Pesona alam Padang memang sudah tidak diragukan lagi, mulai dari rumah adat Gadang hingga tempat-tempat wisatanya. Semuanya dianggap sebagai kebanggaan tersendiri bagi masyarakat kota Padang. Nah ada satu lagi kebanggaan masyarakat Padang yang tak boleh ketinggalan, yakni kuliner Padang yang terkenal menggugah selera.

Kuliner Padang ini sebenarnya tidak hanya sebatas masakan Padang saja, melainkan termasuk juga daerah-daerah sekitarnya. Hanya saja penyebutannya yang memang dari dulu, dan melekat hingga sekarang. Bukan hanya nasi padang, beberapa kuliner khas Padang ini juga terkenal enak dan wajib untuk Anda coba.

Keunikan Masakan Padang

Aneka kuliner Padang ini berasal dari berbagai kawasan Minangkabau, seperti Pariaman, Bukittinggi, Solok, Payakumbuh, dan yang lainnya. Di mana masakan-masakan ini terkenal akan keenakannya di seluruh penjuru negeri hingga di berbagai negara. Bahkan masakan rendang, salah satu masakan khas Padang ini dinobatkan sebagai masakan terenak di dunia.

Tidak hanya enak, namun untuk penyajian masakan Padang ini juga terbilang unik dan kreatif. Jika berkunjung ke salah satu restoran Padang, maka Anda akan melihat para karyawan yang membawa menu dengan piring bertingkat-tingkat. Anehnya, dengan lihai mereka membawanya tanpa ada satu pun yang terjatuh, seperti sebuah pertunjukan.

Beberapa masakan Padang yang terkenal selain nasi Padang adalah dendeng balado, soto Padang, sambal lado, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk menjaga keaslian rasanya, beberapa restoran Padang sengaja mengundang juru masak dari kota Padang. Tidak hanya itu, restoran Padang yang tersebar di berbagai wilayah juga sengaja mengambil bahan langsung dari kota Padang.

Dari berbagai menu tersebut, Anda bisa memilih masakan yang Anda inginkan dan hanya membayar berdasarkan apa yang dimakan. Tidak seperti restoran di daerah lain, di mana Anda harus membayar semua makanan yang sudah disediakan di atas meja. Saat Anda akan membayar di kasir, karyawan lain akan memeriksa makanan apa saja yang telah Anda ambil.

Dijamin, Anda pasti akan puas dengan wisata kuliner Padang ini.

Kuliner Khas Padang

Meskipun namanya adalah masakan Padang, namun makanan ini bisa dijumpai di daerah mana pun tak terkecuali daerah Anda. Sebab banyak orang Padang sendiri yang mencoba peruntungan membuka usaha rumah makan dengan merantau ke luar kota bahkan pulau. Berikut adalah beberapa kuliner khas Padang selain nasi padang.

1. Sate Padang

Sate Padang

Biasanya, sate dikenal dengan bumbu khasnya yakni bumbu kacang serta kecap manis. Bagi Anda penyuka pedas, bisa juga ditaburi dengan irisan cabai rawit dan bawang merah. Namun berbeda dengan sate padang ini, karena bumbunya yang kental dan berwarna kuning justru lebih mirip kuah kari.

Kuah ini merupakan kaldu dari daging yang dibuat sate itu sendiri, kemudian diberi kunyit agar terlihat kuning. Setelah itu ditambahkan bumbu rempah-rempah untuk memperkaya rasa, dan khas dengan rasa asinnya. Lalu kuah tersebut diberi adonan tepung beras yang sudah dicampur dengan air.

Untuk dagingnya sendiri, pada awalnya menggunakan jeroan daging sapi. Namun seiring permintaan dari konsumen, sate padang juga menggunakan daging kambing atau daging ayam. Biasa disajikan bersama lontong atau ketupat dan taburan bawang goreng.

2. Soto Padang

Soto Padang

Siapa yang tidak mengenal soto, seperti halnya sate, masakan berkuah yang satu ini memang ada di mana-mana. Bahkan di daerah Padang, dan sesuai nama daerahnya sehingga masakan ini disebut dengan soto padang. Sama seperti soto pada umumnya, hanya saja soto ini menggunakan daging sapi yang diiris lalu digoreng.

Nah soto yang paling terkenal di daerah ini adalah soto garuda Padang, yang begitu melegenda karena kelezatan rasanya. Penasaran akan rasanya, jangan lupa kunjungi kedai soto saat berkunjung ke Padang ya.

3. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Sama seperti rendang, dendeng balado juga merupakan salah satu masakan khas Padang yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Hanya saja dendeng balado disajikan kering dengan cara digoreng, tidak memakai kuah seperti rendang. Untuk membuatnya, daging sapi diiris tipis melebar lalu digoreng hingga kering.

Sajikan bersama bumbu balado baik dengan cabai merah atau hijau, dengan cara menyiramnya di atas daging yang sudah digoreng.

4. Kalio Jariang

Kalio Jariang

Masakan Padang tidak hanya terkenal dengan masakan dagingnya saja, karena masakan ini juga terkenal akan kelezatannya. Kalio jariang, adalah masakan Padang yang berbahan dasar jengkol. Setelah dimasak, bau jengkolnya seperti hilang karena telah menyatu dengan bumbunya yang kaya akan rempah-rempah.

Sama seperti memasak jengkol pada umumnya, hanya saja kalio jariang dimasak dengan bumbu gulai khas Padang. Bisa disajikan bersama nasi hangat atau ketupat sayur.

5. Gulai Banak

Gulai Banak

Padang memang kaya akan masakan gulai, selain kalio jariang ada juga gulai banak atau gulai otak. Yakni otak sapi yang dipotong menjadi beberapa bagian, lalu dimasak dengan bumbu gulai berwarna kuning. Tidak hanya enak, gulai banak juga terkenal karena rasanya yang lembut.

6. Gulai Itiak

Gulai Itiak

Pada dasarnya gulai ini seperti masakan gulai pada umumnya, hanya saja namanya sedikit berbeda dari yang lainnya. Karena jika di daerah lain, gulai itiak ini dikenal dengan sebutan gulai itik. Tak ketinggalan, bumbu rempah yang lengkap semakin membuat salah satu masakan Padang ini gurih dan lezat.

7. Palai Rinuak

Palai Rinuak

Jika Anda pernah memakan pepes ikan, maka seperti itu juga palai rinuak yang dibungkus dengan daun pisang. Meskipun sama-sama menggunakan ikan sebagai bahan dasar, namun palai rinuak hanya menggunakan ikan yang berukuran sangat kecil. Kemudian dicampur dengan parutan kelapa agar rasanya lebih gurih dan mantap.

Baca juga : 11 Tempat Kuliner di Padang Bagi Pecinta Pedas

Menikmati wisata Padang tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya, mulai dari sate padang sampai soto padang. Bagi Anda masyarakat luar kota yang tidak mau capek naik turun kendaraan umum, bisa menggunakan jasa rental mobil Padang. Sewa mobil dan gunakan jalan-jalan ke tujuan mana pun yang Anda mau di kota Padang.

Itulah beberapa kuliner Padang yang paling terkenal dan wajib Anda coba selain nasi padang. Ternyata selain kaya akan tempat wisatanya, Padang juga kaya akan kulinernya. Saat berkunjung ke kota Padang, jangan lupa untuk mencicipi salah satu masakan tersebut ya.