Bukan jadi rahasia lagi bila Indonesia mempunyai banyak pulau mulai dari yang sudah diketahui, sampai yang belum diketahui pun masih tersebar luas. Setiap pulaunya, menyimpan keindahan yang luar biasa salah satunya Kepulauan Mentawai. Seperti halnya Karimun Jawa yang menyimpan Surga bawah laut yang mengesankan.

Inilah Pesona Kepulauan Mentawai

pesona kepulauan mentawai

Saat menginjakkan kaki di sini. Kita akan disambut dengan kebudayaan, adat istiadat, serta tradisi yang masih dijunjung tinggi hingga sekarang. Tidak hanya sampai disitu, Mentawai menjadi spot surfing terbaik di dunia.

Baca Juga, Pemandian Alam Sako Tapan, Lestarikan Tradisi Budaya Sumbar

Hal itu dibuktikan dengan dijadikannya kepulauan mentawai sebagai tuan rumah di ajang surfing tingkat internasional. Menghadirkan 71 peserta dari seluruh negara di Dunia. Apalagi, Resort mewah yang hadir untuk melengkapi paket liburan anda disini.

Desa-Desa Adat Mentawai

Jangan heran bila menginjakkan kaki disini dan saat berkunjung ke salah satu desa yang ada disini, kita akan melihat beberapa penduduk yang menggunakan tato tradisional. Inilah budaya Warga mentawai yang mereka lestarikan.

Tato disini dibuat menggunakan bambu runcing kemudian, dipukul perlahan hingga membentuk sebuah gambar. Bukan sembarang gambar karena, mempunyai sebuah makna tersendiri.

Selain Tato, di desa adat ini kita akan melihat bagaimana cara mereka bertahan hidup. Begitu pula dengan upacara keagamaan yang sering dilakukan seperti Punen Puliajiat. Atau juga melakukan tari-tarian khas yang menarik untuk disimak.

Alam Terbaik di Dunia

wisata kepulauan mentawai

Setelah mengenal suku dan budaya, saatnya kita mengenal alam kepulauan mentawai yang bisa dibilang terbaik di dunia. Berikut ini, adalah Pesona Alam Mentawai yang namanya sudah dikenal di berbagai penjuru dunia.

1. Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Siberut yang konon katanya, dihuni oleh 150 spesies burung serta beberapa hewan lucu lainnya yaitu kura-kura, jelutung, musang, tikus, dan ular.

Selain itu, kita juga bisa melihat satwa endemic seperti lutung mentawai, simakobu. bokkoi, dan lillou. Patut berbangga pula karena, taman nasional ini di tetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO.

Menariknya lagi, disini kita juga bisa menikmati bunga-bunga yang mengagumkan seperti Anggrek Bulan, Kayu Gaharu, Anggrek Gunung, dan Bunga Bangkai serta masih banyak lagi jenis anggrek yang bisa kita nikmati disini.

2. Pemandian Kulu Lubuk

Ada lagi sebuah pemandian yang terletak di daerah terpencil. Menuju kesana saja harus menggunakan speed boat warga. Udaranya sangat sejuk, airnya sangat menyegarkan. Namanya adalah Kulu lubuk

3. Danau Rua Oinan

Selanjutnya, Danau yang letaknya berada di tengah-tengah hutan. Airnya sangat jernih dan bersih namanya adalah danau Rua Oinan. Dimana, penduduk sekitar sering menanam sagu sebagai makanan pokok mereka.

4. Air Terjun Bat Soumang

Kemudian, Air Terjun Bat Soumang, dimana kita akan melihat keindahannya yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Disini pula ada sebuah sungai yang alirannya sangat deras dikelilingi akar rotan dan pepohonan menarik untuk olah raga arung jeram.

Pulau Teresoktis di Dunia

Objek wisata ini juga mempunyai pulau yang esoktis. Dimana, pulau-pulau tersebut mempunyai keistimewaan masing-masing. Ada yang memiliki ombak besar, ada yang memiliki karang-karang yang mempesona. Atau Tebing-tebing yang gahar yang siap memanjakan para pemanjat tebing.

Jangan dilewatkan pula surga bahari yang sesungguhnya dengan spot snorkeling dan Diving terindah di dunia. Terumbu karang yang terjaga dengan baik. Ikan-ikan warna-warni yang berenang kesana kemari menjadi suguhan yang sulit untuk ditolak.

Resort Mewah di Dunia

Jangan khawatir soal penginapan di Mentawai karena, kawasan ini sudah dipenuhi dengan berbagai resort mewah. Serta penginapan dengan fasilitas-fasilitas yang membuat anda nyaman. Seperti, berada di rumah sendiri.

Atau bisa juga menginap di rumah penduduk sekitar. Warga mentawai dikenal dengan keramahannya. Mereka sangat senang bila ada yang berkunjung ke rumah dan menginap. Rasakan pengalaman menarik berada di tengah-tengah suku adat asli mentawai.

Biaya Alternatif Pergi Ke Kepulauan Mentawai

Menuju ke mentawai memang diharuskan menggunakan kapal. Karena, disini belum tersedia bandara. Ada beberapa pilihan yang bisa kita jadikan sebagai referensi sebelum mengunjungi surga baharinya sumatera ini.

  1. Menggunakan KMP Ambu-ambu dan Gambolo yang berangkat dari pelabuhan penyeberangan teluk bungus yang bisa anda tempuh satu jam dari kota Padang. Kapal ini yang paling disukai oleh para Backpacker, harganya hanya 50 ribuan tetapi, membutuhkan waktu 12 jam perjalanan.
  2. Kapal Cepat Mentawai Fest dengan kapsitas 200 penumpang. Berangkat setiap pukul 7 pagi dan hanya melayani 6 hari keberangkatan dalam seminggu. Tarifnya 300 ribu rupiah. Dengan waktu tempuh 4 jam. Berangkat dari pelabuhan Muaro, disarankan untuk cek jadwalnya karena, tujuannya berbeda-beda.
  3. Berikutnya adalah menggunakan kapal jemputan dari resort. Biasanya beberapa resort menyediakan kapal penjemputan di titik penjemputan yang sudah disepakati.

Bila anda bingung pergi ke pelabuhan, anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Avanza yang siap mengantar anda dan menjemput kembali ke Pelabuhan. Dengan kondisi mobil yang bersih dan wangi serta harga terjangkau tentunya.

Baca Juga, Wisata Alam Tonang, Liburan Seru Ditaman Bunga Pasaman

Menarik sekali bukan kepulauan Mentawai ini. Tidak heran bila menjadi sasaran kunjungan wisatawan mancanegara. Mereka sudah menikmati pesonanya. Lalu, kapan anda akan mengunjungi kawasan ini? Ada banyak layanan rental mobil Alphard yang bisa disewa untuk mengantar Anda ke lokasi ini.

Rate this post