Tempat WisataTeluk Bayur
AlamatJl. Belawan, Tlk. Bayur, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat 25215
Jam BukaSetiap hari
ProvinsiSumatera Barat
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Mari mengenal teluk Bayur yang merupakan tempat pelabuhan sekaligus tempat wisata kota Padang. Teluk yang satu ini memiliki keindahan serta beragam sejarah unik. Pasalnya, terdapat banyak cerita mengenai zaman penjajahan Belanda serta berbagai benda peninggalannya.

Dahulu, pantai teluk Bayur dikenal sebagai kota tambang hingga berbagai negara Eropa. Sampai saat ini, kawasan teluk Bayur dikenal sebagai tempat dengan keindahan pesona alamnya. Terdapat beberapa destinasi wisata teluk Bayur yang wajib kamu kunjungi.

Destinasi Wisata Teluk Bayur

mengenal teluk bayur, destinasi wisatanya

Pesona alam Indonesia memang sangat beragam, salah satunya keindahan yang berada di teluk Bayur, Padang satu ini. Agar lebih asik, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata teluk Bayur bersama keluarga menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil Fortuner. Adapun destinasi wisata yang ditawarkan oleh teluk ini diantaranya sebagai berikut:

1. Jembatan Sitti Nurbaya

jembatan sitti nurbaya

Destinasi yang paling banyak dikunjungi di teluk Bayur, sekaligus menjadi ikon wisata kota Padang ialah Jembatan Sitti Nurbaya. Pasalnya, tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang menarik serta sangat Instagramable. Biasanya para wisatawan akan berkunjung di saat sore hingga malam hari, karena terdapat banyak lampu yang menghiasi pemandangan Jembatan Sitti Nurbaya ini.

Tempat wisata Jembatan Sitti Nurbaya ini berlokasi di Jl. Nipah Batang Arau, Padang Selatan. Tempat yang satu ini juga merupakan salah satu tempat wisata kota Padang mendunia, karena keindahan alamnya mempesona. Kamu bisa mengabadikan liburan mu di tempat wisata Padang ini bersama keluarga dengan memotret berbagai keindahan alamnya.

Nama jembatan Sitti Nurbaya ini terinspirasi dari kisah karya sastra fiksi yang sangat legendaris. Dimana terdapat kisah cinta yang tragis, sedih, anti mainstream, antara Samsul Bahri dengan kekasihnya yang bernama Sitti Nurbaya.

Baca Juga : 9 Wisata Padang Yang Terkenal Sampai Luar Negeri

2. Gunung Padang

gunung padang teluk bayur

Setelah menikmati keindahan Jembatan Siti Nurbaya, kamu bisa berkunjung ke gunung Padang yang merupakan tempat wisata Padang lainnya. Pada ketinggian 80 mdpl, kamu bisa menikmati panorama keindahan kota Padang yang sangat istimewa.

Gunung padang juga merupakan tempat sangat legendaris dan memiliki beragam sejarah yang masih berhubungan dengan Sitti Nurbaya. Dimana kisah cinta Sitti Nurbaya ini cukup terkenal dikalangan masyarakat. Karena kisah ini diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat setempat, seperti kisah yang ditulis Marah Rusli tersebut.

Konon katanya terdapat makam Sitti Nurbaya yang berada di lereng gunung padang ini. Banyak warga yang telah mempercayai hal tersebut, meskipun kebenaran makam yang berasal dari pemilik makam ini tidak bisa dipastikan dengan jelas. Gunung Padang ini berlokasi di kecamatan Padang Selatan, tepatnya seberang sungai Batang arau bagian selatan.

3. Pelabuhan di Teluk Bayur

pelabuhan teluk bayur padang

Tempat wisata teluk Bayur kota Padang ini juga merupakan lokasi pelabuhan yang sering dikunjungi banyak orang. Lokasi ini juga menjadi tempat yang menyimpan beragam cerita dan sejarah di zaman penjajahan Belanda. Ketika kamu mengunjungi tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai sangat indah.

Pada waktu siang hari, kamu akan disuguhkan dengan hiasan beragam kapal yang mengapung di perairan. Serta langit cerah yang menyatu pada perpaduan warna biru air laut yang sangat menenangkan, dengan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan tubuh.

Tempat ini juga merupakan pemukiman masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, sehingga kamu akan menemukan banyak orang yang bercengkrama di wilayah ini. Kamu wajib berkunjung ke tempat ini bersama keluarga, dengan berjalan-jalan untuk melihat berbagai suasana pemandangan pelabuhan. Tempat ini berlokasi di Jl. Belawan, Tlk. Bayur, Kec. Padang, Padang.

Di waktu sore hari pemandangan menjadi semakin indah dengan pancaran sinar matahari yang mulai redup. Warna senja merah keemasan yang terang mulai tenggelam di perairan barat. Keindahan tersebut lebih terasa, ketika berbagai lampu kelap-kelip muncul dari kapal kecil hingga besar yang mengapung di perairan teluk Bayur.

Kamu bisa menikmati keindahan alam yang sangat menarik ini bersama teman maupun keluarga. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam kamera.

Itulah beberapa destinasi dengan panorama sangat indah di kota Padang yang wajib kamu ketahui untuk mengenal teluk Bayur lebih dalam. Tempat wisata tersebut sangat sayang untuk dilewatkan, kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau sewa mobil padang untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.