Nama Indonesia saat ini sedang naik daun di seluruh penjuru dunia. Bukan hanya dengan bentang alamnya saja yang memang menawan hati. Melainkan, budayanya yang sangat banyak dan menarik untuk dinikmati. Selain itu Indonesia juga dikenal dengan kulinernya yang mendunia. Banyak kuliner Indonesia yang dikenal dunia merupakan makanan khas Sumatera Barat.

Daftar Menu Makanan Khas Sumatera Barat

Kali ini, anda akan diajak untuk menikmati menu makanan khas Sumatera Barat yang cukup beragam dan mempunyai cita rasa nikmat pula. Baiklah, inilah dia beberepa rekomendasi Makanan Khas Sumatera Barat yang wajib anda coba.

Lompong Sagu

Lompong Sagu Kuliner Padang

Baiklah mari kita mulai dari Lompong Sagu, Dimana, makanan ini pernah dijadikan sebagai sebuah judul lagu yang enak untuk di dengar. Walau, lagu tersebut menceritakan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Baca juga, Makanan Ekstrem khas Padang Gulai Jariang Muda

Lompong Sagu adalah kue khas minang yang saat ini keberadaannya sudah hampir punah. Terbuat dari tepung sagu, dipadukan dengan pisang kepok kemudian, di aduk. Tak lupa juga dimasukkan kelapa, santan, gula aren. Selanjutnya di panggang di atas bara api yang panas yang sebelumnya, sudah dibungkus daun pisang.

Warna kecoklatan memiliki tekstur kenyal dengan cita rasa manis dan gurih. Paling nikmat bila disajikan sewaktu masih hangat. Bagi anda yang penasaran dengan kuliner ini, bisa membeli di berbagai pasar Tradisonal yang tersebar di Padang. Harganya mulai dari 5 ribuan.

Sate Padang

Selanjutnya adalah Sate Padang, Dimana, kita sudah tak asing lagi dengan kuliner yang saat ini namanya perlahan tapi pasti mulai menanjak. Daging yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini adalah lidah sapi yang diguyur dengan saus kental berwarna kekuningan. Dan disajikan dengan menggunakan ketupat.

Untuk dagingnya sendiri bisa menggunakan jeroan sapi atau bagian luarnya. Keunikan dari menu ini adalah saus atau bumbu kuning yang terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit serta sereh. Kuahnya memang sedikit pedas seperti ciri khas masakan padang.

Selanjutnya, bahan-bahan ini di masak dengan mengguakan kaldu sapi dan dikentalkan dengan tepung beras. menu satu ini paling cocok dijadikan santapan makan malam bersama dengan segelas teh hangat.

Nasi Sala

Saatnya berkunjung ke Pariaman untuk mencicipi makanan khas sumatera barat lainnya yaitu Nasi Sala. Kuliner ini memang nikmat menggoda dengan sajian ikan, nasi, dan juga sambal. Sehingga, bagi anda yang menyukai makanan pedas, tidak ada salahnya untuk menikmati sajian makanan satu ini.

Dalam bahasa pariaman sala mengandung arti digoreng. Ciri khas yang bisa dilihat dari Sala ini adalah digoreng dengan menggunakan tepung. Sehingga, menciptakan ekstur yang gurih dan juga renyah.

Untuk membuat Nasi Sala, ikan yang digunakan adalah ikan gembulo kalau di jawa namanya adalah ikan kembung. Digoreng dengan menggunakan tepung yang sudah dipadukan dengan bawang putih, lengkuas, cabe, serta daun kunyit. Untuk sambalnya menggunakan irisan cabai merah yang dihaluskan kemudian, di masak.

Biasanya, nasi sala ini digunakan untuk menu sarapan pagi yang dipadukan dengan secangkir kopi hangat. Anda bisa menikmati kuliner ini di sekitaran Pariaman. Jika Anda berkunjung dengan menggunakan sewa mobil Fortuner ke daerah ini, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas ini.

Gulai Gajeboh

Kuliner satu ini berasal dari Padang dimana, bahan dasar yang digunakan adalah punuk sapi. Bagian ini terkenal akan lemaknya yang super banyak. sehingga, harus pintar-pintar mengolahnya.

Ada 3 tingkatan yang bisa ditemukan saat menikmati menu satu ini. Mulai dari penggunaan gajih atau daging yang akan mempengaruhi rasanya menjadi sedikit gurih, gurih, dan gurih sekali.

Bagi anda yang penasaran ingin mencicipi menu satu ini. Tidak perlu jauh-jauh cukup pergi ke rumah makan padang dan anda bisa menikmati hidangan satu ini. Biasanya, dipadukan dengan satu mangkuk nasi putih hangat.

Kacimuih

Kacimuih Kuliner khas Sumbar

Rekomendasi menu terakhir yang bisa anda santap adalah kacimuih. Merupakan jajanan pasar yang terbuat dari singkong. dicampur dengan kelapa parut, kemudian diatasnya di tambah dengan taburan gula.

Cita rasanya gurih sehingga, siapa pun pasti akan tergoda untuk menikmati kuliner ini lagi dan lagi. Penasaran dengan menu satu ini? Anda bisa membelinya di beberapa paaar tradisional yang terletak di Bukit Tinggi. Harganya pun cukup murah hanya 3 ribu hingga 5 ribu rupiah saja.

Baca juga, 4 Tempat Nongkrong atau Cafe di Padang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bagaimana dengan beberapa menu diatas? Sangat beragam dantak sabar ingin menikmatinya bukan. Anda pun bisa menyewa jasa sewa mobil dan sewa bus yang tersedia di kota Padang untuk mengantar anda menikmati makanan khas diatas. Jangan sampai ketinggalan ya, dijamin rugi bila melewatkannya.

Rate this post