Lubuk Minturun sebenarnya adalah sebuah desa yang memiliki alam dan pemandangan yang indah. Tempat ini juga memiliki sejumlah objek wisata alam yang masih natural, salah satu yang paling terkenalnya adalah pemandian alamnya.

Terletak di Koto Tangah, Kota Padang Sumatera Barat, lokasi ini dapat diakses oleh wisatawan dari pusat kota Padang dengan jarak sekitar 20 km saja.

Akses jalan menuju Lubuk Minturun ini juga cukup baik, bisa dilewati kendaraan jenis apapun namun sayangnya minim kendaraan umum. Sebaiknya Anda sebagai wisatawan berkunjung kesini dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil.

Anda bisa mengunjungi tiga potensi objek wisata yang akan diulas reviewnya pada kali ini. Simak ulasannya.

Objek Wisata di Lubuk Minturunwisata lubuk minturun

Salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah pemandian alamnya yang indah dan masih alami. Selain pemandian alamnya, terdapat objek wisata lain yang patut dijajal wisatawan. Simak ulasannya berikut :

Pemandian Alam

Pemandian alam yang sudah terkenal sejak zaman Belanda ini, hingga kini diminati pengunjung wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Pengunjung penasaran dengan pemandian yang konon tempat favorit mandi nona Belanda ini.

Baca juga, Pantai Carolina Bungus, Surganya Mencari Ikan di Sumatera Barat

Selain itu, udaranya yang sejuk serta airnya yang dingin dan segar, menjadi keseruan yang berkesan saat bermain air di sini.

Aliran sungainya berasal dari sungai Batang Kandis. Tak hanya segar, airnya yang jernih dan bening memanjakan mata disertai pemandangan alam yang asri dengan bebatuan sungai yang besar – besar.

Pengunjung juga dapat menemukan prasasti dari zaman kolonial yang bertuliskan huruf latin di pemandian alam ini. Hal ini menjadi bukti bahwa pemandian alam Lubuk Minturun memang sudah ada sejak lama.

Pemandian alam Lubuk Minturun juga akan ramai dikunjungi masyarakat dan wisatawan khususnya pada acara Balimau yang merupakan acara penyambutan bulan ramadhan. Tradisi Balimau ini merupakan acara membersihkan diri bagi masyarakat yang akan berpuasa di bulan ramadhan.

Akses Lokasi Pemandian

Akses menuju objek wisata pemandian alam ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi atau rental mobil. Jika Anda ingin memanfaatkan transportasi umum, Anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan Tabing – Lubuk Minturun yang dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Biaya Tiket Masuk

Untuk memasuki pemandian alam ini, Anda akan dikenakan biaya Rp. 5000 rupiah saja per orangnya. Harga tiket belum termasuk biaya parkir.

Air Terjun

air terjun lubuk minturun

Selain pemandian alamnya, Anda bisa berwisata ke air terjun 7 tingkat Lubuk Minturun di kawasan hutan di jalan Ngungun Saok Lubuk Minturun.

Air terjun 7 tingkat ini juga masih alami dengan trek yang cukup menantang. Bagi Anda yang senang menjelajah, bisa menjajalnya datang kesini.

Anda akan disuguhkan air terjun dengan 7 tingkatan berbeda yang di setiap tingkatannya ada kolam. Airnya sangat jernih dan dingin. Berfoto dengan latar belakang air terjun ini pun sangat bagus dan instagrammable.

Akses Lokasi

Berjarak sekitar 20 km dari kota Padang, Anda  akan memasuki kawasan Lubuk Minturun dan jalan Ngungun Saok dekat pemandian umum ABG. Jika Anda bingung, bisa menggunakan rental mobil Innova setempat untuk mengantar sampai ke tempat wisata ini.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai 20 menit dengan berjalan kaki.

Tiket Masuk

Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 rupiah per orangnya dan biaya parkir sebesar Rp. 3000 rupiah saja.

Mekkah Mini Padang di Lubuk Minturun

Di Lubuk Minturun ini juga Anda bisa menemukan objek wisata mekkah mini dan mesjid Zikrullah yang bisa menjadi pilihan wisata religi Anda.

Setelah pintu masuk gerbang, Anda akan menemukan sebuah tugu Al- Quran raksasa seperti yang ada di Mekkah, namun yang disini versinya lebih kecil.

Masuk ke kawasan mesjid, Anda akan menemukan miniatur ka’bah di dalamnya. Selain itu, di area luarnya, ada replika menara jumroh yang bisa digunakan untuk melempar jumroh para jemaah manasik haji.

Banyak sekali spot foto unik untuk berfoto. Ada kolam yang isinya merupakan ikan yang berasal dari sungai  Amazone. Lalu ada spot miniatur terowongan mina yang bisa dimasuki pengunjungnya serta spot wisata lainnya.

Akses Lokasi

Akses lokasi Mekkah mini Padang ini masih termasuk ke dalam kawasan Lubuk Minturun, Kota Tangah, Padang.

Biaya Tiket

Baik pada hari reguler maupun akhir pekan, tiket yang dikenakan perorangnya adalah sebesar 5.000 rupiah saja.

Baca juga, Pulau Pisang Calon Ikon Wisata Padang Selanjutnya

Nah, itu dia beberapa objek wisata yang berada di kawasan Lubuk Minturun. Anda bisa memilih mana objek wisata yang Anda ingin kunjungi bersama sanak keluarga Anda pada akhir pekan atau saat liburan. Jika Anda tidak mempunya kendaraan pribadi bisa juga dengan layanan sewa mobil Camry yang banyak ditawarkan di Padang.