Kota Padang memang terkenal dengan sajian khas nasi padangnya yang saat ini mulai menjamur ke seluruh penjuru Nusantara. Cita rasa pedas yang menggoda adalah salah satu daya tarik yang sulit untuk di tolak oleh wisatawan. Selain itu, harganya yang terjangkau menjadi alasan menikmati kuliner Sumatera Barat ini.

Tetapi, saat berkunjung ke Kota Padang jangan hanya fokus pada nasi padang saja. Karena, disini ada beberapa kuliner yang wajib anda coba. Salah satunya adalah Martabak Kubang Hayuda. Memiliki cita rasa yang unik dan nikmat. Membuat menu satu ini selalu menjadi incaran para traveller saat berkunjung ke tempat ini.

Sekilas Mengenai Martabak Kubang Hayuda

Martabak Kubang Hayuda

Sebelum menjadi seperti saat ini Restoran Kubang Hayuda hanya berawal dari lapak kaki lima yang sudah berdiri pada tahun 1971. Sajian utamanya kala itu adalah martabak kubang yang di olah oleh Hj. Yusri Darwis. Seiring berjalannya waktu, kuliner ini begitu banyak peminatnya.

Baca juga, 5 Makanan Khas Sumatera Barat yang Sulit Untuk di Tolak

Sehingga, banyak penjual lain yang juga mencoba membuat martabak yang sama. Saking populernya, pada tahun 1999 nama martabak kubang pun di patenkan. Kemudian, membuka kedai sendiri yang di beri nama Kubang Hayuda.

Apakah hanya martabak saja? Tenang, menu makanan disini tidak hanya seputar martabak. Melainkan, masih ada menu lainnya yang merupakan menu makanan tradisional Sumatera barat mulai dari sate, soto, aneka sayuran, mie. Dengan harga mulai dari 10 ribuan saja.

Untuk sajian minuman, anda bisa memilih teh tarik, teh talua, kopi, aneka jus, yang harganya mulai dari 5 ribuan. Bagi anda yang ingin datang ke tempat ini, Restoran Kubang Hayuda akan buka pada pukul 2 siang dan akan tutup kembali pukul 12 Malam.

Berbicara mengenai tempat, Restoran Kubang Hayuda cukup nyaman dan menjadi salah satu rekomendasi tempat nongkrong yang sayang untuk dilewatkan. Jadi jika sedang liburan di Padang, ada baiknya Anda mampir kesini. Anda bisa memanfaatkan sewa mobil Avanza harian untuk menuju lokasi kuliner ini.

Menu Spesial Martabak

Akhirnya, tiba juga di menu spesial yang wajib untuk anda nikmati yaitu martabak kubang hayuda yang dilihat dari tampilan luarnya memang biasa saja. Tidak ada yang spesial. tetapi, cobalah anda rasakan satu gigitan saja. Martabak ini akan menggelegar di dalam mulut dengan ciri khas rempahnya yang cukup kuat.

Perbedaan lain yang juga mencolok adalah penggunaan daging ayam atau sapi sesuai pilihan. Sangat banyak seakan, ingin memanjakan kita. Satu kali gigitan kita akan merasakan bumbu rempah berupa bawang merah, sedikit merica sehingga, menimbulkan efek sedikit pedas. Walau, masih sedikit pula merasakan gurih.

Kenikmatan, dari martabak akan bertambah saat memakannya bersama dengan cuka yang berisi, tomat, bawang bombay, serta cabe rawit. Untuk harga satu porsinya mulai dari 18 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah.

Alamat dan Rute Lokasi

Sajian Martabak Kubang Hayuda

Untuk bisa menikmati hidangan martabak kubang asli dari pembuatnya, anda harus mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan M. Yamin No. 138, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Bila anda menggunakan transportasi kereta api, anda bisa turun di Stasiun Padang. Jarak yang dibutuhkan kurang lebih 3,5 km atau membutuhkan waktu 10 menit. Arahkan kendaraan menuju ke jalan sawahan sejauh 1,4 km. selanjutnya, belok ke kanan masuk di jalan jend. sudirman.

Setelah itu, ke kiri ke Jalan Ratulangi. Belok ke kiri lagi menuju pemuda, Moh. Yamin. kurang lebih 140 meter lagi anda akan sampai di Restoran Kubang Hayuda.

Bagi anda yang berada di luar pulau sumatera. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan pesawat dan turun di Bandara Minangkabau. Jarak yang dibutuhkan kurang lebih 24 km. atau membutuhkan waktu 45 menit.

Rute yang harus di lalui bila berangkat dari bandara adalah jalan adinegoro sejauh 9,6 km. Kemudian, lurus terus menuju jalan S. Parman hingga masuk ke Jl. Samudera. Lalu, belok ke kiri ke jalan Hang Tuah, Moh. Yamin dan anda akan tiba di titik lokasi.

Bila ingin lebih mudah lagi, anda bisa naik Bus dan turun di Terminal padang. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. karena, jaraknya hanya 350 meter saja. Masih bingung? Anda bisa memnafaatkan jasa sewa mobil atau sewa bus di kota Padang yang siap sedia mengantarkan anda kemana pun anda mau.

Baca juga, Makanan Ekstrem khas Padang Gulai Jariang Muda

Martabak kubang hayuda adalah sajian kuliner yang tidak terlalu mengenyangkan. Sajiannya, bisa digunakan sebagai kudapan dan teman untuk bercerita bersama dengan teman dan saudara. Jadi, jangan sampai lupa bila sedang Kota Padang.