pulau Sumatra Barat ini.

4. Banana boat

Ingin mengelilingi pulau Raja Ampat? Tentu saja tidak hanya sekedar impian belaka. Anda bisa menggunakan bantuan banana boat untuk menghantarkan Anda mengelilingi pulau. Pulau yang begitu sangat luas ini memang wajib Anda hampiri. Karena pemandangan indah yang dimiliki pulau ini tidak akan Anda jumpai di tempat lain.

5. Memancing

Kegiatan memancing bisa Anda lakukan sebagai penghilang setres. Anda tidak perlu membawa alat pancing dari rumah, karena di pulau ini sudah ada banyak tempat penyewaan alat memancing.

Fasilitas yang Ada di Kepulauan Mandeh

Fasilitas yang akan di dapatkan dari obyek wisata ini yaitu:

1. Penginapan

Di kawasan kepulauan Raja Ampat, Anda akan menemukan banyak penginapan yang menyediakan berbagai jenis fasilitas. Penginapan yang sangat nyaman siap memberikan ketenangan bagi Anda. Penginapan yang ditawarkan kepada pengunjung sangat dekat dengan pulau. Hal ini siap memanjakan para wisatawan untuk menikmati keindahan pulau melalui balik cendela.

2. Area bersantai

Di sana Anda akan menemukan tempat area bersantai dengan udara yang sangat sejuk. Tempat santai ini akan membuat Anda bisa melihat secara langsung pemandangan yang ada di pulau.

3. Fasilitas toilet

Anda tidak akan sulit menemukan toilet pada saat Anda sudah sampai di pulau, karena kepulauan Raja Ampat ini sudah menyediakan fasilitas berupa toilet.

4. Warung makan

Selain nyaman, fasilitas warung makan menyuguhkan  berbagai jenis minuman hangat, minuman dingin dengan tempat duduk yang sangat nyaman.

Rute Menuju Lokasi Wisata Mandeh

Jika Anda sudah sampai di Bandara Internasional Minangkabau, Anda dapat menggunakan transportasi jalur laut atau darat. Anda bisa menemukan banyak sewa mobil Innova atau taksi. Apabila Anda ingin perjalanan yang cepat, Anda bisa menggunakan transportasi laut dengan mengendarai kapal dari Bungus atau Teluk Bayur.

Keunikan Wisata Kepulauan Mandeh

Keunikan yang akan Anda dapatkan dari pulai ini yaitu sebagai berikut:

  1. pulau Mandeh bukan nama pulau, akan tetapi julukan beberapa pulau yang ada di kawasan perairan laut di pesisir Selatan provinsi Sumatra Barat.
  2. Mandeh terkenal sebagai kepulauan perawan, karena belum banyak diketahui oleh orang.
  3. Pulai ini memiliki keindahan bawah laut yang begitu sangat menakjubkan.

Baca juga, Banto Royo Agam, Wisata Baru yang Lagi Hits di Sumbar

Itulah keindahan dan panorama yang akan Anda jumpai ketika Anda berada di Raja Ampat atau pulau Mandeh yang begitu sangat mempesona.

Rate this post