Berkunjung ke Sumatera Barat seperti halnya berkunjung ke daerah Klaten dimana, banyak objek wisata alam dengan sumber mata airnya yang mengesankan. Sehingga, menghadirkan sebuah pemandian alam yang suasananya mampu meluruhkan segala penat yang menumpuk. Salah satunya adalah Lubuak Bonta.

Dimana, pemandian yang satu ini memang menghadirkan pemandangan alam yang sayang untuk ditinggalkan. Penasaran dengan kawasan ini, mari kita simak hasil penjelajahannya kami berikut ini.

Menjadi Primadona di Tahun 70an

wisata pemandian lubuak bonta

Perlu diketahui bahwa pada tahun 1970 objek wisata Lubuak Bonta menjadi primadona dikalangan wisatawan. Banyak yang mengunjungi tempat ini baik yang tua maupun yang muda. Karena, tempatnya yang enak untuk menyendiri dan merasakan pesona alam sumatera barat.

Baca Juga, Air Terjun 3 Tingkat Siap Menguji Adrenalin Para Wisatawannya

Salah satu alasan yang membuat kawasan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah perpaduan alamnya. Coba saja bayangkan, pepohonan yang menjulang tinggi dan di tengahnya ada sebuah kolam yang jernih bewarna biru.

Bila beruntung, kita bisa melihat sinar matahari yang mencoba masuk kedalam air. Sehingga, menghadirkan pesona yang esoktis. Inilah alasan kuat mengapa banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini.

Gazebo-gazebo terlihat berdiri di antara pemandian ini. Sehingga, banyak keluarga yang sering memanfaatkannya untuk beristirahat dan bercengkrama dengan yang lainnya. Selain itu, fasilitas lainnya seperti, ruang ganti dan kamar mandi pun tersedia disini walau saat ini terlihat kurang terawat dengan baik.

Bermain Air dan Snorkelling

Tetapi, jangan bersedih dahulu dan jangan urungkan niat anda untuk mengunjungi objek wisata ini. Kenapa? Karena, hanya fasilitasnya saja yang rusak dan tidak terawat. Pesona sesungguhnya masih tetap terjaga dengan baik.

Tidak sedikit pun pesonanya menghilang. Ada beberapa wisatawan yang dahulu pernah berkunjung kesini. Namanya Fatimah, berasal dari Lubuk Alung. Setelah, beberapa tahun beliau kembali berkunjung ke tempat ini lagi.

Awalnya, beliau kaget dengan apa yang ia lihat. Tetapi, setelah sampai di pemandiannya beliau pun tetap merasa takjub. Karena, tidak ada perubahan sama sekali dan lokasinya masih bersih seperti dahulu.

Saat mencoba masuk kedalam air, semua pemandangannya pun sama tidak ada yan perubah sama sekali. Bebatuannya dan juga beberapa rumput yang seakan bergoyang terlihat indah di pandang.

Objek wisata yang berasal dari sumber mata air Gunung Tandikat ini memang mempunyai kesamaan dengan Umbul Sigedhang, Klaten. Tidak hanya pesona alamnya saja, tetapi juga dimanfaatkan sebagai sumber air mineral. Hanya saja, di Umbul Sigedhang kita tidak akan melihat air terjun mini.

Mampir ke Kayu Tanam, Surganya Durian

Setelah puas menikmati Lubuk Bonta, saatnya kita menikmati aneka durian yang nikmatnya menggoda. Maklum saja, wilayah kayu taman ini memang penghasil buah durian terbesar di Sumatera.

Tidak hanya bisa melihat kebun Durian yang sangat luas kita juga bisa memilihnya langsung, melihat dan mencicipi rasanya. Harganya pun cukup bersahabat di kantong. Durian yang kecil akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah. Datanglah pada saat musim panen agar bisa merasakan bagaimana kelezatannya.

Rute Arah Lokasi Lubuak Bonta

lubuak bonta sumatera barat

Pemandian Lubuak Bonta terletak di Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2X11, Kayu Taman, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Letak lokasi Objek wisata ini berada di Jalan Lintas Padang-Bukit Tinggi.

Bila anda memulai perjalanan dari Padang membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Masuklah ke kawasan Sicincin kemudian, ikuti jalur menuju ke tempat penyulingan air kemasan, ikuti saja jalan dan papan petunjuk yang sudah tersedia.

Salah satu kunci kita bisa mencapai objek wisata ini adalah kendaraannya. Anda harus memastikan dalam kondisi baik. Oleh Karena itu, anda wajib sewa mobil Fortuner yang banyak tersedia di Kota Padang.

Bila menggunakan bus dari Padang Pariaman kita bisa berhenti di Lubuk Alang. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek menuju ke Lubuak Bonta dengan tarif 20 ribu rupiah.

Info Harga Tiket dan Jam Operasional Lubuak Bonta

Berada di sini kita tidak perlu membayar harga tiket masuk. Hanya bea parkir saja untuk mobil 10 ribu dan motor 5 ribu. Disarankan untuk datang ke tempat ini pukul 8 pagi dan sebelum pukul 3 sore. Lalu, kembalilah ke area parkir sebelum pukul 16.30 sore.

Mengingat jalanan yang akan anda lalui adalah area hutan dan masih banyaknya semak belukar. Walau sudah ada anak tangga yang mengarahkan anda ke Lokasi. Namun, kondisi alam sekitar yang sedikit gelap membuat tingkat keamanan menjadi berkurang.

Lubuak Bonta saat ini sedang bersedih karena, beberapa pengunjungnya lebih memilih pergi ke waterboom yang saat ini sedang gencar di bangun. Mereka tergiur dengan wahana slider nan menawan. Padahal, objek wisata ini menawarkan keindahan alami yang tidak bisa dihadirkan di waterboom.

Baca Juga, Bukit Langkisau, Pemandangan Spektakuliter di Kota Painan

Ayo datang ke Sumatera Barat dan Lubuak Bonta. Mari kita jadikan pemandian yang elegan ini menjadi ramai kembali seperti dahulu. Jangan lupa ajak keluarga, teman, dan sahabat ketika mengunjungi objek wisata ini ya. Gunakan sewa bus supaya Anda bisa mengajak semua keluarga dan kerabat.

Rate this post