Lembah Harau Salah Satu Ikon Wisata di Sumatra Barat – Lembah hijau dah subur yang berada di kecamatan Harau diberi nama sebagai lembah Harau. Ikon wisata baru yang ada di Sumatra Barat ini adalah lembah yang berada di kabupaten puluh kota. Keindahan ang ada di lembah inilah yang menjadikan banyak orang mengangapnya sebagai taman Nasional Yosemite. Akan tetapi itu untuk versi Indonesia. Para traveling dapat berkunjung ke tempat wisata ini untuk bisa menikmati kesejukan di sekitaran lembah.

Para wisatawan yang menyukai tantanga tidak akan menolak jika harus berkunjung ke tempat wisata ini. ada banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan di sini. Selain aktifitas Anda juga bisa merasakan fasilitas yang sudah diberikan di obyek wisaya lembah. Harga tiket di lembah hijau ini tentunya tidak akan menguras isi kantong Anda. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus mengetahui letak lembah tersebut.

Saatnya Menguji Adrenalin di Lembah Harau

Wisata Modern Lembah Harau

Menurut legenda, lembah ini berawal dari lautan yang sudah mengering. Hal ini dibuktikan dari beberapa bebatuan yang ada di lembah Harau. Lebih tepatnya bebatuan itu ditemukan di tahun 1980. Batuan tersebut merupakan batuan konglomerat dan breaksi yang pada umumya terdapat pada dasar laut. Keistimewaan dari lembah yang memiliki tinggian 50-90m ini yaitu airnya yang sangat jernih.

Baca juga, Ngarai Sianok, Pesona Alam Lembah Cantik Bukit Tinggi

Bagian tebing cadas yang melurus dan curam cukup menantang bagi wisatawan untuk melakukan olahraga panjat tebit. Para wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini akan merasa seperti dikepung. Ketinggian tebing berwarna kemerah-merahan ini mencapai 150 sampai 20 meter. Tebing itulah yang mampu berdiri kokoh dan mengelilingi lembah.

Lokasi Wisata Lembah Harau

Obyek wisata ini berada di Tarantang, Harau, Lima Puluh Kota, provinsi Sumatra Barat. Wisatawan dalam menggunakan jalur transportasi darat untuk menuju lembah Harau. Anda dapat berangkat dari kota Padang menuju Payakumbuh. Anda akan menghabiskan waktu selama 3 jam. Biaya yang harus Anda keluakan kisaran Rp 20.000/orang.

Setelah itu Anda bisa melanjutklan perjalanan dengan angkutan umum. Agar Anda tidak harus mengalami perpindahan alat transportasi, disarankan untuk menggunakan mobil pribadi. Jika menggunakan sewa mobil New Innova biaya yang dapat Anda keluarkan kisaran Rp 400.000.

Harga Tiket Lembah Harau

Pengunjung yang datang ke obyek wisata akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp 3.000/orang untuk anak-anak. Untuk orang dewasa Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk jam operasionalnya, buka dari jam 09.00 hingga jam 20.00.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Wisata

Air yang jernih

air sungai yang jernih selalu mengundang para wisatawan untuk berenang di sana. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa menyelusuri lembah dengan sampan. Sungai yang berukuran kecil dengan air yang sangat jernih menjadikan pengunjung merasakan kesegaran.

Menguji adrenalin

Seorang traveling yang suka menguji mental, maka Anda bisa melakukannya di lembah Harau. Uji nyali yang dapat Anda lakukan yaitu dengan melewati tebing-tebing yang menjulang tinggi. Untuk mencapai keberhasilanya, Anda harus berhati-hati dan selalu berpegang pada tali. Yakinlah bahwa Anda mampu bisa melewati tebing-tebing tinggi tersebut.

Air terjun

Air terjun yang ada di lembah membuat para pengunjung tidak sabar untuk berselam. Menikmati kesejukan airnya yang jernih, pengunjung juga bisa menikmati dasaran air lembah.

Penginapan

Penginapan Lembah Harau

Disekitar obyek wisata banyak piliohan penginapan yang dapat digunakan sebagai tempat singgah. Anda juga bisa menikmati malam hari di sekitar lembah. Pemandangan dimalam hari semakin memberikan hawa dingin. Pemandangan di malam harinya pun tidak akan kalah kerennya dengan pemandangan di siang hari.

Aktifitas yang Dapat Dilakukan

Selama Anda berada di air terjun Harau, Anda bisa melakukan aktifitas seperti:

Selfie

selfie menjadi trend masa kini yang tidak akan pernah bisa ditinggalkan. Lagian sangat disayangkan sekali jika pemandangan yang indah tidak diambil gambar. Belum tentu juga Anda bisa kesini kembali, sehingga manfaatkan momen Anda selama berada di lembah.

Panjat tebing

untuk Anda yang menyukai olahraga panjat tebing, lembah Harau adalah tempat yang paling tepat. Selama melakukan panjat tebing, tetap perhatikan keamanannya.

Mengelilingi sekitaran lembah

Untuk menemukan suasana yang baru, Anda bisa berkeliling ke pedesaan. Anda juga bisa menikmati suasana penghijauan dan disekitar sawah di sana.

Naik kuda

Di sekitaran lembah, Anda akan menemui beberapa kuda di sana, dan Anda bisa menaiki kuda. Selain itu Anda juga sambil mengelilingi pedesaan dengan menunggangi kuda.

Kesejukan Lembah Harau

Baca juga, Ngalau Indah, Menengok Surga Tersembunyi Di Payakumbuh

Menghabiskan masa liburan tidak harus mengunjungi tempat yang jauh dan mahal. karena cukup dengan mengunjungi wisata di Sumatra Barat ini Anda bisa menikmati pemandangan alam sepuasnya. Selain itu biaya tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung sangatlah murah. Hanya mengeluarkan biaya di bawah Rp 10.000/orang, Anda dan keluarga bisa menikmati banyak fasilitas di sana. Jika Anda datang bersama keluarga besar maka sewa Elf Long bisa menjadi pilihan tepat untuk mengangkut seluruh anggota keluarga.

Rate this post