Miniatur Makkah adalah obyek wisata religi yang terletak di kota Padang. Miniatur Makkah memiliki bentuk yang hampir sama dengan Makkah yang ada di Arab Saudi. Ukurannya yang miliki makkah miniatur tidak sebesar dengan Makkah yang sesungguhnya. Namun Makkah miniatur tetap menjadi obyek wisata religi yang memiliki segudang keunikan. Terlebih lagi Makkah Miniatur ini memiliki bangunan yang sangat unik dan dibuat mirip dengan Makkah aslinya.

Para pengunjung dapat merasakan suasana yang ada di Kota Makkah pada saat pengunjung sudah memasuki masjid Nur Zikrillah. Masjid inilah yang sering kali digunakan sebagai manasik haji. Selain itu masjid yang berada di Makkah miniatur ini pun juga akan dibuka pada saat waktu shalat. Bagi Anda yang belum pernah naik haji dan ingin merasakan suasana yang ada di sana, datanglah ke Padang. Melalui bangunannya yang dibuat mirip dan suasananya yang sangat mendukung pengunjung dapat merasakan suasana yang ada di Makkah.

Miniatur Makkah dengan Segudang Keunikannya

Penampakan-Miniatur-makkah

Obyek wisata yang dimiliki oleh kota Padang ini memiliki banyak keunikan dan keindahan tersendiri. Melalui keunikan yang dimiliki itulah yang menjadikan obyek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun obyek wisata ini hanya miniatur, namun tingkat kesamaannya tidak perlu di ragukan lagi. walaupun ukurannya yang lebih kecil dibanding Makkah asli, namun bentuk dan isi sangatlah mirip.

Baca juga, Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang yang Tak Terlupakan

Selain keunikan perihal bentuk dan isi, maka Makkah miniatur ini pun juga menyuguhkan pemandangan indah berupa hamparan bukit hijau.

Lokasi Miniatur Makkah Padang

Obyek wisata Makkah Miniatur berada di sungai Lareh, Lubuk Minturun, Padang. Jika Anda berkunjung ke kota Padang, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi obyek wisata yang menyimpan sejuta keunikan. Anda bisa mencapai lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa mobil avanza yang banyak ditawarkan di Padang.

Harga Tiket Masuk

Banyak orang yang beranggapan bahwa suasanya yang sangat indah dan keunikan di Makkah Miniatur memiliki harga tiket yang mahal. Namun pada kenyataanya, hanya dengan mengeluarkan Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati semua isi yang ada di obyek wisata ini.

Lambang di Tengah Kawasan Miniatur Makkah

Pada saat Anda sudah berada di Makkah Miniatur, maka Anda akan menjumpai beberapa bentuk di sana. Salah satunya yaitu seperti lambang yang ada di tengah kawasan Miniatur Makkah. Untuk mengetahui arti dari lambang tersebut, simak ulasan berikut:

Jembatan 3 tungku

Di Makkah miniatur, Anda akan menjumpai jembatan yang memiliki 3 tungku pada bagian atasnya. Lambang ini menyimbolkan sebagai tempat umat islam dalam melempar jumroh.

Trowongan

Para wisatawan akan menemukan terowongan di sana, lebih tepatnya pada bagian samping jembatan. Terowongan itulah yang dijadikan sebagai lambang trowongan Mina.

Bukit Marwah dan Safa

Adanya bukit Marwah dan bukit Safa yang ada di lokasi Makkah Miniatur itulah yang dapat dijumpai oleh semua pengunjung. Sedangkan bukti itulah yang dijadikan sebagai tempat untuk dikunjungi pada rangkaian ibadah haji.

Pemandangan Alam

Pemandangan alam yang ada di kawasan obyek wsata ini sangatlah indah. Dengan hamparan bukit yang hijau dengan taman yang indah di jadikan sebagai latar belakangnya.

Keunikan Wisata Miniatur Makkah

Gerbang-Miniatur-makkah

Keunikan yang akan di dapatkan para pengunjung di obyek wisata ini yaitu sebagai berikut:

Koleksi Satwa

Koleksi satwa yang ada di Miniatur Makkah ini berupa ular phyton, unta, dan juga ikan berukuran besar.

Sentuhan Rohani

Sesuai dengan namanya, bahwa obyek wisata ini menyerupai kota Makkah, sehingga obyek wisata ini juga dihiasai dengan wisata yang memiliki sentuhan rohani. Dengan demikian, selain bisa berwisata, maka pengunjung juga bisa merasakan suasana keagamaan di sana.

Wisata Edukasi

obyek wisata ini dapat digunakan sebagai wisata edukasi bagi masyarakat yang belum mengetahui suasana Makkah. Bagi pengunjung yang ingin mengetahui suasana yang ada di Makkah, maka Anda dapat mengunjunginya di kota Padang.

Pintu Gerbang

Pengunjung yang akan memasuki kawasan Masjid Nur Zikrillah, Anda akan disambut dengan tugu alquran yang berukuran sangat besar dan tugu ini mirip dengan tugu yang ada di kota Makkah. Akan tetapi ukuran di Makkah Miniatur cenderung lebih kecil.

Jam Buka

Untuk masjid Nur Zikrillah hanya akan dibuka pada saat waktu shalat saja. Sehingga hanya jam shalat saja Anda bisa memasuki masjid ini.

Fasilitas Ditempat ini

Fasilitas yang bisa di dapatkan pengunjung di obyek wsata Miniatur Makkah yaitu sebagai berikut:

Masjid Zikrillah

Fasilitas berupa masjid Zikrillah akan membantu Anda mengetahui lebih dalam bagaimana suasana yang ada di kota Makkah. Meskipun Anda belum pernah merasakan secara langsung di tanah suci Makkah. Namun setidaknya Anda bisa mengetahui suasananya melalui Makkah Miniatur di Padang.

Tugu alquran raksasa

Tugu alquran raksasa yang akan Anda jumpai di obyek wisata Padang ini mirip dengan tugu alquran yang ada di Makkah. Akan tetapi untuk ukurannya tidaklah sama. Namun kehadiran fasilitas ini tetaplah menarik perhatian banyak para pengunjung.

Batu besar

Batu besar yang ada di obyek wisata ini bertukiskan nama-nama tempat di Makkah. Dengan demikian, para pengunjung dapat menambah wawasanya melalui obyek wisata di Padang ini.

Ka’bah

Ka’bah yang ada di dalam masjid dapat Anda lihat dengan jelas. Ka’bah inilah yang digunakan melakukan ibadah dan pembekalan bagi calon haji.

Baca juga, Air Terjun Nyarai, Destinasi Alam Tereksotis di Sumatra Barat

Wisata religi yang ada di padang ini dapat membantu Anda agar bisa mengetahui bagaimana suasana sesungguhnya yang ada di Makkah. Melalui Miniatur Makkah inilah yang akan membantu Anda untuk memiliki pandangan suasana yang ada di kota Makkah. Alangkah baiknya Anda datang ke tempat ini bersama keluarga dengan menggunakan sewa Elf Long agar semua anggota keluarga bisa melihat keunikan tempat ini.