Sebenarnya, objek wisata di Indonesia tidak hanya itu-itu saja. Masih banyak yang tersembunyi dan belum ditemukan. Faktor utama adalah jalan menuju objek wisatanya. Maklum saja Ibu Pertiwi terdiri dari jajaran pegunungan dan hutan yang belum tersentuh.

Seperti halnya pesona wisata yang ada di Sumatera Barat ini. Keindahannya memang sayang untuk ditinggalkan. Tetapi, daerahnya yang sedikit terpencil membuat banyak wisatawan enggan meliriknya. Tempat tersebut adalah Muaro Binguang.

Ayo Berkenalan Dengan Muaro Binguang

Pantai Muaro Binguang

Muaro Binguang sendiri adalah sebuah pantai yang masih alami dan asri. Belum terjamah sedikit pun lantaran pemerintah mempromosikannya belum lama ini. Pepohonan yang rindah dengan ombak yang cukup besar adalah sajian utama saat kita menginjakkan kaki di Muaro Binguang.

Pohon-pohon cemara yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang terlihat mengesankan. Seperti halnya pantai di Goa Cemara atau juga Cemara Sewu Yogyakarta. Apalagi, saat angin berhembus menyentuh kulit, kesejukan dan kesegarannya akan terasa.

Ada juga pohon-pohon bakau yang ternyata terawat dengan baik. Berada disini, kita harus berhati-hati karena, masih ada beberapa hewan buas yang bisa kita temui seperti buaya air tawar.

Baca Juga, Pulau Sikuai Padang, Bukti Keindahan Alam yang Hampir Tenggelam

Sebenarnya, kawasan ini sudah dipenuhi warung-warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan. Sayangnya, mereka hanya buka pada hari libur dan hari raya saja seperti idul fitri dan juga idhul adha.

Asal-Usul Nama Muaro Binguang

Menurut bahasa Sumatera barat Muaro bisa diartikan sebagai muara. Kemudian, binguang adalah bingung. Jadi, bila disatukan akan memunculkan arti sebuah muara yang bingung. Sepertinya, nama yang tepat untuk menggambarkan objek wisata ini.

Ada sebagian wisatawan yang bingung karena, kita hanya bisa melihat muaranya saja. Coba dilihat dari muara, pantainya tidak terlihat. Ada pula yang melihat hanya mercusuar dan beberapa pepohonan serta binatangnya saja.

Selain itu, anda juga akan merasa bingung dimana titik awal pemberangkatannya. Karena, saat kita melihat kanan dan kiri, hampir semuanya sama persis bahkan sangat detail. Jadi, tidak salah bukan objek wisata ini disebut dengan Muaro Binguang.

Pilih Jalan Kaki Atau Naik Perahu?

Pemadangan Muaro Binguang

Di sekitar Pantai Muaro Binguang kita bisa menikmati beberapa pulau-pulau kecil yang menawan. Bagi yang ingin menjelajahnya bisa menggunakan perahu. Atau bila air laut sedang surut, kita bisa pergi ke sana hanya dengan jalan kaki.

Saat kondisi ini pula, kita bisa menikmati beberapa biota laut seperti kerang, serta keindahan karang-karang yang mengagumkan. Biasanya, kerang-kerang ini akan ditangkap dan dijual ke pasar terdekat.

Memancing dan Memakan Ikan Ditengah Lautan

Bagi anda yang hobi memancing, jangan lupa membawa kail pancing dan pililah tempat untuk memancing. ikan-ikan yang ada disini memang cukup melimpah. Sehingga, memudahkan kita mendapatkan ikan.

Menariknya saat kita berkunjung pada hari libur. Disini, ada penjual kayu bakar. Sehingga, saat mendapatkan ikan, kita bisa langsung membakarnya dan menyantapnya.

Tak jarang, para wisatawan membeli ikan dari penduduk yang memancing disini. Rasakan sensasinya yang berbeda saat kita makan ikan bakar disini dengan di warung atau restoran.

Senja Tenggelam di Sumatera Barat

Satu hal yang tidak akan membuat anda bingung adalah keindahan senja tenggelam yang memang terkenal begitu sempurna. Apalagi, dengan pesona siluet pulau-pulau ini yang benar-benar membuat kita semua takjub dibuatnya.

Menaklukkan Ombak

Pesona Kawasan ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Termasuk Ombak-ombak yang menerjang cukup deras. Sehingga, bisa berpotensi untuk menghadirkan pesona surfing. Karena masih dalam tahap pengembangan, jangan lupa untuk membawa peralatan surfing sendiri ya.

Dimana Lokasinya?

Muaro Binguang terletak di Desa Mandi Angin, Tempurung, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Untuk mencapai objek wisata ini arahkan kendaraan menuju ke Tempurung. Bila belum tahu jalannya, bisa menggunakan bantuan aplikasi maps. Untuk lebih mudah silahkan sewa mobil alphard plus sopirnya untuk mengantar Anda kesini.

Selanjutnya, masuk ke daerah simpang kampung pisang. Dari sini, kita bisa bertanya kepada warga bagaimana cara menuju ke Muaro Binguang. Ada beberapa tour gudie yang siap menemani perjalanan anda. Untuk harganya kurang lebih 50 ribu rupiah.

Baca Juga, Panorama Lembah Anai Siap Memanjakan Mata Para Wisatawannya

Muaro Binguang adalah salah satu dari sekian banyak pesona di Indonesia yang masih belum sepenuhnya dikenal oleh wisatawan. Ayo eksplore Indonesia lebih dalam lagi, agar kita bisa menemukan surga yang indah lainnya di berbagai sudut Indonesia. Tetapi, Jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata ini ya. Ajak keluarga dan kerabat Anda mengunjungi wisata ini, gunakan sewa bus supaya bisa datang secara bersama-sama.

Rate this post