Surga Tersembunyi di Balik Lembah Anai – Jika Anda berkunjung di daerah Sumatra barat, tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak menikmati padang panjang, batu sangkar dan bukit tinggi yang memperlihatkan pemandangan alam terjunnya. Dari ujung jalan, Lembah Anai sudah memperlihatkan keindahan air dari tumpahan tebing tinggi. Kejadian seperti inilah yang menjadikan banyak para pengendara lebih suka menikmati suasana di lembah dari pinggir jalan. Lembah yang masuk pada wilayah Singgalang kabupaten Tanah Datar ini masuk sebagai daftar air terjun yang dimiliki kawasan cagar alam.

Ada 6 air terjun yang ada di dekat lembah ini, akan tetapi untuk bisa menikmati setiap air terjun tersebut, maka Anda harus melakukan perjalanan trekking sekitar 2 jam agar bisa menikmati pemandangan air terjun yang ada disekitarnya. Apabila selama perjalanan Anda merasa lelah, maka segera berisitirahat sembari menikmati pesona yang ada di sana.

Lembah Anai Menawarkan Pemandangan Eksotis

Lembah Anai

Lembah yang memiliki ketinggin mencapai 35 meter ini dilengkapi dengan dinding alam berupa perbukitan hijau yang ada di kaki Gunung Singgalang. Melalui dinding inilah yang telah menyembunyikan eksotisme lembah yang berada di Sumatera Barat ini. Dari lokasi yang tidak jauh dari posisi klembang, terdapat rel kereta api yang sudah sangat tua melintas di atas jalan raya. Hal ini memberikan kesan yang sangat menarik dan berbeda dengan lembah atau air terjun yang lainnya.

Baca juga, Air Terjun 3 Tingkat Siap Menguji Adrenalin Para Wisatawannya

Pada saat Anda datang ke lembah Anai pada saat musim liburan, maka jangan kaget bila lembah in akan dipenuhi oleh pengunjung yang lainnya. Hal ini pun juga memberikan kesan menarik lagi bagi Anda. Banyak para wisatawan yang merasa penasaran dengan ke elokan dan panorama yang ditawarkan oleh Lembah yang biasa orang Padang menyebutnya sebagai Air Terjun Mancua.

Lokasi Lembah Anai

Air Terjun Mancuai ini berlokasi di Nagari Siggalang, Sepuluh Koto, Tang Datar, Sumatra Barat. Ketika Anda baru pertama kalinya mengunjungi provinsi Sumatra Barat, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan obyek wisata ini, karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya, tepatnya di jalan Trans Sumatra yang telah menghubungkan Bukit Tinggi dengan kota Padang.

Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata

Harga tiket masuk yang akan dibebankan kepada setiap pengunjung yaitu sebesar Rp 15.000/orang. Harga yang cukuplah murah sangat tepat sekali bagi Anda yang ingin berlibur namun tetap menghemat.

Lembah Anai

Fasilitas yang Ditawarkan Lembah Anai

Tempat Parkir yang Luas

Jika Anda membawa banyak rombongan, tidak perlu merasa khawatir akan tempat parkirnya, karena obyek wisata unggulan di Sumatera Barat ini menyediakan fasilitas berupa tempat parkir yang begitu sangat luas.

Rumah Makan

Untuk Anda yang tidak ingin membawa bekal dari rumah, tidak perlu merasa takut lapar, di daerah kawasan lembah sudah disediakan rumah makan dengan berbagai menu pilihan yang dapat Anda pilih, terutama makanan khas dari Sumatera Barat.

Kios-kios Souvenir

Tidak akan lengkap rasanya jika bepergian ke obyek wisata tanpa membawa buah tangan. Sedangkan buah tangan tidak harus berupa makanan. Melainkan Anda dapat membawa cinderamata khas Sumatera Barat yang dapat Anda berikan pada orang-orang tercinta. Banyak kios sovenir yang dapat Anda jumpai di kawasan obyek wisata Anai ini.

Penginapan

Pada saat Anda dan rombongan memutuskan untuk bermalam di daerah yang dekat dengan lembah, Anda tidak perlu merasa khawatir akan tinggal dimana. Banyak penginapan dengan tarif beragam yang dapat untuk Anda pilih sesuai dengan selera.

Area Camping

Para traveling yang suka bermalam di obyek wisata atau camping, maka lembah yang memiliki ketinggian mencapai 35 meter ini sangat cook dijadikan sebagai tempat untuk camping, karena lahan luas yang ditawarkan cukuplah menggugah jiwa untuk segera mengunjungi tempat wisata ini.

Rute Menuju Ke Tempat Wisata

Lembah Anai

Anda bisa menggunakan sewa mobil Alphard, angkutan umum seperti bus maupun menggunakan mobil pribadi pada saat Anda ingin pergi ke lembah. Apabila Anda menggunakan bus, maka Anda bisa memulai perjalanan dari Bandar Utara Ketaping kemudian menuju kawasan Cagar Alam dengan menempuh hingga 1,5 jam. Biaya yang harus Anda keluarkan kisaran Rp20.000 hingga Rp 25.000/orang.

Selain menggunakan sewa bus, Anda pun juga bisa menggunakan alat transportasi berupa kereta api. Namun sayangnya kereta api hanya akan beroperasi pada hari minggu saja. Oleh karena itu jika Anda ingin menikmati pemandangan sekitar menggunakan kereta api, Anda bisa datang ke obyek wisata ini pada hari minggu. Biaya yang harus Anda keluarkan kisaran Rp 25.000 untuk pulang pergi dengan kelas eksekutif. Jika Anda memilih kelas ekonomi, Anda cukup mengeluarkan ongkos sebesar Rp 15.000.

Baca juga, Destinasi Eksotis Danau Maninjau Sumatra Barat

Obyek wisata yang sudah terkenal sebagai maskot pariwisata di provinsi Sumatera Barat yaitu Lembah Anai. Ketinggian yang dimiliki oleh air terjun Mancua ini bersumber dari aliran sungai Batang Lurah yang ada di Gunung Singgalang menuju di daerah Patahan Anai. Bagi Anda yang sedang kebingungan dalam mencari tempat wisata yang menarik dengan harga tiket masuk yang murah, maka air terjun Mancua dapat dijadikan sebagai rekomedasinya.

Rate this post