Air Terjun Lubuak Rantiang Kota Padang – Lubuak Rantiang menjadi obyek wisata yang mempunyai pesona alam yang sangatlah memikat. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan selama berada di air terjun. Keindahan air terjun ini pun juga sering kali disebut sebagai air terjun Ngalauan. Air terjun yang berada di kota Padang ini mampu menarik perhatian banyak para wisatawan. Melalui panorama yang cukup menggoda bagi para wisatawannya inilah yang mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung.

Melalui pemandangan yang sangat menggoda tersebut, banyak orang yang mencari tahu mengenai lokasi air terjun, harga tiket masuk, aktifitas yang dapat dilakukan di sana, keunikan dari air terjun maupun persiapan yang harus disiapkan sebelum berangkat ke air terjun. Ada baiknya jika Anda mengetahui informasi tersebut dengan membaca ulasan yang ada di bawah ini.

Lubuak Rantiang dengan Panorama Air Terjunnya

Air-Terjun-Lubuak-Rantiang

Pemandangan hutan yang sangat asri, kolam hijau yang dilengkapi dengan pembatas berupa rotan. Bebatuan yang ada disekitaran kolam pun juga cukuplah licin, sehingga pengunjung harus ekstra hati-hati. Demi menjaga kebersihan dan keasrian air terjun, sangat disarankan bagi pengunjung untuk menjaga kebersihan air terjun.

Baca juga, Bukit Tigo Tungku, Panorama Alam Solok yang Mengagumkan

Jika pada biasanya air terjun kebanyakan memiliki ukuran yang tinggi, namun tidak dengan air terjun Lubuak Rantiang ini. Air terjun yang berada di kota Padang ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Selain itu ukuran tingginya pun juga lebih rendah dari air terjun biasanya.

Lokasi Wisata Lubuak Rantiang

Lokasi obyek wisata yang terkenal dengan keindahannya ini berada di Sungai Angah, Bangek, Balai Gadang, Koto Tangan, Kota Padang. Jika dari kota, air terjun ini berada sekitar 25 km. Silahkan sewa mobil Alphard jika ingin mengunjungi wisata ini dan merasakan kenyamanan selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Lubuak

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan di bebankan tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.

Aktiftas yang Dapat Dilakukan

Aktifitas yang dapat dilakukan oleh setiap wisatwan yang datang ke obyek wisata ini yaitu:

Berenang

Bermain di dalam air memang tidak akan pernah membosankan. Salah satu kegiatan air yang selalu menjadi hobi masyarakat luas yaitu berenang. Airnya yang cukup jernih menjadikan para wisatawannya ingin melepas rasa lelahnya dengan berenang.

Bermain air

Apabila Anda tidak membawa baju ganti, tidak perlu khawatir, karena tanpa harus berenang, Anda masih tetap bisa menikmati kejernihan air dengan bermain air di tepi air terjun. Suasana kolam yang berwarna hijau sangatlah menyejukan bagi wisawatannya. Ditambah lagi luasnya air terjun menjadikan suasana untuk bersantai lebih menyenangkan.

Cliff jumping/lompat dari kejauhan

Untuk aktifitas yang ke 3 ini memang dapat dibilang cukup ekstream. Namun bagi wisatawan yang memiliki hobi cliff jumping atau melompat dari kejauhan, maka datang ke lubuak Rantiang menjadi solusi yang tepat.

Bermain motor trail dan mobil offroad

Tidak semua orang bisa mengendarai mobil offroad maupun motor trail. Terlebih lagi medan yang harus dilaluinya pun juga cukuplah membahayakan. Hanya orang yang ahli mengendarai mobil offroad atau motor trail lah yang memiliki kebaranian. Bagi Anda yang suka menguji adrenalin, Anda dapat mencobanya di Lubuak Rantiang.

Rute Menuju Lokasi Lubuak Rantiang

Medan yang harus Anda lewati berupa aspal dan bebatuan. Untuk menuju lokasi Anda dapat mengendarai sewa mobil Fortuner maupun menggunakan motor. Memang tidak mudah untuk bisa sampai pada lokasi air, karena memang medan yang harus dilaluinya cukuplah sulit. Terlebih lagi air terejun ini memang berada di perbukitan dan perdalaman hutan. Pada biasanya obyek wisata ini bisa dilakukan dengan treaking. Para wisatawan yang ingin sampai di obyek wisata harus melewati sungai sebanyak 4 kali. Tidak hanya itu saja, wisawatan juga harus naik dan menuruni bukit. Setelah itu para wisatawan harus masuk pada hutan tropis basah yang cukup rimbun.

Alam-Air-Terjun-Lubuak-Rantiang

Persiapan dari Rumah

Persiapan yang harus dilakukan para wisatawan sebelum berkunjung ke obyek wisata Lubuak Rantiang yaitu sebagai berikut:

Sandal dan sepatu

Mengingat bahwa medan yang harus dilewati wisatawan cukuplah ekstream, maka jangan lupa membawa sandal atau sepatu. Bebatuan yang ada di air terjun pun juga cukuplah licin, sehingga bawalah sandal gunung.

Tas ransel

Untuk lebih memudahkan Anda selama perjalanan menuju ke air terjun, sebaiknya gunakan tas ransel.
Makanan dan minuman

Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman dari rumah. Hal ini bertujuan sebagai camilan selama perjalanan menuju air terjun.

Pakaian ganti

Karena Anda akan berhubungan dengan air, maka jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dari rumah.

Baca juga, Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang yang Tak Terlupakan

Berwisata tidak hanya sekedar menikmati suasana yang ada disekitar tempat wisata saja. Namun Anda sebagai wisatawannya pun juga harus memperhatikan hal-hal penting yang harus Anda perhatikan seperti ulasan di atas.

Rate this post